Sifat - Sifat Segitiga Secara Umum

Sifat - Sifat Segitiga Secara Umum - Postingan ini berisi bahan perihal sifat - sifat segitiga, Hubungan sudut terhadap sisi yang berhadapan serta kekerabatan sudut dalam dengan sudut luar sigitiga. Pada postingan sebelumnya, Ilmu Sains Online telah memperlihatkan bahan perihal Pengertian dan Jenis - Jenis segitiga. Pada hari ini, kita akan mempelajari sifat - sifat dari bangkit datar segitiga. Simak dengan baik ya mitra - kawan.

 Hubungan sudut terhadap sisi yang berhadapan serta kekerabatan sudut dalam dengan sudut luar Sifat - Sifat Segitiga Secara Umum
Google Image - Sifat - Sifat Segitiga Secara Umum
Segitiga merupakan bangkit datar yang terdiri dari 3 sisi dan mempunyai 3 titik sudut. Sudut - sudut yang membentuk segitiga dinamakan dengan sudut dalam yang mempunyai kekerabatan dengan sudut segitiga bab luar. Ingin tahu kekerabatan antara sudut dalam segitiga dengan sudut luar segitiga? Simak bahan dibawah ini dengan cermat ya mitra - kawan.

Materi Sifat - Sifat Segitiga Secara Umum Lengkap


Secara umum, segitiga mempunyai beberapa sifat diantaranya:

1. Ketidak-Samaan Sisi Segitiga


Ketidak-samaan sisi segitiga mempunyai dua sifat yaitu: Jumlah panjang dua sisi segitiga lebih panjang dari sisi lainnya dan Selisih panjang dua sisi segitiga kurang dari sisi lainnya. Berikut penjelasannya.

Sifat 1 ketidaksamaan segitiga

“Jumlah panjang dua sisi segitiga lebih dari sisi yang lainnya”.

Dari gambar ΔABC di atas diketahui panjang AB = 3 cm, BC = 2 cm, dan AC = 3 cm. Berdasarkan sifat 1 di atas maka berlaku hubungan:
AB + BC > AC =>  3 + 2 > 3
AB + AC > BC => 3 + 3 > 2
AC + BC > AB => 3 + 2 > 3

Sifat 2 ketidaksamaan segitiga

“Selisih panjang dua sisi segitiga kurang dari sisi yang lainnya”.
Coba mitra - mitra perhatikan kembali gambar segitiga ABC di atas. Berdasarkan sifat 2 maka berlaku hubungan:
AB - BC < AB => 3 - 2 < 3
AB - AC < BC => 3 - 3 < 2
AC - BC < AB => 3 - 2 < 3

2. Hubungan Sudut dengan Segitiga



Untuk mengetahui kekerabatan sudut dan sisi pada bangkit datar segitiga, perhatikanlah Gambar ΔABC di atas.

Ukur panjang sisi-sisi ΔABC, yaitu a, b, dan c. Kemudian urutkan kesudahannya dari yang terpendek. Urutannya ialah a, b, dan c.

Ukur besarnya sudut-sudut ΔABC, yaitu ∠A, ∠B, dan ∠C. Kemudian urutkan kesudahannya mulai dari yang terkecil urutannya ialah ∠A, ∠B, dan ∠C.

Jika kita perhatikan gambar diatas, kita akan sanggup kesimpulan dibawah ini:

∠A berhadapan dengan sisi a, ∠B berhadapan dengan sisi b dan ∠C berhadapan dengan sisi c. Makara kesimpulannya adalah:
“Sebuah segitiga, ukuran sudut terkecil berhadapan dengan ukuran sisi terpendek, dan ukuran sudut terbesar berhadapan dengan sisi terpanjang”.

3. Hubungan Sudut Dalam dan Sudut Luar Segitiga


Seperti yang telah kita ketahui bahwa sudut yang membentuk segitiga dinamakan dengan sudut dalam segitiga. Lalu dimanakah sudut bab luar segitiga? Perhatikan gambar dibawah ini:

Sudut luar dari segitiga diatas merupakan sudut pelurus dari sudut dalam segitiga. Perhatikan di atas, ∠PQR ialah salah satu sudut dalam ∠PQR. ∠PQR berpelurus dengan ∠PQT, maka ∠PQT merupakan sudut luar ΔPQR, demikian juga ∠RSP berpelurus dengan ∠QPR, dan ∠PRU berpelurus dengan ∠PRQ, maka ∠SPR dan ∠PRU juga disebut sudut luar ΔPQR.

Perhatikanlah kembali di atas, pada gambar titik S ada di perpanjangan QP sehingga QS ialah garis lurus dan ∠QPR dan ∠SPR paling berpelurus. Hal ini sanggup dituliskan:

∠QPR + ∠SPR = 180°
∠SPR = 180° - ∠QPR . . . (a)

∠QPR, ∠PRQ, dan ∠PQR sudut-sudut dalam ΔPQR, maka
∠QPR + ∠PQR + ∠PRQ = 180°
∠PQR + ∠PRQ = 180° - ∠QPR . . . (b)

Persamaan (a) sama dengan persamaan (b), sehingga ∠SPR = ∠PRQ + ∠PQR.
Berdasarkan uraian tersebut sanggup disimpulkan bahwa:
“Sudut luar dari salah satu sudut dalam segitiga sama dengan jumlah dua sudut dalam yang lainnya”.

Sifat - Sifat Segitiga Secara Umum - Nah, inilah yang sanggup Ilmu Sains Online berikan untuk mitra - mitra semua. Harapannya kalian sanggup mengambil ilmu yang telah bahan diatas sampaikan. Terus ikuti blog ini ya kawan. Karena blog ini akan terus memperlihatkan bahan yang harapannya akan membantu kalian. Jangan lupa Share keteman - sobat yang lain ya. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Sifat - Sifat Segitiga Secara Umum"

Posting Komentar