Perbedaan Strategi, Metode Dan Teknik Pembelajaran

Pada banyak sekali situasi proses pembelajaran seringkali dipakai istilah yang intinya dimaksudkan untuk menjelaskan cara, tahapan atau pendekatan yang dilakukan oleh seorang guru untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Istilah strategi, metode atau teknik pembelajaran seringkali dipakai secara bergantian, walaupun intinya istilah-istilah tersebut mempunyai perbedaan satu dengan yang lain.

Teknik pembelajaran seringkali disamakan artinya dengan metode pembelajaran. Teknik yaitu jalan, alat atau media yang dipakai oleh guru untuk mengarahkan aktivitas penerima didik kea rah tujuan yang diinginkan atau dicapai (Gerlach dan Ely, 1980).

Metode pembelajaran didefinisikan sebagai cara yang dipakai guru dalam menjalankan fungsinya dan merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Akan tetapi, di dalam pelaksanaan sesungguhnya, metode dan teknik mempunyai perbedaan menyerupai teladan berikut:
“Ibu Leny dan Pak Bambang sama-sama memakai metode demonstrasi. Keduanya telah menguasai penerapan metode tersebut di dalam proses pembelajaran, tetapi ternyata hasil mencar ilmu yang ditunjukkan oleh penerima didik dari masing-masing guru tersebut berbeda. Hal ini terjadi sebab walaupun metodenya sama, yaitu demonstrasi tetapi teknik pelaksanaannya ternyata berbeda. Ibu Leny memakai teknik demonstrasi di mana penerima didik dituntut untuk sanggup mendemonstrasikan kembali apa yang telah diamatinya, sedangkan Pak Bambang hanya mendemonstrasikan saja kepada penerima didik tanpa memperlihatkan kesempatan untuk mereka mendemonstrasikan kembali.”
Sumber Gambar: nwea.org
Berdasarkan teladan di atas sanggup disimpulkan bahwa metode pembelajaran lebih bersifat prosedural, yaitu berisi tahapan-tahapan tertentu, sedangkan teknik yaitu cara yang dipakai dan bersifat implementatif. Dengan kata lain metode yang dipilih oleh masing-masing guru (Bu Leny dan Pak Bambang) yaitu sama, tetapi mereka memakai teknik yang berbeda.

Sedangkan taktik pembelajaran harus mengandung klarifikasi wacana metode atau mekanisme dan teknik yang akan dipakai selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan perkataan lain, taktik pembelajaran mengandung arti yang lebih luas dari metode dan teknik. Artinya metode dan teknik pembelajaran merupakan serpihan dari taktik pembelajaran.

Sumber:
Hamzah B. Uno & Nurdin Mohamad. 2015. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Perbedaan Strategi, Metode Dan Teknik Pembelajaran"

Posting Komentar