Perspektif Kognitif Perihal Pembelajaran

Selain Perspektif Behavioristik, terdapat pula Perspektif Kognitif perihal Pembelajaran. Pada paruh kedua kala 20, kognitif menunjukkan dukungan untuk teori pembelajaran dan desain instruksional dengan membuat model bagaimana penerima didik menerima, memproses, dan mengubah informasi.

Kognitif didasarkan pada karya psikolog Swiss, Jean Piaget (1977). Psikolog kognitif menjelajahi proses mental individu yang dipakai dalam menanggapi lingkungan mereka.

Kognitif berkaitan dengan bagaimana orang berpikir, memecahkan masalah, dan membuat keputusan. Misalnya, behavioristik hanya menyatakan bahwa praktek memperkuat respons terhadap stimulus.

Kognitif membuat model mental memori jangka pendek dan memori jangka panjang. Informasi gres disimpan dalam memori jangka pendek, di mana ia "dilatih" hingga siap untuk disimpan dalam memori jangka panjang. Jika isu tidak dilatih, ia menghilang dari memori jangka pendek.

Peserta didik kemudian menggabungkan isu dan keterampilan dalam memori jangka panjang untuk berbagi taktik kognitif, atau keterampilan untuk menghadapi kiprah yang kompleks.

Jean Piaget - Sumber gambar: www.biography.com
Kognitif mempunyai persepsi pembelajaran yang lebih luas daripada persepsi behavioristik: Siswa tidak selalu bergantung pada bimbingan guru dan lebih mengandalkan taktik kognitif mereka sendiri dalam memakai sumber berguru yang tersedia.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Perspektif Kognitif Perihal Pembelajaran"

Posting Komentar