Pengertian Negara Berkembang Dan Negara Maju

Halo sobat bangkusekolah.com. Apakah kau pernah membaca gosip mengenai negara nomor satu di dunia? Bagaimanakah kehidupan di sana? Apakah sama dengan kehidupan di Indonesia? Apabila kau bisa bercerita kepada teman-temanmu mengenai keadaan negara pertama di dunia, artinya kau sudah sedikit memahami mengenai perbedaan negara pertama di dunia dengan negara-negara lainnya.


 Apakah kau pernah membaca gosip mengenai negara nomor satu di dunia Pengertian Negara Berkembang dan Negara Maju


Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai negara berkembang dan negara maju. Ya, jadi di dunia ini ada pengelompokan negara-negara menurut tingkat kemakmurannya. Ada negara yang sudah mempunyai tingkat pertumbuhan tinggi, maka disebut sebagai negara maju. Sementara negara-negara yang masih berjuang disebut negara berkembang. Lalu ada juga negara yang termasuk negara gagal. Negara ini ialah negara yang masih belum mempunyai kedamaian sebab seringnya terjadi perang.


Untuk memahaminya lebih detail, yuk eksklusif saja kita simak pembahasannya.


A. Pengertian Negara Berkembang


Sebenarnya sebutan negara berkembang dipakai untuk menyebut negara-negara di dunia yang standar hidupnya masih rendah, sektor industri yang kurang berkembang, dan pendapatan per kapitanya masih rendah.


Negara yang termasuk negara berkembang yakni negara yang belum mencapai tingkat negara maju, namun bukan berarti negara gagal. Negara berkembang posisinya ada di tengah-tengah antara negara maju dan negara gagal (negara terendah).


Tingkat pertumbuhan ekonomi negara berkembang mempunyai tingkat lebih tinggi dibandingkan dengan negara lain yang setingkat, namun belum mencapai kesetaraan dengan negara maju. Negara yang telah bisa mempunyai pertumbuhan ekonomi relatif stabil dalam jangka waktu usang disebut sebagai negara industri baru.


Contoh negara yang termasuk jenis industri gres yaitu Argentina, Brasil, Meksiko, China, Korea Selatan, Singapura, Spanyol, Portugal dan Yunani. Total negara berkembang di dunia sekitar 76%. Beberapa pola negara yang termasuk negara berkembang yaitu negara-negara di Afrika, Amerika Tengah dan sebagian lagi di Laut Karibia serta negara di Asia Tenggara.


Kemudian, ada kategori negara gagal yaitu negara yang masih mengalami perang sipil serta penguasanya sangat otoriter. Contoh negara-negara tersebut yaitu Myanmar, Afghanistan, Haiti, Irak, Korea Utara, dan Somalia.


Ada banya tantangan yang terus dihadapi oleh negara berkembang untuk menjadi negara maju, atau bahkan mengalami kemunduran menjadi negara gagal.


Berikut ini beberapa ciri negara berkembang :



  1. Sebagian besar penduduk bekerja di bidang pertanian.

  2. Industri berlatarbelakang agraris

  3. Tenaga insan menjadi andalan

  4. Luas lahan garapan relatif sempir dengan teknologi yang sederhana sehingga menciptakan hasil tidak maksimal.

  5. Pendapatan perkapita rendah

  6. Angka ajal dan kelahiran tinggi

  7. Banyaknya pengangguran

  8. Pendidikan formal tersebar tidak merata

  9. Tidak terjangkaunya pelayanan sosial sebab kelebihan jumlah penduduk.

  10. Kedudukan dan tugas perempuan terbatas


B. Pengertian Negara Maju


Negara maju ialah negara yang berkembang dan maju secara ekonomi. Sektor perjuangan pertamanya yaitu aktivitas ekonomi yang mengubah sumber daya alam menjadi barang setengah jadi. Misalnya dalam bidang pertanian, agribisnis, kehutanan, dan pertambangan.


Kemudian, mengolah materi setengah jadi menjadi barang jadi menjadi jenis perjuangan sektor kedua pada negara maju. Misalnya dalam bidang manufaktur dan konstruksi.


Lalu, sektor perjuangan ketiga yaitu dalam bidang jasa, mendistribusikan barang dan jasa kepada konsumen, bidang transportasi barang dan jasa, penjualan partai besar, bisnis hiburan, restoran, dan lain sebagainya.


Selanjutnya, sektor perjuangan keempat yaitu merupakan lanjutan dari sektor perjuangan ketiga. Misalnya dalam bidang informasi dan komunikasi, konsultasi, pendidikan, penelitian, pengembangan, kesehatan dan sebagainya.


Pada negara maju, sektor perjuangan ketiga dan keempat sangat mendomisasi sehingga pendapatannya tinggi. Otomatis, pendapatan per kapita suatu negara tersebut tinggi. Nama lain negara maju yaitu negara industri, negara utara, dan negara pasca industri.


Contoh negara-negara yang termasuk negara maju yaitu Jepang, Kanada, Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru.


Berikut ini ada beberapa ciri negara maju :



  1. Tingkat pertumbuhannya rendah

  2. Persebaran penduduk di perkotaan jauh lebih tinggi daripada pedesaan

  3. Angka kelahiran sanggup dikontrol sehingga pertumbuhan penduduk rendah

  4. Angka buta abjad rendah

  5. Tingginya pendapatan per kapita

  6. Kualitas standar hidup penduduknya sangat tinggi sebab tingginya pendapatan per kapita

  7. Pelayanan kesehatan penduduknya terjamin

  8. Tingkat kemiskinan rendah

  9. Kualitas pendidikan bagus

  10. Kegiatan utama penduduknya di bidang nonpertanian.


Demikianlah pembahasan mengenai pengertian negara berkembang dan negara maju. Bagaimana sudah terang bukan? Pastinya kau kini sudah mengerti perbedaan dari negara maju dan berkembang. Negara berkembang harus terus mencar ilmu dan gigih menghadapi tantangan biar bisa berubah statusnya menjadi negara maju. Sebab, bila tidak bisa mempertahankan apa yang telah diraihnya maka negara berkembang justru bisa menurun menjelma negara gagal. Semoga negara Indonesia bisa berkembang menjadi negara maju.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Negara Berkembang Dan Negara Maju"

Posting Komentar