Pengertian Diagram Venn Dan Pola Soalnya

Pengertian Diagram Venn dan Contoh Soalnya - Artikel ini berisi bahan wacana pengertian diagram venn, rujukan soal wacana diagram venn beserta dengan penjelasannya. Pada postingan sebelumnya, kita telah membahas bahan wacana Himpunan. Untuk postingan kita pada hari ini, kita akan membahas bahan wacana Pengertian Diagram Venn dan Contoh Soalnya. Simak dengan baik materinya ya mitra - kawan.

Pengertian Diagram Venn dan Contoh Soalnya Pengertian Diagram Venn dan Contoh Soalnya
Google Image - Pengertian Diagram Venn dan Contoh Soalnya

Diagram Venn sangat bekerjasama dengan himpunan. Oleh sebab itu bila kalian sudah mengerti wacana himpunan, kalian tidak akan kesulitan untuk memahami meteri berikut ini. Bagi kalian yang belum paham mengenai himpunan, kalian sanggup lihat postingan di Ilmu Sains Online sebelumnya. Langsung saja yuk kita masuk ke pembahasan wacana diagram venn berikut ini.

Pengertian Diagram Venn


Pada pembahasan ahad lalu, kita telah banyak mencar ilmu mengenai himpunan. Hari ini, kita akan mempelajari wacana diagram venn. Lalu apa yang dimaksud dengan diagram venn? Diagram venn merupakan suatu cara yang sanggup dipakai untuk menyatakan suatu himpunan. Cara ini dipakai pertama kali oleh matematikawan berjulukan John Venn yang berasal dari inggris. Perhatikanlah gambar dibawah ini.


Gambar diatas merupakan rujukan dari diagram venn. Tahukah kalian bahwa diagram venn mempunyai beberapa unsur klarifikasi yang menjelaskan setiap titik pada gambar diatas. Persegi panjang yang dilambangkan dengan S merupakan himpunan semesta dari suatu himpunan. Sedangkan dua bulat yang berada didalam persegi panjang tersebut merupakan suatu yang sanggup menyatakan suatu himpunan dengan sejumlah titik - titik sebagai anggota himpunan tersebut. Sekarang, perhatikan rujukan dibawah ini.

Diketahui:

S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}
A = {1, 2, 3, 4, 5}
B = {2, 5, 6, 7}
AB = {2, 5}

Berdasarkan data diatas, Himpunan S merupakan himpunan semesta yang nilainya {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9} dan dilambangkan dengan karakter S yang letaknya dipojok kiri atas.

Pada data diatas, dua himpunan yaitu himpunan A dan himpunan B merupakan himpunan yang tak saling lepas atau himpunan tersebut mempunyai persekutuan. Hal ini sanggup dilihat dari anggota kedua himpunan terdapat yang sama yaitu AB = {2, 5}. Oleh sebab itu, bulat yang harus kita gambarkan ialah dua bulat yang bersekutu menyerupai gambar diatas.

Setelah semua data telah kita ketahui. barulah kita sanggup memasukkan tiap - tiap anggota pada himpunan A dan himpunan B kedalam bulat masing - masing. Kita sanggup menuliskan anggota himpunan S yang bukan merupakan himpunan A atau himpunan B diluar bulat tersebut. Berdasarkan data diatas, gambar diagram venn yang sanggup kita gambar ialah sebagai berikut.


Contoh Soal dan Pembahasan Diagram Venn


Contoh Soal 1


Diketahui:

Terdapat sekelompok orang yang menyukai nasi dan roti. Orang yang menyukai nasi sebanyak 60 orang, sedangkan yang menyukai roti sebanyak 42 orang. pada kelompok tersebut, terdapat orang yang menyukai keduanya sebanyak 8 orang. Selain itu, terdapat pula sekelompok orang yang tidak menyukai keduanya. Nyatakan himpunan tersebut kedalam diagram venn.

Jawab

Berdasarkan data diatas, sanggup kita tuliskan sebagai berikut:
S = {137}
Roti = {42}
Nasi = {60}
NasiRoti = {8}

Oleh sebab itu, diagram venn yang sanggup kita gambarkan ialah sebagai berikut:


Contoh Soal 2


Berdasarkan Contoh Soal 1, berapakah orang yang tidak menyukai roti dan nasi?

Jawab

Berdasarkan gambar diagram venn diatas, kita sanggup memilih berapa orang yang tidak menyukai roti dan nasi. Jumlah orang yang tidak menyukai keduanya ialah sebanyak 35 orang.

Pengertian Diagram Venn dan Contoh Soalnya - Nah, inilah yang sanggup Ilmu Sains Online berikan kepada kalian semua. Harapannya kalian sanggup mengambil sedikit ilmu yang telah kami berikan. Jangan lupa untuk share ke sahabat - sahabat yang lain ya. Jangan pernah malas untuk mencar ilmu teman, sebab dengan mencar ilmu kalian sanggup mewujudkan cita - cita yang kalian inginkan. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Diagram Venn Dan Pola Soalnya"

Posting Komentar