Pengertian Dan Cara Memilih Irisan Dua Himpunan

Pengertian dan Cara Menentukan Irisan Dua Himpunan - Artikel ini berisi bahan ihwal Pengertian Irisan Dua Himpunan, Cara Menentukan irisan Dua Himpunan dan Beberapa rujukan soal ihwal irisan dua himpunan. Pada postingan sebelumnya, kita telah membahas mengenai Hubungan antar himpunan, nah pada postingan hari ini, kita akan membahas bahan ihwal cara memilih irisan dua himpunan. 

Pengertian dan Cara Menentukan Irisan Dua Himpunan Pengertian dan Cara Menentukan Irisan Dua Himpunan
Google Image - Pengertian dan Cara Menentukan Irisan Dua Himpunan

Irisan dua himpunan secara umum yaitu korelasi antar dua himpunan yang tak saling lepas. Jika kalian sudah membaca artikel - artikel pada blog Ilmu Sains Online kemarin, kita telah membahas bahan ihwal korelasi komplotan antar himpunan. Irisan berkaitan dengan korelasi komplotan antar himpunan tersebut. Untuk lebih jelasnya, Simak dengan baik bahan dibawah ini ya mitra - kawan.

Pengertian dan Cara Menentukan Irisan Dua Himpunan


Seperti yang telah ilmu sains online jelaskan diatas, bahwa irisan dua himpunan yaitu suatu himpunan dimana anggota dari suatu himpunan mempunyai korelasi komplotan dengan anggota himpunan yang lain. Biasanya hal ini disebut dengan Interseci. Interseci antara dua himpunan di notasikan sebagai berikut:


Perhatikanlah Contoh dibawah ini:

A = {1, 2, 3, 5, 8}
B = {1, 3, 5, 7, 9}

Terdapat dua himpunan menyerupai pada rujukan diatas. Jika kita perhatikan, terdapat anggota dari himpunan A yang juga terdapat pada Himpunan B. Anggota tersebut yaitu {1, 3, 5} yang kita sebut dengan anggota komplotan antara himpunan A dan himpunan B. Selanjutnya komplotan kedua himpunan tersebut disebut dengan Irisan atau Interseci. Irisan dinotasikan dengan lambang ∩ (∩ dibaca: Irisan atau Interseci). Kaprikornus A ∩ B = {1, 3, 5}.


Cara Menentukan Irisan Dua Himpunan


1. Jika Himpunan yang satu merupakan bab himpunan yang lain


Misalkan terdapat himpunan A = {2, 3, 4} Himpunan B = {1, 2, 3, 4, 5, 6}. Terlihat bahwa Irisan atau interseci dari dua himpunan tersebut yaitu A ∩ B = {2, 3, 4}. Irisan tersebut merupakan semua anggota dari himpunan A. Artinya Himpunan A merupakan himpunan bab dari himpunan B biasanya dinotasikan dengan ⊂. Jadi A ⊂ B = semua anggota dari himpunan A. Dinotasikan sebagai berikut:

Contoh Soal:

Diketahui himpunan A = {4, 5, 6} himpunan B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7} tentukan A ∩ B.

Penyelesaian

A = {4, 5, 6}
B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}
A ∩ B = {4, 5, 6} = A

2. Jika Kedua Himpunan Sama


Pada Postingan sebelumnya dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan kedua himpunan sama apabila semua anggota dari himpunan A menjadi anggota dari Himpunan B atau sebaliknya semua anggota himpunan B menjadi anggota dari himpunan A. Oleh alasannya yaitu itu komplotan dari A dan B yaitu semua anggota dari A atau semua anggota dari B. Biasanya dinotasikan dengan:

Contoh Soal:

Diketahui Himpunan A = {semua angka bernilai ganjil kurang dari 6} himpunan B = {1, 3, 5}. Tentukan A ∩ B.

Penyelesaian

A = {1, 3, 5}
B = {1, 3, 5}
Karena Kedua himpunan sama atau A = B maka,
A ∩ B = {1, 3, 5} = A = B.

3. Jika kedua himpunan tidak saling lepas (Berpotongan)


Suatu himpunan dikatakan tidak saling lepas atau berpotongan kalau anggota pada himpunan A mempunyai sekutu pada himpunan B tetapi ada anggota dari himpunan A yang tidak menjadi sekutu himpunan B atau sebaliknya. Hal inilah yang disebut dengan himpunan tak saling lepas.

Contoh Soal:

Diketahui Himpunan A = {bilangan orisinil kurang dari 10}, himpunan B = {1, 3, 4, 5, 7, 9, 11}. Tentukan A ∩ B.

Penyelesaian

A = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}.
B = {1, 3, 4, 5, 7, 9, 11}.
A ∩ B = {1, 3, 4, 5, 7, 9}. 

Pengertian dan Cara Menentukan Irisan Dua Himpunan - Nah, Inilah yang sanggup Ilmu Sains Online berikan untuk kalian semua. Harapannya dengan adanya artikel diatas, kalian sanggup lebih memahami bahan ihwal irisan dan cara menentukannya. Jangan Lupa share bahan diatas dan terus ikuti blog Ilmu Sains Online ya mitra - kawan. Karena Akan terus memposting bahan - bahan yang lebih menarik lagi. Jumpa lagi besok Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Dan Cara Memilih Irisan Dua Himpunan"

Posting Komentar