Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Tanaman

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tanaman - Pertumbuhan tumbuhan sanggup didefinisikan sebagai bencana perubahan biologis yang terjadi pada makhluk hidup berupa perubahan ukuran yang bersifat irreversible (tidak berubah kembali ke asal atau tidak sanggup balik).

Perkembangan ialah proses menuju pencapaian kedewasaan atau tingkat yang lebih tepat pada makhluk hidup.

Pertumbuhan pada makhluk hidup bersel banyak (multiselluler) ditandai dengan pertambahan ukuran sel (sel bertambah besar dan panjang) dan pertambahan jumlah sel.

 Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tanaman  Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tanaman

Sedangkan pertumbuhan pada makhluk ber sel satu (uniseluler) ditandai dengan penambahan ukuran sel.

Adanya proses pertumbuhan ini sanggup diukur dan dinyatakan secara kuantitatif. Secara empiris pertumbuhan tumbuhan sanggup dinyatakan sebagai suatu fungsi dari:
genotipe X lingkungan = F (faktor pertumbuhan) internal X faktor pertumbuhan eksternal)

Tanaman yang bertambah panjang di kawasan gelap belum sanggup dikatakan tumbuh walaupun volumenya bertambah, sebab bobot kering bersama-sama menurun jawaban respirasi yang terus berlangsung, sedangkan fotosintesa tidak terjadi.

Dalam keadaan normal pertumbuhan bukan saja pertambahan volume tetapi juga diikuti oleh pertambahan bobot kering.

Perkembangan pada flora merupakan suatu proses menuju tercapainya kedewasaan pada flora tersebut. Tumbuhan dikatakan remaja kalau flora tersebut sudah membentuk bunga.

Pertumbuhan dan dan perkembangan merupakan gejala-gejala yang saling berhubungan.

Pertumbuhan sebagaimana telah didefinisikan sebagai pertambahan ukuran (biasanya dalam bobot kering) yang tidak sanggup balik (irreversibel).

Sedangkan perkembangan meliputi proses diferensiasi, dan ditunjukkan oleh perubahan-perubahan yang lebih tinggi, menyangkut spesialisasi secara anatomi dan fisiologi.

Sumber http://kttsaraswati.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Tanaman"

Posting Komentar