Rumus Luas Dan Keliling Segitiga Beserta Teladan Soal

Rumus Luas dan Keliling Segitiga Beserta Contoh Soal - Artikel ini berisi bahan wacana cara mencari rumus luas dan keliling segitiga, Contoh soal berdiri datar segitiga lengkap dengan penjelasannya. Pada pertemuan sebelumnya, Ilmu Sains Online telah menunjukkan bahan wacana Jenis - jenis segitiga. Nah, hari ini, kita akan mempelajari cara menghitung luas dan keliling segitiga ya teman. Untuk itu, simak materinya dengan baik.
Rumus Luas dan Keliling Segitiga Beserta Contoh Soal Rumus Luas dan Keliling Segitiga Beserta Contoh Soal
Google Image - Rumus Luas dan Keliling Segitiga Beserta Contoh Soal
Luas segitiga merupakan bahan yang kita jumpai semenjak SMP. Materi ini sangat perlu kalian pahami sebagai konsep kalian menuju bahan berdiri ruang. Oleh sebab itu, Ilmu Sains Online akan meringkas bahan tersebut untuk kalian semua. Simak materinya dibawah ini ya.

Cara Mencari Luas dan Keliling Segitiga


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Bahwa segitiga merupakan suatu berdiri datar yang mempunyai tiga sisi dan mempunyai tiga buah titik sudut. Belajar mengenai segitiga kita harus mengetahui bagaimana cara mencari luas dan keliling segitiga tersebut. Untuk itu, Berikut inilah rumus Luas dan Keliling Segitiga:
Perhatikan Gambar di atas.

Rumus Luas Segitiga:

L = 1/2 x a x t

Ket:
a = Alas Segitiga
t = Tinggi Segitiga

Rumus Keliling Segitiga:

K = Panjang sisi a + sisi b + sisi c

Contoh Soal Cara Mencari Luas dan Keliling Segitiga


Contoh Soal 1


Diketahui suatu segitiga mempunyai panjang ganjal = 20 cm, dan tinggi segitiga tersebut ialah = 30 cm. Segitiga sama kaki tersebut mempunyai panjang sisi miring sebesar 45 cm. Berapakah luas dan keliling segitiga tersebut?

Penyelesaian

Diketahui: a = 20 cm, t = 30 cm.
Ditanyakan: L dan K ?

L = 1/2 x a x t
L = 1/2 x 20 x 30
L = 300 cm2.

Karena segitiga tersebut merupakan segitiga sama kaki, maka panjang sisi miring keduanya akan sama. sehingga:

K = Panjang sisi a + sisi b + sisi c
K = 20 cm + 45 cm + 45 cm
K = 110 cm.


Contoh Soal 2


Diketahui segitiga siku - siku mempunyai tingga 25 cm dan mempunyai ganjal sepanjang 12 cm. Berapakah luas segitiga diatas dan berapakah keliling segitiga jikalau panjang sisi miring = 28 cm.

Penyelesaian

Diketahui: a = 12 cm, t = 25 cm.
Ditanyakan: L dan K ?

L = 1/2 x a x t
L = 1/2 x 12 x 25
L = 150 cm2

K = Sisi a + sisi b + sisi c
K = 12 + 25 + 28
K = 65 cm.

Contoh Soal 3


Diketahui suatu segitiga sama sisi mempunyai keliling sebesar 105 cm, dan tinggi 30. Berapakah luas segitiga sama sisi tersebut?

Penyelesaian

Segitiga sama sisi artinya ketiga sisinya sama panjang dan untuk mencari panjang sisinya kita bagi saja keliling bulat dengan jumlah sisi yang ada pada segitiga yaitu:

S = K / 3
S = 105 / 3
S = 35 cm.

Makara panjang sisi segitiga diatas ialah 35 cm. Makara Luasnya adalah:

L = 1/2 x a x t
L = 1/2 x 35 x 30
L = 525 cm2.

Contoh Soal 4


Diketahui luas suatu segitiga siku - siku ialah sebesar 220 cm2. Jika tinggi segitiga tersebut ialah 22 cm, berapakah panjang ganjal segitiga siku - siku tersebut?

Penyelesaian

L = 1/2 x a x t
220 = 1/2 x a x 22
220 = 11a
a = 220/11
a = 20 cm.

Rumus Luas dan Keliling Segitiga Beserta Contoh Soal - Nah, inilah yang dapat Ilmu Sains Online berikan untuk kalian semua. Harapannya kalian dapat lebih memahami konsep dari cara mencari luas dan keliling segitiga. Terus ikuti blog ini ya mitra - kawan. Jangan lupa bahan diatas dishare ke sahabat - sahabat yang lain semoga dapat saling belajar. Pada pertemuan besok kita akan mempelajari bahan yang lebih menarik lagi. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Rumus Luas Dan Keliling Segitiga Beserta Teladan Soal"

Posting Komentar