Pengajaran Berprograma

Pengajaran Berprograma merupakan suatu sistem berguru (learning strategy) yang memungkinkan siswa untuk mempelajari bahan tertentu yang telah terbagi atas bagian-bagian kecil yang dirangkaikan secara berurutan demi mencapai suatu tujuan tertentu.

Setiap bab merupakan suatu mata rantai dan sejumlah mata rantai telah dirangkaikan berdasarkan urutan tertentu yang merupakan suatu program. Program tersebut dikarang oleh suatu tim dan disebarluaskan dalam bentuk tertulis.

Pada setiap mata rantai dalam aktivitas siswa mempelajari sendiri uraian tertulis yang singkat dan lalu menunjukkan tanggapan atas suatu pertanyaan, dan segera menerima umpan balik. Pelaksanaan pengajaran berprograma sanggup mengikuti tiga pola, yaitu:

1. Program Liniar
Dalam rangka contoh ini siswa menuntaskan isi suatu aktivitas yang terdiri dari sejumlah mata rantai yang telah diurutkan dalam sekuensi yang niscaya dan tidak berubah-ubah.

2. Pola Program Bercabang
Dalam rangka contoh ini pada tamat mata rantai disediakan pertanyaan yang berbentuk pilihan ganda. Siswa menentukan salah satu alternatif tanggapan yang disediakan. Apabila pilihannya tepat, lalu siswa mengerjakan langkah selanjutnya, tetapi apbila pilihannya salah, siswa disuruh berhenti dan melihat bab lain dimana disajikan klarifikasi wacana jenis kesalahan yang telah dibuat.

Kemudian siswa yang semula salah dalam mengerjakan pertanyaan, mengerjakan ulang soal tersebut dengan menciptakan pilihan baru.

3. Pola Klasikal
Menurut contoh ini semua siswa dalam kelas mempelajari dahulu suatu langkah atau mata rantai dalam buku teks aktivitas dan menunjukkan tanggapan atas pertanyaan atau kasus yang disajikan dalam buku kerja, dan dikerjakan sendiri-sendiri.

Setelah itu, guru bahu-membahu siswa membicarakan tanggapan yang salah, dan tanggapan yang tepat. Jawaban yang salah dikoreksi sesuai dengan jenis kesalahan yang dibentuk oleh siswa. Bagi guru tersedia suatu buku pedoman yang menunjukkan saran-saran untuk perbaikan banyak sekali kesalahan yang biasanya dibuat.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengajaran Berprograma"

Posting Komentar