Pengertian Hasil Berguru Dan Perbedaan Hasil Berguru Dengan Prestasi Belajar
Pengertian Hasil Belajar
Menurut Sudjana (2008: 22) “hasil mencar ilmu yakni kemampuan–kemampuan yang dimiliki siswa sesudah ia mendapatkan pengalaman belajarnya”.
Menurut Howard Kingsley, hasil mencar ilmu dibedakan dalam 3 kelompok, yaitu (1) keterampilan dan kebiasaan; (2) pengetahuan dan pengertian serta (3) perilaku dan cita-cita. (dalam Sudjana, 2008: 22).
Menurut Sardiman (2007: 51), “hasil mencar ilmu yakni hasil eksklusif berupa tingkah laris siswa sesudah melalui proses belajar-mengajar yang sesuai dengan materi yang dipelajarinya”. Sehingga hasil mencar ilmu sanggup ditafsirkan sebagai output dari proses belajar-mengajar.
Menurut Slameto (2003: 54-71), output tersebut dipengaruhi oleh faktor jasmaniah, psikologis dan kelelahan yang dikelompokkan sebagai faktor intern. Sedangkan kelompok faktor ekstern-nya meliputi faktor keluarga, sekolah dan masyarakat.
Berdasarkan pengertian perihal hasil mencar ilmu tersebut, sanggup disimpulkan bahwa hasil mencar ilmu tidak hanya berupa sesuatu yang sanggup diukur secara kuantitatif saja melainkan juga secara kualitatif terkait dengan perubahan penerima didik dari yang belum bisa menjadi bisa, sehingga penilaiannya bisa memakai tes maupun non tes.
Penilaian berupa tes maupun non tes tersebut bertujuan untuk mengetahui hasil mencar ilmu siswa ditinjau dari ranah afektif, kognitif maupun psikomotorik.
Hasil mencar ilmu dan prestasi mencar ilmu termasuk dalam kategori variabel yang sering dipakai dalam sebuah penelitian, khususnya skripsi bagi mahasiswa S-1. Banyak mahasiswa S-1 yang memakai variabel hasil mencar ilmu atau prestasi mencar ilmu untuk variabel terikat (dependen).
Dua istilah tersebut pun seringkali disamakan, hasil mencar ilmu yakni prestasi mencar ilmu begitupun sebaliknya. Lalu, benarkah bila hasil mencar ilmu itu sama dengan prestasi belajar??
Untuk menjawab pertanyaan ini mari kita lihat kembali pengertian dari dua istilah tersebut:
Menurut Sudjana (2008: 22) “hasil mencar ilmu yakni kemampuan–kemampuan yang dimiliki siswa sesudah ia mendapatkan pengalaman belajarnya”.
Sedangkan untuk prestasi belajar, menurut Muhibbin Syah (2008: 91) yakni “taraf keberhasilan murid dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam bentuk skor yang diperoleh dari hasil tes mengenai sejumlah materi pelajaran tertentu”.
Berdasarkan pengertian di atas, bisa diketahui bahwa hasil mencar ilmu memiliki cakupan makna yang lebih luas dari prestasi belajar. Prestasi mencar ilmu seringkali dinyatakan dalam bentuk skor atau nilai yang diketahui sesudah dilakukan pengukuran dengan tes. Sedangkan hasil mencar ilmu tidak hanya dilihat dari nilai atau skor saja, melainkan meliputi evaluasi secara kualitatif (sikap, tingkah laku, karakter, dsb).
Sehingga berdasarkan saya, apabila ada mahasiswa yag memakai variabel hasil belajar, tetapi data yang diambil hanya data nilai raport (dalam bentuk angka/kuantitatif saja), saya kira belum bisa mewakili hasil belajar. Terlebih lagi apabila data yang dipakai hanya data nilai ulangan harian, terperinci belum bisa mewakili, sebab nilai ulangan harian bukan merupakan nilai akhir.
Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com
0 Response to "Pengertian Hasil Berguru Dan Perbedaan Hasil Berguru Dengan Prestasi Belajar"
Posting Komentar