Model Pembelajaran Efektif, Inovatif Dan Interaktif: Picture And Picture
Rabu, 14 Februari 2018
Desain Instruksional Pendidikan,
Media Pembelajaran,
Model Pembelajaran,
Pendidikan
Edit
Salah satu model pembelajaran efektif yang memakai media gambar, selain Examples non Examples yaitu Picture and Picture. Sesuai dengan namanya, media utama dalam model pembelajaran ini yaitu gambar (picture).
Seperti halnya Model Pembelajaran Examples non Examples, model pembelajaran Picture and Picture ini juga sanggup dipakai untuk mendorong penerima didik untuk berpikir kritis terhadap teladan yang ditampilkan oleh guru.
Sehingga, dapat mendukung proses pembelajaran saintifik dalam Kurikulum 2013 (meskipun memang jenis model pembelajarannya tidak disertakan dalam RPP). Namun demikian, model pembelajaran ini juga sanggup dipakai dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan dimasukkan dalam RPP tentunya.
Yang membedakan dengan Examples non Examples yaitu bahwa dalam Picture and Picture, gambarnya sudah dalam bentuk cetak (print out). Kemudian penerima didik diminta untuk mengurutkan gambar secara logis.
Untuk lebih sistematis dan detailnya, berikut kami sajikan tahap-tahap implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture ini.
- Guru memberikan kompetensi yang ingin dicapai
- Kemudian guru menyajikan bahan sebagai pengantar
- Langkah selanjutnya guru memperlihatkan beberapa gambar yang tentunya berkaitan dengan bahan pembelajaran
- Guru menunjuk/memanggil penerima didik secara bergantian untuk memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
- Selanjutnya guru menanyakan alasan/dasar pemikiran dari urutan gambar yang disusun tersebut
- Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
- Kesimpulan
Sebagai penjelas, berikut kami sajikan contohnya:
Misalkan dalam mata kuliah pengantar ilmu ekonomi yang tengah membahas undangan dan penawaran. Dosen mata kuliah tersebut memakai Model Pembelajaran Picture and Picture, dan menampilkan beberapa gambar, diantaranya sebagai berikut:
Terdapat tiga gambar yang ditampilkan dosen dalam sub belahan pergeseran kurva permintaan. Kemudian penerima didik ditunjuk untuk menyusun gambar tersebut dengan urutan yang logis. Peserta didik juga diminta memperlihatkan alasan dari urutan tersebut.
Urutan yang benar untuk gambar tersebut di atas yaitu 2-3-1
Diawali dari peningkatan pendapatan oleh konsumen yang menjadikan menigkatnya tingkat undangan konsumen atas suatu produk tertentu. Peningkatan undangan ini mengakibatkan kurva undangan bergeser ke kanan.
Materi wacana Pergerakan dan Pergeseran Permintaan sanggup dibaca di sini!
Untuk sub belahan lain, kita sanggup memakai gambar lain yang sesuai. Makara gambar yang disediakan memang cukup banyak. Tapi hal itu tidak menjadi persoalan apabila akhirnya nanti sesuai dengan tujua pembelajaran.
Demikian sedikit klarifikasi wacana Model Pembelajaran Picture and Picture, supaya bermanfaat.
Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com
0 Response to "Model Pembelajaran Efektif, Inovatif Dan Interaktif: Picture And Picture"
Posting Komentar