Penyebab Aki Kendaraan Beroda Empat Tidak Mengisi

Aki kendaraan beroda empat merupakan salah satu komponen dalam sistem pengisian listrik dimobil yang berfungsi untuk menyimpan arus listrik untuk dipakai dikala menghidupkan mesin mobil.

Ya, listrik yang disimpan dalam aki kendaraan beroda empat ini akan dipakai untuk memutar starter motor serta mempersiapkan komponen-komponen kelistrikan mesin ibarat ECU, sensor, aktuator dan lain-lain sehingga mesin sanggup dihidupkan.

Aki kendaraan beroda empat merupakan salah satu komponen dalam sistem pengisian listrik dimobil yang berfun Penyebab aki kendaraan beroda empat tidak mengisi

Setelah mesin hidup, maka tugas aki akan digantikan oleh dinamo ampere yang berperan untuk menghasilkan listrik untuk lalu sebagian disimpan kedalam aki mobil. Namun begitu, terkadang kita akan menemukan sebuah kondisi dimana aki kendaraan beroda empat tidak mengisi dan tidak sanggup menyimpan arus listrik yang dihasilkan oleh dinamo ampere.

Jika duduk kasus aki kendaraan beroda empat tidak mengisi ini terus di diamkan, maka cepat atau lambat kendaraan beroda empat sanggup mogok dan sanggup menyulitkan kita ditengah perjalanan. Lantas apa saja penyebab aki kendaraan beroda empat tidak mengisi ini ? Berikut akan ombro bagikan gosip wacana 3 penyebab aki kendaraan beroda empat tidak mengisi. Simak infonya dibawah ini.


1. Aki kendaraan beroda empat sudah soak / rusak


Penyebab aki kendaraan beroda empat tidak mengisi yang pertama ialah aki kendaraan beroda empat sudah soak / rusak. Aki kendaraan beroda empat yang soak dan rusak umumnya sudah tidak sanggup dipakai untuk menyimpan arus listrik yang dihasilkan dari dinamo ampere.

Seperti kita ketahui bahwa untuk menyimpan arus listrik, aki memakai bahan-bahan kimia yang sanggup bereaksi terhadap listrik ibarat asam sulfat, timbal, dan timbal peroksida. Masing-masing materi ini secara kimiawi juga luntur dengan sendirinya sehabis berulang kali mengalami proses melepas dan menyimpan arus listrik.

Ketika reaksi diantara bahan-bahan kimia tersebut sudah berkurang bahkan hilang, ini pertanda bahwa aki kendaraan beroda empat sudah soak dan rusak sehingga tidak sanggup menyimpan arus listrik yang dihasilkan oleh dinamo ampere.

Selain habis sebab penggunaan, penyebab aki soak sanggup diakibat oleh beberapa hal lain diantaranya :
  • Air aki pernah habis dan kering sehingga terjadi kerusakan elemen di dalam aki
  • Salah menentukan dan memakai air aki dikala melaksanakan penambahan air aki
  • Umur aki sudah lebih dari 3 tahun
  • Dinamo ampere overcharge dan menciptakan air aki mendidih
  • Dan lain-lain

Kerusakan elemen didalam aki inilah yang kerap menyebabkan aki kendaraan beroda empat tidak mengisi dan menyebabkan aki kendaraan beroda empat menjadi soak/rusak.


2. Kabel dan sambungan antara dinamo ampere dan aki bermasalah


Penyebab aki kendaraan beroda empat tidak mengisi yang kedua ialah adanya duduk kasus pada kabel dan sambungan antara dinamo ampere dan aki mobil. Ya, dinamo ampere dan aki kendaraan beroda empat dirangkai menjadi sebuah sistem yang dikenal sebagai sistem pengisian listrik dimobil dengan memakai beberapa komponen pelengkap ibarat kabel, sekiring, socket dan terminal.

Seiring waktu pemakaian, masing-masing komponen dalam sistem pengisian kendaraan beroda empat tersebut umumnya juga akan mengalami masalah. Berikut beberapa duduk kasus yang kerap menimpa komponen serta kabel dan sambungan dalam sistem pengisian mobil
  • Sekring dinamo ampere putus akhir adanya short circuit
  • Socket dan sambungan kabel pengisian putus akhir sudah ringkih atau terganggu hubungannya akhir kerak dan karat
  • Kepala terminal aki terututup kerak dan kotoran sehingga mengganggu hantaran arus listrik dari dinamo ampere

Ketika komponen, kabel, dan sambungan antara dinamo ampere dengan aki kendaraan beroda empat bermasalah maka ajaran listrik dari dinamo ampere ke aki kendaraan beroda empat yang akan mengisi aki kendaraan beroda empat menjadi tidak hingga sehingga aki kendaraan beroda empat tidak sanggup menyimpan arus listrik tersebut.

Baca juga :


3. Dinamo ampere rusak


Penyebab aki kendaraan beroda empat tidak mengisi yang ketiga ialah terjadinya kerusakan dinamo ampere. Seperti yang sudah kita ketahui dinamo ampere (alternator) berfungsi untuk menghasilkan listrik bagi komponen-komponen kelistrikan di kendaraan beroda empat selama mesin kendaraan beroda empat bekerja.

Ya, ketika dinamo ampere ini berkerja maka ia akan menjadi sumber kelistrikan bagi seluruh komponen listrik di kendaraan beroda empat termasuk untuk mengisi aki mobil.

Namun, ada masanya dinamo ampere ini juga akan mengalami kerusakan dan menyebabkan ia tidak sanggup menghasilkan arus listrik lagi. Berikut beberapa penyebab dinamo ampere rusak yang ombro ketahui :
  • IC regulator atau komponen cut off pada dinamo amper rusak
  • Carbon brush / sikat arang habis
  • Rotor koil dan stator koil kabelnya terputus/short
  • Dioda trio didalam dinamo ampere putus
  • dan lain-lain

Ketika komponen-komponen dalam dinamo ampere ini rusak dan bermasalah, maka arus listrik yang diharapkan untuk disimpan ke dalam aki kendaraan beroda empat menjadi tidak ada sehingga aki kendaraan beroda empat menjadi kosong dan tidak mempunyai listrik yang tersimpan didalamnya. Saat aki kendaraan beroda empat kosong dan tidak mempunyai daya listrik, maka seluruh sistem kelistrikan di kendaraan beroda empat akan mati dan kendaraan beroda empat menjadi mogok.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil
Sumber http://bacabrosur.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Penyebab Aki Kendaraan Beroda Empat Tidak Mengisi"

Posting Komentar