16 Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Buah naga kaya akan nutrisi dan termasuk salah satu buah berkalori rendah. Khasiat buah naga sangat bermanfaat untuk memerangi banyak sekali penyakit kronis. Selain itu, manfaat buah naga juga termasuk untuk menjaga kesehata. Misalnya untuk meningkatkan kesehatan usus dan meningkatkan kekebalan tubuh.


Kandungan zat yang terdapat buah naga meiputi banyak sekali vitamin dan mineral ibarat mangan dan zat besi, dan juga kaya serat. Oleh lantaran itu, tidak diragukan lagi bahwa manfaat buah naga bagi kesehatan sangat banyak. Buah naga berguna untuk membantu menurunkan berat badan, mengendalikan diabetes, menurunkan kolesterol, meningkatkan pencernaan dan menambah tenaga. Selain itu juga sanggup mengurangi risiko terkena kanker dan penyakit jantung, melawan basil dan jamur, dan mengoptimalkan fungsi organ-organ tubuh secara keseluruhan.


Nah, sebelum kita telusuri lebih detil perihal banyak sekali khasiat buah naga, ada baiknya terlebih dauhulu mengenal buah naga lebih dalam lagi.


Apa itu Buah Naga?


Buah naga yaitu buah berbentuk unik dan enak yang dianggap sebagai masakan super tropis lantaran kekayaan manfaatnya. Sebutan lain untuk buah naga yaitu pitaya atau pitahaya, bahkan ada juga yang menyebutnya pir stroberi. Nama latin buah naga yaitu Hylocereus Undatus. Namun, secara teknis pitaya berbeda dari buah naga (pitahaya), lantaran pitaya berasal dari genus Stenocereus, sedangkan pitahaya berasal dari genus Hylocereus.


Buah naga kaya akan nutrisi dan termasuk salah satu buah berkalori rendah 16 Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan


Buah naga berasal dari Meksiko, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah. Kemudian negara-negara asal Asia Tenggara ibarat Indonesia, Kamboja, Taiwan, Filipina, Thailand dan Vietnam juga membudidayakan buah naga. Selain membudidayakan, negara-negara tersebut juga mengakibatkan buah naga sebagai kepingan penting untuk asupan buah bagi tubuh. Sekarang, konsumsi buah naga tidak hanya bewujud buah yang biasa disajikan dengan es buah atau masakan lain. Tetapi sudah ada produk debu pitaya yang kaya akan nutrisi dan sudah tersedia di seluruh dunia.


Berdasarkan penelitian yang diadakan pada tahun 2011 dan diterbitkan di Journal of Food Science, terlepas dari buahnya, ternyata kulit buah naga juga bermanfaat untuk aplikasi farmasi, kosmetik dan nutraceutical.


Nutrisi yang Terkandung dalam Buah Naga


Buah naga yaitu salah satu buah rendah kalori dan kaya akan kandungan antioksidan. Hal tersebut menciptakan buah naga sebagai masakan yang bagus untuk diet menurunkan berat badan. Menurut USDA, buah naga mengandung serat, likopen dan karbohidrat yang yang jumlahnya tinggi. Serta banyak sekali vitamin yang larut dalam air ibarat karoten, vitamin C dan vitamin B niacin dan riboflavin. Kekayaan mineral buah ini juga tinggi, antara lain; magnesium, kalsium, fosfor, zat besi dan natrium.


Selain yang disebutkan di atas, buah naga juga mengandung fitonutrien yang berguna untuk mencegah banyak sekali penyakit. Kemudian, penelitian yang dipublikasikan pada Food Chemistry mengatakan bahwa biji buah naga mengandung asam lemak tak jenuh ganda (asam linoleat dan asam linolenat), asam lemak omega 3 dan omega 6.


Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan


Khasiat buah naga untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Hal tersebut terutama terkait dengan sifat antioksidan, antibakteri dan nutrisi yang terkandung didalamnya. Secara umum, manfaat buah naga untuk kesehatan yaitu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat metabolisme dan memperlancar pencernaan masakan dalam tubuh.


Di bawah ini yaitu beberapa khasiat buah naga yang sudah terbukti manjur selama ini.


1. Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil


Buah naga bermanfaat bagi perempuan hamil lantaran mengandung zat besi, vitamin B dan folat. Studi mengatakan bahwa zat besi yang terkandung pada buah naga sanggup membantu mencegah kekurangan hemoglobin dan juga berguna untuk mencegah terjadinya anemia. Vitamin B dan folat pada buah naga membantu mencegah cacat lahir dan menambah tenaga.


Selain itu, sifat pencahar ringan buah naga membantu melonggarkan tinja dan mengatur pergerakan usus. Selain itu, kandungan kalsium di dalamnya juga membantu perkembangan tulang janin, sehingga berkontribusi positif pada kehamilan. Kadar kalsium dan magnesium yang tinggi juga membantu melawan osteoporosis pada perempuan pascamenopause.


Baca juga: Makanan untuk Meningkatkan Gairah s3kual Wanita.


2. Melindungi Tubuh Terhadap Serangan Kanker


Sebuah penelitian terbaru perihal buah naga yang dipublikasi di Researchgate pada bulan Januari 2016 mengatakan bahwa buah naga mempunyai sifat antikanker terutama dalam kasus kanker usus besar. Selain kualitas antioksidan vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, buah naga juga mengandung sumber antioksidan alami lainnya.


Menurut penelitian tersebut, kandungan karoten dan likopen yang ditemukan pada buah naga yaitu antioksidan besar lengan berkuasa yang berkaitan dengan banyak sekali kualitas anti-karsinogenik. Kedua unsur tersebut membantu mengurangi risiko kanker prostat serta menguranig ukuran tumor dalam tubuh. Karena khasiat buah naga termasuk untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hal tersebut merupakan langkah pertama yang baik bagi orang yang sering saki atau orang yang berisiko tinggi terkena kanker.


3. Kaya akan Serat dan Membantu Pencernaan


Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Food Chemistry juga mengatakan bahwa buah naga kaya akan oligosakarida yang membantu mendorong pertumbuhan basil usus ibarat lactobacilli dan bifidobacteria. Sebuah studi yang diadakan pada tahun 2015 mengenai prebiotik alami di Thailand jgua mengatakan bahwa buah naga membantu meningkatkan tumbuhan usus yang sehat yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.


Buah naga mempunyai kandungan serat yang tinggi. Dengan demikian, buah naga bermanfaat untuk membantu meningkatkan pergerakan usus, memfasilitasi kanal pencernaan semoga prosesnya lancar, merangsang gerakan peristaltik, dan mendorong pelepasan banyak sekali enzim yang dubutuhkan untuk pencernaan. Dengan mengatur fungsi usus berkat manfaat serat makanan, buah naga sanggup membantu mencegah sembelit, sindrom iritasi usus dan kanker kolorektal.


4. Kaya akan Zat Besi dan Mencegah Anemia


Zat besi juga terkandung dalam buah naga. Merupakan unsur yang baik bagi tubuh untuk meningkatkan kadar hemoglobin pada penderita anemia. Hal tersebut juga bermanfaat untul membantu produksi sel darah merah yang lalu membantu oksigenasi yang sempurna pada organ vital.


5. Menyehatkan Mata


Buah naga sanggup menghambat pertumbuhan sitokrom P450 pada manusia, suatu jenis protein yang ditemukan di hati. Protein tersebut sering merupakan penyebab terjadinya glaukoma kongenital. Juga, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry, kandungan beta-karoten dalam buah naga sanggup membantu mencegah degenerasi makula dan mencegah pembentukan katarak dengan menjaga mata terlindung dari radikal bebas yang sangat berbahaya.


6. Kaya akan Magnesium & Vitamin B


Buah naga juga mengandung vitamin dan mineral penting bagi tubuh insan ibarat vitamin C, vitamin B dan magnesium. Manfaat magnesium yaitu untuk meningkatkan kesehatan tulang dan kesehatan jantung. Sedangkan Vitamin B1, B2 dan B3 bermanfaat untuk membantu meningkatkan segalanya mulai dari tekanan darah, kesehatan kulit dan kadar kolesterol sampai fungsi tiroid, kadar hemoglobin yang berfluktuasi dan metabolisme karbohidrat.


7. Perawatan Rambut


Menambahkan buah naga segar atau debu ekstrak buah naga ke dalam makanan untuk diet sehari-hari sanggup membantu menjaga rambut tetap sehat dan kuat. Nutrisi dari buah naga yang jumlahnya besar bermanfaat untuk membantu mengurangi kerusakan rambut yang diakibatkan oleh materi kimia pewarna rambut. Hal tersebut juga sanggup membantu meningkatkan tekstur rambut dan mengembalikan kilau rambut.


8. Bermanfaat untuk Perawatan kulit


Kandungan Antioksidan yang terdapat pada buah naga sanggup membantu melawan gejala penuaan dengan mengurangi efek ancaman radikal bebas dalam tubuh. Selain itu juga sanggup membantu merawat luka bakar, menghilangkan nanah dan melembabkan kulit kering. Vitamin C yang terkandung dalam buah naga membantu mencerahkan kulit. Coba tambahkan debu buah naga kering ke jus untuk diminum sehari-hari dan perhatikan kulit kau menjadi lebih cerah.


Baca juga: Manfaat madu untuk kulit wajah.


9. Sumber Antioksidan yang Baik


Penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Food Science (ncbi.nlm.nih.gov) mengatakan bahwa kandungan polifenol dan flavonoid yang tinggi dan kegiatan antioksidan pada buah naga sanggup dipakai untuk aplikasi kosmetik dan farmasi.


10. Mencegah Peradangan


Salah satu khasiat buah naga yaitu sebagai anti peradangan. Bubuk buah naga kaya akan sifat anti-inflamasi atau anti peradangan, yang sanggup membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi dan kondisi medis lainnya.


11. Menguatkan Tulang dan Gigi


Kemudian, manfaat buah naga yang tak kalah pentingnya bagi kesehatan yaitu untuk menguatkan tulang dan gigi. Karena buah naga mengandung kalsium lebih tinggi. Lebih tinggi daripada buah-buahan lainnya dan dengan demikian sanggup menjadi masakan yang sehat sebagai asupan kalsium sehari-hari. Kita memerluakn asupan kalsium setiap hari untuk menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mencegah osteoporosis. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tufts University mengatakan bahwa diet dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang banyak sanggup memenuhi kebutuhan nutrisi, protein dan kalsium sempurna guna meningkatkan kepadatan tulang.


12. Mengontrol Diabetes


Mengkonsumsi buah naga secara teratur dapa tmembantu penurunan kadar gula darah. Hal tersebut berarti biah naga bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 dan orang yang menderita diabetes tipe lainnya. Dalam sebuah studi ulasan penelitian pada tahun 2017 yang dipublikasi di ncbi.nlm.nih.gov, ditemukan bahwa keseluruhan penderita diabetes mengatakan penurunan kadar gula darah yang faktual dibandingkan dengan orang yang belum mengkonsumsi buah naga. Lebih lanjut, pradiabetik dengan mengkonsumsi buah naga yang lebih banyak mengatakan pengurangan glukosa darah yang lebih besar.


13. Meningkatkan Kognisi


Buah naga mengandung vitamin B dan kaya akan vitamin C, yang mana keduanya bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan membran sel. Aktivitas vitamin tersebut sanggup membantu mencegah terjadinya gangguan kognitif dan menjaga fungsi otak tetap berfungsi dengan baik. Baca juga, banyak sekali makanan yang baik untuk otak.


14. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Tingginya kadar vitamin C yang terkandung dalam buah naga membantu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus merangsang kegiatan antioksidan lain dalam tubuh. Menurut sebuah studi penelitian yang diadakan pada tahun 2011, daging dan kulit buah naga putih dan merah mempunyai kandungan polifenol dan flavonoid yang tinggi yang bermanfaat untuk membantu menghilangkan radikal bebas. Hal tersebut dikaitkan dengan mencegah proliferasi sel kanker. Selain itu, antioksidan tersebut bekerja untuk meningkatkan jumlah trombosit, sehingga sanggup mengobati demam berdarah dan membantu pemulihan lebih cepat.


15. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular


Buah naga tidak mengandung lemak jenuh yang tidak sehat. Hal tersebut menimbulkan tingkat HDL (kolesterol baik) yang lebih tinggi dan kadar LDL (kolesterol jahat) yang lebih rendah di dalam tubuh. Kemungkinan berbagi terbentuknya plak pada arteri dan vena berkurang, sehingga berguna untuk mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.


16. Meningkatkan Kesehatan Pernafasan


Sudah saatnya kita menambahkan buah naga ke dalam sajian masakan rutin sehari-hari. Terutama bagi orang yang menderita gangguan pernapasan ibarat asma dan perokok. Kapsul ekstrak buah naga sudah ada tersedia dijual di toko-toko herbal terdekat. Kalsul ekstrak buah naga membantu menyediakan asupan vitamin C dan antioksidan setiap hari. Terbukti bahwa asupan buah dan sayuran yang tinggi sanggup berdampak positif pada kesehatan pernapasan.


Tips Sederhana untuk Memperoleh Khasiat Buah Naga


Buah naga segar dalam bentuk utuh biasa dijual di supermarket lokal atau pasar terdekat di banyak sekali daerah. Bahkan banyak juga e-commerce atau toko online menjual buah naga ke konsumen akhir. Saat menentukan buah naga, pastikan kulitnya tidak terdapat bintik-bintik cokelat. Jika buahnya lunak, mungkin sudah usang dipetik atau sudah busuk. Keripik buah naga merah juga bagus dijadikan kudapan sehat bagi semua orang, termasuk orang cukup umur dan anak-anak.


Buah naga kaya akan nutrisi dan termasuk salah satu buah berkalori rendah 16 Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan


Berhubung buah naga yaitu buah musiman, disarankan juga menyediakan stok debu buah naga yang kering, dikemas dengan antioksidan dan sebagai masakan epilog mentah sehari-hari. Jadi, untuk mendapat manfaat buah naga sehari-hari sangatlah mudah. Hanya memakan buahnya saja sebagai basuh lisan sesudah makan juga sudah memperoleh khasiat buah naga yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "16 Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar