Komponen Taktik Pembelajaran: Tes Dan Acara Lanjutan
Sebagaimana telah dibahas pada artikel-artikel sebelumnya bahwa terdapat 5 komponen taktik pembelajaran, yaitu: 1) Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan, 2) Penyampaian Informasi, 3) Partisipasi Peserta Didik, 4) Tes, dan 5) Kegiatan Lanjutan.
Komponen taktik pembelajaran ke-1 hingga 3 sudah dibahas pada artikel sebelumnya, sedangkan komponen ke-4 dan 5 (Tes dan Kegiatan Lanjutan) akan dibahas pada artikel ini.
4. Tes
Serangkaian tes umum yang dipakai oleh guru untuk mengetahui apakah pengetahuan, perilaku dan keterampilan telah benar-benar dimiliki oleh penerima didik atau belum.
Pelaksanaan tes biasanya dilakukan di selesai acara pembelajaran sehabis penerima didik melalui aneka macam prose pembelajaran, yaitu dari klarifikasi wacana tujuan di awal pembelajaran, penyampaian gosip berupa bahan pelajaran, pelaksanaan tes juga dilakukan sehabis penerima didik melaksanakan latihan atau praktik.
Sumber gambar: mediamalang.com |
Contoh indikator keberhasilan tes yakni sebagai berikut:
a. Di selesai acara belajar, setiap penerima didik sanggup menyebutkan 3 dari 4 ciri kurva indiferen dengan benar. Standar keberhasilannya yakni apabila minimal penerima didik sanggup menyebutkan 3 dari 4 ciri kurva indiferen atau tingkat penguasaan berkisar 85% - 89%.
b. Soal tes objektif dengan 4 pilihan terdiri atas 20 nomor, penerima didik dianggap menguasai bahan apabila ia sanggup mengerjakan 80% - 85% soal dengan benar.
5. Kegiatan Lanjutan
Kegiatan lanjutan yang dikenal dengan istilah follow up dari suatu hasil acara yang telah dilakukan seringkali tidak dilaksanakan dengan baik oleh guru.
Dalam kenyataannya, setiap kali tes dilakukan selalu saja terdapat penerima didik yang berhasil dengan kiprah di atas rata-rata, yaitu a) hanya menguasai sebagian atau cenderung di rata-rata tingkat penguasaan yang dibutuhkan sanggup dicapai, b) penerima didik seharusnya mendapatkan tindak lanjut yang berbeda sebagai konsekuensi dari hasil berguru yang bervariasi tersebut.
Sumber:
Hamzah B. Uno & Nurdin Mohamad. 2015. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com
0 Response to "Komponen Taktik Pembelajaran: Tes Dan Acara Lanjutan"
Posting Komentar