Untung Rugi Menggunakan Peredam Bunyi Mobil

Peredam bunyi kendaraan beroda empat berfungsi untuk meredam bunyi yang akan masuk ke dalam kabin sehingga kabin terasa lebih tenang dan tidak bising. Selain itu, ia juga berfungsi untuk meredam panas dari mesin ataupun dari atap ketika melintas di siang hari yang terik.

Lebih dari itu, peredam bunyi kendaraan beroda empat ini juga sanggup meningkatkan kualitas indera pendengaran audio yang keluar dari perangkat audio mobil.

Peredam bunyi kendaraan beroda empat berfungsi untuk meredam bunyi yang akan masuk ke dalam kabin sehingga  Untung rugi menggunakan peredam bunyi mobil

Namun begitu, Anda juga perlu memperhatikan bahwa pemasangan peredam bunyi ini dihentikan terlalu senyap, minimal anda harus bisa mendengar bunyi klakson kendaraan beroda empat yang berasal dari belakang atau samping kendaraan beroda empat anda sehingga tetap bisa waspada dan mengantisipasi kondisi berbahaya yang mungkin terjadi ketika mengemudi.

Meskipun cukup banyak laba yang bisa dirasakan ketika menggunakan peredam bunyi mobil, namun ternyata, pemasangan peredam bunyi ini juga bisa menjadikan kerugian-kerugian, baik yang muncul ketika pemasangan atau setelahnya.

Sebelum anda tetapkan untuk memasang peredam bunyi mobil, ada baiknya anda mengetahui beberapa laba dan kerugian yang bisa muncul dengan memasang peredam bunyi di mobil.


Keuntungan kendaraan beroda empat menggunakan peredam suara


Berikut beberapa laba yang bisa didapatkan dengan memasang peredam bunyi mobil.

1. Kabin menjadi lebih hening

Keuntungan kendaraan beroda empat menggunakan peredam bunyi yang paling utama ialah kabin menjadi lebih tenang dibandingkan tanpa peredam suara. Ya, peredam bunyi kendaraan beroda empat ini sangat efektif untuk mengurangi besarnya volume bunyi yang akan masuk kedalam kabin mobil.

Peredam bunyi kendaraan beroda empat ini akan meredam volume suara-suara yang berasal dari luar kabin kendaraan beroda empat ibarat bunyi knalpot, bunyi klakson, bunyi bising ban ketika kendaraan beroda empat melaju, bunyi raungan mesin, bunyi air hujan yang mengenai atap mobil, dan lain-lain.

Berkurangnya besaran volume bunyi bising dari luar akan menciptakan kabin menjadi lebih tenang sehingga sanggup menambah konsentrasi selama berkendara sekaligus menghindari stress jawaban bunyi bising yang masuk kedalam kabin mobil.

2. Kondisi suhu didalam kabin relatif stabil

Keuntungan lainnya ketika menggunakan peredam bunyi kendaraan beroda empat ialah kondisi suhu di dalam kabin relatif lebih stabil. Ya, peredam bunyi kendaraan beroda empat ini selain berfungsi untuk meredam volume bunyi yang akan masuk ke kabin, ia juga berfungsi untuk meredam radiasi panas yang berasal dari bodi kendaraan beroda empat ketika kendaraan beroda empat diparkir dibawah terik matahari.

Ketika kendaraan beroda empat diparkir atau melaju dibawah terik matahari, maka peredam bunyi kendaraan beroda empat ini ikut andil untuk mengurangi hawa panas yang mengalir dari plat bodi kendaraan beroda empat menuju ke dalam kabin. Dengan begitu, maka suhu udara di dalam kabin relatif menjadi lebih stabil dan tidak gampang cepat panas. Efeknya maka akan mengurangi beban kerja dari AC mobil.

3. Meningkatkan kualitas bunyi audio mobil

Keuntungan berikutnya ketika menggunakan peredam bunyi kendaraan beroda empat ialah meningkatnya kualitas bunyi audio mobil. Berkurangnya distorsi bunyi yang berasal dari luar kabin, secara otomatis akan akan meningkatkan kualitas bunyi audio yang di didengarkan didalam kabin.

Suara audio yang keluar dari perangkat audio kendaraan beroda empat akan terdengar lebih jernih, lebih terperinci dan lebih yummy didengar sehingga sanggup menciptakan nyaman ketika berkendara sambil mendengarkan musik.

4. Meningkatkan kenyamanan ketika berkendara

Keuntungan selanjutnya ketika menggunakan peredam bunyi kendaraan beroda empat ialah meningkatnya kenyamanan ketika berkendara.

Ya, kondisi kabin yang hening, suhu yang stabil dan idak panas, serta bunyi audio yang jenih terdengar tanpa gangguan tentunya akan meningkatkan kenyamanan berkendara. Mengemudi menjadi lebih asyik dan santai.

Baca juga :


Kerugian kendaraan beroda empat menggunakan peredam suara


Berikut beberapa kerugian yang bisa didapatkan dengan memasang peredam bunyi mobil.

1. Bobot kendaraan beroda empat bertambah

Kerugian memasang peredam bunyi kendaraan beroda empat yang pertama ialah bobot kendaraan beroda empat akan bertambah. Pemasangan peredam bunyi di kendaraan beroda empat ini akan menambah bobot kendaraan beroda empat secara keseluruhan.

Peredam bunyi pada kendaraan beroda empat ini umumnya berbentuk lembaran yang akan ditempelkan pada bagian-bagian bodi kendaraan beroda empat yang sanggup merambatkan bunyi ibarat pada bab pintu dan bagasi mobil, lantai mobil, front wall, plafon bahkan pada kap mesin.

Jumlah yang diperlukan untuk melapisi semua bab tersebut bisa lebih dari 20 lembar peredam suara,. Jika satu lembar peredam bunyi mempunyai berat 1 kg, maka kendaraan beroda empat akan bertambah bobotnya sekurang-kurangnya 20 kg.

2. Konsumsi materi bakar meningkat

Kerugian memasang peredam bunyi kendaraan beroda empat yang kedua ialah konsumsi materi bakar akan meningkat. Hal ini sejalan dengan bertambahnya bobot kendaraan beroda empat yang bertambah, ya meskipun jumlahnya tidak signifikan, namun penambahan bobot ini juga berdampak pada meningkatnya konsumsi materi bakar secara keseluruhan.

3. Resiko terjadinya malfungsi sehabis pemasangan

Kerugian memasang peredam bunyi kendaraan beroda empat yang ketiga ialah munculnya resiko terjadi malfungsi pada sistem kendaraan sehabis pemasangan peredam bunyi mobil. Untuk memasang peredam bunyi kendaraan beroda empat , semua perangkat dan komponen didalam kendaraan beroda empat seluruhnya akan dilepas terlebih dahulu. Mulai dari dingklik (jok), plafon, panel dashboard, door trim, hingga karpet lantai mobil.

Jika proses pelepasan dan pemasangan tidak dilakukan oleh orang-orang yang benar memahami cara membongkar dan memasang komponen tersebut, maka akan meningkatkan resiko terjadinya malfungsi pada sistem dan komponen sehabis pemasangan peredam bunyi mobil.

Misalnya klakson menjadi tidak berfungsi, lampu indikator check srs airbag menyala, atau power window pada salah stu pintu tidak berfungsi. Selain itu, resiko komponen terpasang kurang kencang juga bisa menjadikan bunyi-bunyian yang tidak normal didalam kabin.

4. Salah pilih materi dan penempatan bisa mengganggu kesehatan

Kerugian memasang peredam bunyi kendaraan beroda empat yang keempat ialah terganggunya kesehatan jawaban salah pilih materi dan penempatan. Ya, material materi pembuat peredam bunyi kendaraan beroda empat ini terdiri dari majemuk materi ibarat materi busa, aspal, gel, alumunum foil dan yang cukup tren ketika ini ialah menggunakan Rubber butyl (karet butil).

Untuk peredam bunyi kendaraan beroda empat ini umumnya menggabungkan beberapa materi material untuk masing masing posisi terkait dengan fungsi dan kemampuannya. Seperti contohnya untuk plafon harus dari materi yang tidak berat, ibarat gel atau materi busa, sedangkan untuk lantai bisa menggunakan materi yang sedikit berat ibarat atau aspal dan rubber butyl.

Kesalahan pemilihan materi serta penempatan bisa mengganggu kesehatan ibarat contohnya menggunakan materi aspal pada bab plafon. Selain berat, aspal yang terkena panas akan gampang meleleh dan mengeluarkan gas kedalam kabin yang kemungkinan bisa menjadi racun bagi tubuh.

Pastikan pemilihan materi peredam bunyi untuk masing-masing kawasan sudah diperhitungkan dengan matang oleh seller penjual materi peredam bunyi kendaraan beroda empat tersebut.

Demikianlah artikel untung rugi menggunakan peredam bunyi kendaraan beroda empat yang bisa ombro sampaikan kai ini, supaya bisa bermanfaat.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil
Sumber http://bacabrosur.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Untung Rugi Menggunakan Peredam Bunyi Mobil"

Posting Komentar