Jurusan Statistika

Apa itu Statistika?


Statistika ialah ilmu yang mempelajari wacana cara mengumpulkan, menabulasi, menggolog-golongkan, menganalisis dan mencari keterangan yang berarti dari data yang berupa angka atau singkatnya ialah ilmu yang mempelajari wacana pengolahan data. Sebenarnya juga ada kegiatan keahlian statistika di jurusan matematika, tapi di jurusan statistika ini, tentu saja akan diajarkan lebih banyak dan luas dibanding dengan kegiatan keahlian statistika di jurusan matematika.


Di sekitar kita, aneka macam kebutuhan akan data yang harus diolah dan disajikan dalam bentuk analisa yang mempunyai kegunaan bagi kemajuan bahkan peramalan keadaan masa depan. Disinilah ilmu statistika bermain, jadi statistika mendesain semoga data-data tersebut sanggup mempunyai kegunaan atau akurat dalam pengambilan keputusan. Missal nih, statistisi atau statistician (sebutan lulusan statistika) mencari data tren penjualan sebuah barang di tahun berjalan, kemudian data-data tersebut diolah dan disajikan untuk mengambil keputusan, apakah akan melanjutkan produksi atau tidak. Atau menganalisis beban kerja pegawai yang akan dipakai dalam pertimbangan kebutuhan rekrutmen perusahaan.


Apa aja yang dipelajari di Jurusan Statistika


Bidang Minat jurusan statistika secara umum dibagi menjadi 5:

1. Analis dan perancangan survey

2. Metode numeric dan riset operasi

3. Metode simulasi dan pemodelan matematika

4. Metode statistic riset pemasaran

5. Pengendalian mutu dan kelayakan


Bidang Pekerjaan Lulusan Statistika


Dibawah ini akan dijabarkan lebih lanjut bidang kerja seorang statistisi:

1. Lembaga Pemerintahan

Lembaga pemerintahan sangat membutuhkan tenaga hebat di bidang statistic untuk menunjang kebijakan pemerintah dan mempermudah proses kebijakan. Subjeknya sangat banyak dan bervariatif, mulai dari menghitung jumlah perjuangan kecil yang biasa dilakukan Kementerian Perdagangan, menghitung indeks pembangunan insan oleh BPS, mengukur keberhasilan kegiatan KB oleh BKKBN, dll.


2. Perbankan dan Investasi

Dalam sector ini fungsi ilmu statistic juga cukup besar, contohnya untuk mengukur berapa jumlah kredit dan investasi yang dikucurkan oleh bank, kemudian berapa jumlah penabung apabila dilihat dari skala usia, penghasilan, dan lain sebagainya. dalam hal investasi contohnya mengukur tren harga saham.


3. Sektor riset dan pengembangan

Riset dan pengembangan merupakan indicator dari sebuah kemajuan. Lembaga atau perusahaan untuk riset dan pengembangan bertebaran dimana-mana. Contohnya LIPI, LAPAN, BATAN dan aneka macam forum swasta yang biasa dipakai oleh perusahaan besar menyerupai MARS, IPSOS, AC Nielsen, YLKI, dan masih banyak lagi.


4. Perusahaan atau Organisasi Swasta

Perusahaan – perusahaan besar niscaya mempunyai statistisi yang mempunyai kegunaan untuk menganalisis contohnya penjualan, daya beli masyarakat, tren, dan hal-hal lain yang akan dipakai untuk pengambilan keputusan dan taktik perusahaan tersebut.


PTN yang menyediakan Jurusan Statistika
















































































Perguruan TinggiProgram StudiAkreditasi
Institut Pertanian Bogor, BogorStatistikaA
Institut Teknologi Sepuluh Nopember, SurabayaStatistikaA
Universitas Brawijaya, MalangStatistikaA
Universitas Gadjah Mada, YogyakartaStatistikaA
Institut Sains dan Teknologi AKPRIND, YogyakartaStatistikaB
Universitas Airlangga, SurabayaStatistikaB
Universitas Bina Nusantara, JakartaStatistikaB
Universitas Diponegoro, SemarangStatistikaB
Universitas Hasanuddin, MakassarStatistikaB
Universitas Islam Bandung, BandungStatistikaB
Universitas Islam Indonesia, SlemanStatistikaB
Universitas Mulawarman, SamarindaStatistikaB
Universitas Padjadjaran, BandungStatistikaB
Universitas Terbuka, JakartaStatistikaB

Demikian ulasan singkat mengenai jurusan statistika. Apabila ada pertanyaan, sanggup kau usikan di kolom komentar. Semoga bermanfaat 🙂



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jurusan Statistika"

Posting Komentar