Pengertian Dan Satuan Kalor

Mungkin kau pernah menciptakan air suam-suam kuku atau air hangat dengan cara mencampurkan air panas dengan air dingin. Pada kejadian tersebut, pada dikala air panas dicampur dengan air cuek maka air panas melepaskan kalor sehingga suhunya turun dan air cuek menyerap kalor sehingga suhunya naik. Makara apa pengertian kalor?

Kalor merupakan salah satu bentuk energi yang sanggup berpindah dari benda yang satu ke benda yang lainnya. Jika dua benda yang mempunyai suhu yang berbeda disentuhkan maka akan terjadi keseimbangan termal atau kedua benda mempunyai suhu yang sama, sama menyerupai menciptakan air hangat dengan cara mencampurkan air cuek dengan air panas.

Ilmuwan yang menyatakan bahwa kalor bekerjasama dengan energi ialah James Prescott Joule (1818 - 1889) yang merupakan ilmuwan berkebangsaan Inggris. Beliau melaksanakan sejumlah percobaan yang penting untuk tetapkan pandangan bahwa kalor merupakan bentuk transfer energi. Salah satu bentuk percobaan Joule ditunjukkan secara sederhana menyerupai pada gambar di bawah ini
suam kuku atau air hangat dengan cara mencampurkan air panas dengan air cuek Pengertian dan Satuan Kalor
Gambar percobaan Joule
Untuk mengambarkan kalor sebagai bentuk transfer energi

Perhatikan gambar di atas! Sebuah beban m melalui sebuah katrol dijatuhkan sehingga mengakibatkan roda pedal berputar di dalam tabung. Gesekan antara air dan roda pedal menjadikan suhu air di dalam tabung naik sedikit. Joule memilih bahwa sejumlah kerja tertentu yang dilakukan selalu ekivalen dengan sejumlah masukan kalor tertentu. Secara kuantitatif, kerja 4,186 joule (J) ternyata ekivalen dengan 1 kalori (kal) kalor dan nilai ini dikenal sebagai tara kalor mekanik.

Definisi kalor berbeda dengan suhu. Walaupun berbeda, keduanya mempunyai relasi yang sangat erat. Kita ketahui pengertian suhu ialah derajat panas dinginnya suatu suatu benda, sedangkan kalor di definisikan sebagai bentuk energi yang sanggup berpindah dari satu benda ke benda yang lainnya. Kalor dan suhu sanggup dibedakan pada dikala kejadian perubahan wujud zat, contohnya pada kejadian es melebur. Di mana pada kejadian perubahan wujud es menjadi air diharapkan kalor, di mana es bersuhu 0° C bermetamorfosis air juga bersuhu 0° C. Hal ini sanggup disimpulkan bahwa tidak terjadi perubahan suhu pada dikala perubahan wujud es menjadi cair, tetapi diharapkan kalor untuk mengubah wujud es menjadi air.

Karena kalor merupakan salah satu bentuk energi, maka satuan kalor dalam Sistem Internasioanl (SI) sama menyerupai satuan energi yakni Joule (disingkat J). Selain itu, kalor juga mempunyai satuan yang lain yakni kalori (disingkat kal) dan kilokalori (disingkat kkal). Satu kalori didefinisikan sebagai banyaknya kalor yang diharapkan untuk menikan suhu satu gram air sebesar 1° C. Di mana 1 Joule = 0,24 kal atau 1 kalori = 4,18 Joule. Dalam bentuk CGS, satuan kalor ialah erg, di mana 1 Joule = 107 erg.

Di atas sudah disinggung bahwa kalor berbeda dengan suhu, tetapi keduanya mempunyai relasi yang sangat erat, bagaimana dampak kalor terhadap suhu?

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Dan Satuan Kalor"

Posting Komentar