Peluang Diterima Sbmptn Pilihan Pertama, Kedua Dan Ketiga

Dalam SNMPTN, lo niscaya sering mengenal istilah “PTN yang ga mau dinomorduakan”. Artinya siswa yang menentukan Perguruan Tinggi Negeri di Pilihan I, akan lebih diprioritaskan untuk lolos. Hasilnya, mayoritas siswa yang diterima di SNMPTN, diterima di Pilihan I mereka. Berdasarkan survei SNMPTN, 96% diterima di Perguruan Tinggi Negeri pilihan I, siswanya 4% diterima di Perguruan Tinggi Negeri Pilihan II nya.


Nah apakah hal tersebut juga berlaku di SBMPTN?


Sekilas wacana hukum pemilihan jurusan SBMPTN


Dalam SBMPTN, lo sanggup menentukan agenda studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) agenda studi. Lo sanggup menentukan ketiga agenda studi tersebut di Perguruan Tinggi Negeri yang sama, atau beda semua. Urutan dalam pemilihan agenda studi yang lo pilih menyatakan prioritas pilihan.


Apakah peluang diterima SBMPTN pilihan pertama, kedua dan ketiga sama?


Untuk mengetahui hal tersebut, gue melaksanakan survei kepada siswa yang diterima di SBMPTN 2015 kemarin. Survei ini terdiri dari 1.563 responden yang diterima di banyak sekali Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.


 Artinya siswa yang menentukan Perguruan Tinggi Negeri di Pilihan I Peluang diterima SBMPTN Pilihan Pertama, Kedua dan Ketiga


Berdasarkan hasil survei, terlihat bahwa jumlah penerimaan di masing-masing pilihan relatif berimbang. Diterima SBMPTN di pilihan pertama ada 38%, diterima SBMPTN di pilihan kedua ada 34% dan diterima SBMPTN di pilihan ketiga ada 28%.


Sekarang bandingkan persentasenya dengan SNMPTN.


 Artinya siswa yang menentukan Perguruan Tinggi Negeri di Pilihan I Peluang diterima SBMPTN Pilihan Pertama, Kedua dan Ketiga


Nah njomplang banget kan. Di SNMPTN, Perguruan Tinggi Negeri sangat memprioritaskan siswa yang menentukan Perguruan Tinggi Negeri sebagai pilihan I. (Baca: analisis penerimaan SNMPTN) Dengan melihat perbandingan penerimaan SBMPTN tersebut, secara umum terlihat bahwa peluang diterima SBMPTN di pilihan 1, 2 dan 3 yakni relatif sama besar. Artinya PTN ga terlalu mempermasalahkan apakah Perguruan Tinggi Negeri tersebut ditempatkan di pilihan kedua atau ketiga.


Agar tambah yakin gue mention akun official UI yang aktif di twitter







style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-3384152002254041"
data-ad-slot="7271313814"
data-ad-format="link">



Penerimaan Berdasarkan Pilihan di beberapa PTN


Okay, kini secara umum setuju ya kalo Perguruan Tinggi Negeri ga terlalu mempermasalahkan apakah Perguruan Tinggi Negeri tersebut ditempatkan di pilihan kedua atau ketiga. Nah gimana dengan PTN-PTN tertentu yang menjadi favorit? apakah Perguruan Tinggi Negeri favorit juga memperlakukan siswa yang menempatkannya di pilihan 1,2 atau 3.


Gue mencoba menyortir data di beberapa Perguruan Tinggi Negeri favorit (yang ga ada di chart di bawah, belum tentu ga favorit ya, soalnya kalo dicantumin semua usang nyortirnya)


Persentase Penerimaan SBMPTN UI


 Artinya siswa yang menentukan Perguruan Tinggi Negeri di Pilihan I Peluang diterima SBMPTN Pilihan Pertama, Kedua dan KetigaDari 1.563 responden, ada 104 responden yang diterima di UI. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN UI pilihan pertama ada 65%, pilihan kedua 26% dan pilihan ketiga 9%.


Persentase siswa yang diterima di pilihan I relatif jauh lebih tinggi dari total SBMPTN secara keseluruhan (38%), hampir dua kali lipat.


Persentase Penerimaan SBMPTN UGM


 Artinya siswa yang menentukan Perguruan Tinggi Negeri di Pilihan I Peluang diterima SBMPTN Pilihan Pertama, Kedua dan KetigaDari 1.563 responden, ada 71 responden yang diterima di UGM. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN UGM pilihan pertama ada 63%, pilihan kedua 27% dan pilihan ketiga 10%.


Hampir sama ibarat UI, persentase siswa yang diterima di pilihan I UGM relatif jauh lebih tinggi dari total SBMPTN secara keseluruhan (38%).


Persentase Penerimaan SBMPTN ITB


 Artinya siswa yang menentukan Perguruan Tinggi Negeri di Pilihan I Peluang diterima SBMPTN Pilihan Pertama, Kedua dan KetigaDari 1.563 responden, ada 73 responden yang diterima SBMPTN di ITB. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN ITB pilihan pertama ada 73%, pilihan kedua 18% dan pilihan ketiga 9%.


Persentase siswa yang diterima di pilihan I diatas UI maupun UGM dan tentu saja relatif jauh lebih tinggi dari total SBMPTN secara keseluruhan (38%), hampir dua kali lipat.


Salah satu alasannya mungkin adanya agenda peminatan di ITB, yang mana siswa yang menentukan agenda studi tertentu, akan diprioritaskan diterima. Nah kalo jurusan yang lo minati di ITB termasuk dalam agenda peminatan, lo wajib banget kirimkan form peminatan tersebut. Lebih lanjut wacana agenda peminatan ITB sanggup lo baca sendiri di sini.


Persentase Penerimaan SBMPTN UNPAD


 Artinya siswa yang menentukan Perguruan Tinggi Negeri di Pilihan I Peluang diterima SBMPTN Pilihan Pertama, Kedua dan KetigaDari 1.563 responden, ada 184 responden yang diterima di UNPAD. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN UNPAD pilihan pertama ada 31%, pilihan kedua 43% dan pilihan ketiga 26%.


Nah data ini cukup menarik mengingat lebih banyak siswa yang diterima di pilihan kedua dibandingkan pilihan pertama. Persentase yang diterima di pilihan I bahkan setengahnya dari persentasi UI, ITB atau UGM.


Persentase Penerimaan SBMPTN UNAIR, UNDIP, IPB


 Artinya siswa yang menentukan Perguruan Tinggi Negeri di Pilihan I Peluang diterima SBMPTN Pilihan Pertama, Kedua dan KetigaDari 1.563 responden, ada 54 responden yang diterima di UNAIR. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN UNAIR pilihan pertama ada 48%, pilihan kedua 32% dan pilihan ketiga 20%.


Meskipun kata akun officialnya UNAIR memprioritaskan pilihan I, tapi pada kenyataannya, lebih dari separuh diterima UNAIR di pilihan II dan III.




Untuk UNDIP persentase diterima di pilihan I ada 48%, pilihan kedua 32% dan pilihan ketiga 20%. Sedangkan IPB persentase diterima di pilihan I ada 37%, pilihan kedua 37% dan pilihan ketiga 26%.


Apa artinya?



1. Jangan menganggap remeh pilihan 2 dan 3


Ga sedikit siswa yang ga terlalu mikir dikala menentukan jurusan sebagai pilihan kedua dan ketiganya. Padahal, sesuai dengan klarifikasi di atas, peluang diterima pilihan 2 dan 3 juga besar. Banyak kasus salah jurusan atau demotivasi kuliah alasannya yakni hal ini. Jangan asal milih pilihan 2 dan 3 semoga “yang penting kuliah”, tapi pilihlah jurusan yang apabila diterima, niscaya akan lo ambil dan jalani dengan suka cita.


2. Mengosongi pilihan 2 dan 3, sayang banget


Dengan peluang diterima di pilihan kedua dan ketiga yang juga gede, berdasarkan gue sih sayang banget apabila pilihan tersebut dikosongin. Mungkin ada diantara lo yang fanatik banget dengan jurusan dan Perguruan Tinggi Negeri yang lo incer. Misal lo pengen kuliah di FK UI, titik! Sehingga mengosongi pilihan 2 dan 3. Padahal pilihan 2 dan 3 nya sanggup lo pilih FK di Perguruan Tinggi Negeri lain yang ga kalah keren.


Kenapa Peluang diterima SBMPTN di pilihan 1, 2 dan 3 ga selalu sama besar?


Kalo lo lihat di keseluruhan PTN, memang kalo di total, persentase yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri pilihan pertama, kedua dan ketiga secara umum berimbang. Tapi kalo lo persempit cakupannya di Perguruan Tinggi Negeri tertentu, sanggup jadi persentasenya berbeda. Seperti yang terlihat di data di atas, di Perguruan Tinggi Negeri big three (UI, UGM, ITB), persentase diterima di pilihan I berkisar antara 67-73%. Sedangkan Perguruan Tinggi Negeri favorit lainnya non big three, persentase diterima di pilihan I juga dominan, namun masih di bawah 50%.


Kenapa sanggup ibarat itu? Ada 2 kemungkinan:



  1. Jumlah pendaftar di masing-masing pilihan jumlahnya berbeda cukup signifikan. Misal di PTN big three, ibarat yang udah dipaparkan di atas, mayoritas Perguruan Tinggi Negeri big three diterima di pilihan I, tapi mungkin emang alasannya yakni mayoritas anak menempatkannya di pilihan I. Misalnya gini, yg menempatkan UGM di pilihan I nya ada 6.000, menempatkan UGM di pilihan II ada 3.000, menempatkan di pilihan III ada 2.000. Kalo kayak gitu, masuk akal kalo mayoritas diterima di pilihan I.





  2. Ada prioritas lebih bagi yang menempatkan sebagai pilihan I. Kemungkinan ini masih terbuka mengingat keputusan penerimaan dilakukan masing-masing Perguruan Tinggi Negeri dan ga adanya data jumlah pendaftar di masing-masing pilihan.







——————————————————————————


Okay, demikian artikel wacana peluang penerimaan SBMPTN. Moga-moga goresan pena ini sanggup membantu lo dalam menentukan jurusan di SBMPTN 2016 menjadi lebih maksimal. Apabila ada pertanyaan atau pendapat, sanggup lo sampaikan di kolom komentar.




Sumber https://halokampus.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Peluang Diterima Sbmptn Pilihan Pertama, Kedua Dan Ketiga"

Posting Komentar