Tips Untuk Lampu Kendaraan Beroda Empat Kurang Terang

Berkendara dengan lampu kendaraan beroda empat kurang terang, terlebih bila perjalanan dilakukan pada malam hari hari, selain menciptakan tidak nyaman kondisi ini juga sanggup berbahaya, baik untuk pengemudi maupun untuk pengendara lainnya.

Berkendara dengan lampu kendaraan beroda empat samar-samar Tips untuk lampu kendaraan beroda empat kurang terang

Lampu kendaraan beroda empat yang samar-samar menciptakan pengemudi menjadi kesulitan untuk mengetahui kondisi jalan serta situasi di sekitar jalanan. Akibatnya perjalanan lebih memakan waktu alasannya yakni harus jalan secara perlahan dan harus lebih ekstra hati-hati.

Untuk menghindari kondisi tersebut, maka satu-satunya cara yakni mengembalikan kondisi lampu kendaraan beroda empat biar menyala lebih jelas namun tidak membahayakan pengendara lainnya ketika digunakan.

Pada artikel berikut ini, ombro akan berbgai tips untuk mengatasi lampu kendaraan beroda empat yang kurang terang, berikut tips untuk lampu kendaraan beroda empat kurang terang.


1. Bersihkan seluruh komponen lampu


Tips pertama untuk lampu kendaraan beroda empat samar-samar yakni dengan membersihkan seluruh komponen lampu. Pembersihan ini diharapkan guna memastikan cahaya yang dihasilkan oleh lampu ketika berpijar benar-benar sanggup dipantulkan secara tepat oleh reflektor tanpa adanya gangguan.

Berkendara dengan lampu kendaraan beroda empat samar-samar Tips untuk lampu kendaraan beroda empat kurang terang

Berikut beberapa perhatian ketika membersihkan seluruh komponen lampu mobil

  • Pastikan kaca/mika bening pada batok lampu dalam keadaan yang baik dan bening, tidak terdapat retak-retak, baret, atau sudah menguning jawaban pernah memakai bohlam lampu yang terlalu panas.
  • Pastikan reflektor bab dalam batok lampu masih dalam kondisi baik sehingga tampak menyerupai cermin yang sanggup memantulkan cahaya.
  • Bersihkan socket lampu dan kabel bila terdapat kerak-kerak yang melekat di terminal socket lampu
  • Pastikan relay lampu, saklar lampu, sekring, dan kabel masih berfungsi baik sehingga sanggup menghantarkan arus listrik dengan sempurna

Untuk kondisi batok lampu yang hanya buram pada bab mika depannya (bagian reflektor masih manis dan bersih), pencucian sanggup dilakukan dengan cara memakai metode nano burn coating yang akan menawarkan hasil maksimal biar mika lampu menjadi bening kembali.

Namun, untuk batok lampu yang memang sudah benar-benar parah (khususnya batok lampu yang kerusakannya terjadi pada bab reflektornya), maka solusi terbaik yakni dengan mengganti batok lampu kepala tersebut dengan yang baru.


2. Ganti bohlam lampu dengan yang baru


Berkendara dengan lampu kendaraan beroda empat samar-samar Tips untuk lampu kendaraan beroda empat kurang terang

Tips kedua untuk lampu kendaraan beroda empat samar-samar yakni dengan mengganti bohlam lampu dengan yang baru. Perlu diketahui bahwa bohlam lampu mempunyai "lifetime" atau masa pakai yang terikat dengan waktu.

Hal ini dikarenakan bohlam lampu mempunyai kandungan gas (halogen sebagai contohnya) serta kawat pijar yang semakin usang akan memudar kualitasnya. Sehingga, semakin usang bohlam lampu tersebut dipakai, maka akan semakin menurun kualitas cahaya yang dihasilkan. Efeknya juga akan menciptakan cahaya lampu kendaraan beroda empat menjadi kurang terang.

Untuk mengganti bohlam lampu, sebaiknya pilih bohlam lampu yang sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh pihak pabrikan, atau bila ingin mengubahnya pastikan nilai watt pada bohlam lampu yangbaru tetap sama.

Bohlam lampu yang kurang dari nilai spesifikasi akan menambah lampu menjadi tidak jelas sedangkan daya watt terlalu besar juga sanggup menjadikan kerusakan menyerupai batok lampu meleleh, bohlam putus atau kabel lampu terbakar. Selalu pastikan memakai bohlam lampu yang gres yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

Baca juga :


3. Gunakan daya watt lampu lebih besar beserta relay set


Berkendara dengan lampu kendaraan beroda empat samar-samar Tips untuk lampu kendaraan beroda empat kurang terang

Jika kedua tips tersebut diatas hasilnya masih kurang memuaskan dan lampu kendaraan beroda empat masih terlihat kurang terang, cara berikutnya sebagai tips untuk lampu kendaraan beroda empat samar-samar yakni dengan meningkatkan daya watt lampu beserta dengan relay set.

Umumnya, besaran daya pada lampu kepala pada kendaraan beroda empat mempunyai daya 60/55 watt. Dan untuk meningkatkan daya watt lampu, maka kita sanggup menentukan daya yang lebih besar yaitu dengan memakai lampu berdaya 100/90 watt yang sekarang juga sudah banyak beredar di pasaran.

Daya watt lampu yang lebih besar ini, tentunya akan meningkatkan kekuatan cahaya yang dihasilkan oleh lampu, kesudahannya cahaya yang dipancarkan oleh lampu juga akan menjadi lebih berpengaruh dan lebih terang.

Namun begitu, meningkatkan daya lampu kendaraan beroda empat ini juga sanggup berdampak jelek bila pemasangannya tidak benar dan di pasangkan pada batok lampu kepala yang tidak orisinal ataupun pada batok lampu yang bahannya tipis.

Oleh alasannya yakni itu, sebelum melaksanakan peningkatan daya watt lampu beserta relay set-nya ini, ada baiknya sahabat memperhatikan terlebih dahulu kondisi batok lampu kepala. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah

  • Jangan lakukan peningkatan daya pada batok lampu kepala yang memakai mika tipis. Menambahkan daya watt yang lebih besar pada lampu kepala sanggup memperabukan dan merusak permukaan mika lampu kepala mobil.
  • Selalu gunakan aksesori relay set lengkap dengan sekringnya
  • Gunakan socket lampu kepala berbahan keramik biar tidak meleleh terkena panas
  • Perhatikan diameter kabel yang digunakan, semakin kecil diameter semakin beresiko gampang terbakar.

Ya, untuk mengganti bohlam lampu dengan daya yang lebh besar ada baiknya berkonsultasi dengan mekanik kepercayaan sahabat alasannya yakni masing-masing kendaraan beroda empat memeliki spesifikasi yang berbeda sekaligus guna menghindari kerugian yang tidak diinginkan.

Demikianlah tips untuk lampu kendaraan beroda empat yang samar-samar yang sanggup ombro sampaikan, semoga sanggup bermanfaat.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Tips-dan-cara
Sumber http://bacabrosur.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tips Untuk Lampu Kendaraan Beroda Empat Kurang Terang"

Posting Komentar