Strategi Pembelajaran Yang Sanggup Dipakai Guru Dalam Menyikapi Banyak Sekali Macam Gaya Mencar Ilmu Siswa

Gaya berguru siswa terdiri dari tiga jenis, yaitu Auditori, Visual dan Kinestetis. Gaya berguru yang dimiliki siswa satu dengan yang lain berbeda-beda, bahkan dalam satu kelas sekalipun.

Ada siswa yang gaya belajarnya auditori, tetapi ada siswa yang mempunyai gaya berguru visual. Gaya berguru auditori merupakan gaya berguru dimana siswa lebih gampang mendapatkan bahan dengan indra pendengaran, contohnya guru menjelaskan dengan metode ceramah.

Gaya berguru visual yaitu gaya berguru dimana siswa lebih gampang mendapatkan bahan dengan indra penglihatan. Contohnya guru menjelaskan bahan dengan menampilkan sebuah gambar yang berkaitan dengan bahan tersebut, contohnya saja gambar tersebut ditampilkan dalam sebuah slide powerpoint.

Gaya berguru kinestetis yaitu gaya berguru dimana siswa lebih gampang memahami bahan melalui gerakan dan sentuhan. Contohnya siswa akan lebih gampang memahami bahan apabila siswa tersebut terjun pribadi ke lapangan, contohnya bahan ihwal produk perbankan. Siswa akan lebih gampang memahami macam-macam produk bank tadi dengan pribadi terjun ke bank dan melihat sendiri produk yang ada dalam bank tersebut.

Perbedaan gaya berguru ini menyebabkan perbedaan kemampuan siswa dalam menangkap atau mendapatkan bahan yang diberikan oleh guru.

Contoh:
Apabila seorang guru memberikan bahan kepada siswa dengan metode ceramah. Bagi anak yang gaya belajarnya auditori akan lebih gampang menangkap bahan dari guru yang memakai metode ceramah.

Konsekuensi dari banyak sekali perbedaan gaya berguru ini yaitu bahwa guru harus bisa mengakomodasi banyak sekali perbedaan tersebut. 
 
Contoh:
Dalam pembelajaran guru hanya memakai metode ceramah. Bagi siswa dengan gaya berguru auditori memang baik, tetapi bagi siswa yang gaya belajarnya visual dan kinestetis akan sedikit dirugikan.
Lalu, taktik apa yang sanggup digunakan untuk menyikapi banyak sekali perbedaan gaya berguru siswa tersebut??
Jawabannya yaitu bahwa seorang guru sanggup memakai multi model, media dan/atau metode pembelajaran biar tidak hanya menguntungkan bagi siswa auditori saja, atau visual saja atau kinestetis saja.

Guru harus bisa mengombinasikan banyak sekali model dan/atau media yang ia gunakan tersebut. Contoh yang sering digunakan yaitu media pembelajaran berbasis VAK. Media berbasis VAK tersebut biasanya dikemas dalam sebuah file powerpoint, yang berisikan gambar dan atau video.

Melalui gambar yang dimasukkan dalam file powerpoint tersebut, siswa yang gaya belajarnya visual akan lebih gampang mendapatkan bahan dari guru. Sedangkan video sanggup membantu siswa yang gaya belajarnya kinestetis dalam mendapatkan bahan dari guru. Video tersebut harus sesuai dengan bahan dan sebisa mungkin video tersebut merupakan video contoh riil dari bahan yang disampaikan.

Demikianlan sedikit coretan ihwal "Strategi Pembelajaran yang Dapat Digunakan Guru dalam Menyikapi Berbagai Macam Gaya Belajar Siswa". Semoga bermanfaat :)

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Strategi Pembelajaran Yang Sanggup Dipakai Guru Dalam Menyikapi Banyak Sekali Macam Gaya Mencar Ilmu Siswa"

Posting Komentar