Ledakan Terbesar Yang Pernah Disaksikan Umat Insan Muncul Di Inti Bima Sakti

Para astronom telah mendeteksi ledakan sinar X terbesar yang pernah di saksikan umat manus Ledakan Terbesar Yang Pernah Disaksikan Umat Manusia Muncul Di Inti Bima Sakti
Para astronom telah mendeteksi ledakan sinar X terbesar yang pernah di saksikan umat insan yng berasal dari lubang hitam supermasif di pusat galaksi Bima Sakti, yang dikenal sebagai Sagittarius A * (Sgr A *), dengan menggunakan Chandra X-ray Observatory. Peristiwa ini memancarkan energi 400 kali lebih terperinci dari pancaran sinar- X biasa Sgr A *.

AstroNesia Dalam dua tahun terakhir, ilmuwan NASA berhasil mengabadikan hal yang tidak lazim pada inti galaksi kita, Bima Sakti. Beberapa 'ledakan' raksasa diketahui bermunculan menghiasi inti Bima Sakti. Apa yang terjadi? 

Inti galaksi Bima Sakti terdiri dari sebuah lubang hitam berukuran super besar berjulukan Sagittarius A* atau Sgr A*. Saking besarnya, diperkirakan sekitar 4,5 juta matahari muat dimasukkan ke dalamnya. 

Yang menarik, pada tanggal 14 September 2013 silam NASA memakai teleskop X-Ray Chandra berhasil menemukan sebuah ledakan sinar X terbesar yang pernah terekam dalam sejarah umat manusia. Ledakan itu terhitung 40 kali lebih berpengaruh dari ledakan sinar X yang biasa terjadi di inti Bima Sakti.

Setelah itu, ternyata lubang hitam Sgr A* masih melontarkan ledakan sinar X raksasa lain pada tanggal 20 Oktober 2014. Ledakan tersebut memiliki kekuatan 400 kali lebih lebih berpengaruh dan terperinci dari ledakan sinar X yang biasa terekam oleh NASA.  "Alam sering mengejutkan kita, dan kali ini kita melihat ledakan super yang sangat menarik," ujar Daryl Haggard, pimpinan penelitian inti Bima Sakti NASA.

Menurut para hebat astronomi NASA, kembang api sinar X terbesar dalam sejarah itu disebabkan oleh dua hal. Yang pertama yaitu kemunculan sebuah asteroid raksasa yang tertarik oleh lubang hitam Sgr A* dan meledak di tengah inti lubang hitam itu.

Sementara teori kedua menyampaikan jika ledakan sinar X itu bermula dikala medan magnet dari kabut luar angkasa mengalir dengan deras ke arah Sgr A*. Aliran itu mengakibatkan hempasan tsunami medan magnet yang memicu ledakan dahsyat di lubang hitam Sgr A*.

Jangan lupa follow twitter kami di @Berita_astronomi
Sumber http://astronesia.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Ledakan Terbesar Yang Pernah Disaksikan Umat Insan Muncul Di Inti Bima Sakti"

Posting Komentar