Jurusan Ilmu Tanah / Administrasi Sumber Daya Lahan

 Mungkin menyerupai itulah yang ada dibayangan siswa Sekolah Menengan Atas masa sekarang Jurusan Ilmu Tanah / Manajemen Sumber Daya Lahan“Apa sih itu Ilmu Tanah? Belajar apa sih disana? Gali kubur?” Mungkin menyerupai itulah yang ada dibayangan siswa Sekolah Menengan Atas masa kini. Ilmu Tanah yang niscaya akan bersentuhan eksklusif dengan tanah, kotor-kotoran, dan lahan pertanian langsung.


Apa itu ilmu tanah?


Menurut Wiki, Ilmu Tanah/Manajemen Sumberdaya Lahan yaitu pengkajian terhadap tanah sebagai sumber daya alam. Dalam ilmu ini dipelajari banyak sekali aspek perihal tanah, menyerupai pembentukan, klasifikasi, pemetaan, banyak sekali karakteristik fisik, kimiawi, biologis, kesuburannya, sekaligus mengenai pemanfaatan dan pengelolaannya. Tanah yaitu lapisan yang menyeliputi bumi antara litosfer (batuan yang membentuk kerak bumi) dan atmosfer. Tanah menjadi daerah tumbuh tumbuhan dan mendukung kehidupan binatang dan manusia.


Apa saja yang dipelajari di jurusan Ilmu Tanah?


Di Jurusan Ilmu Tanah ini kita tentunya akan berguru perihal Ilmu Tanah dan hal – hal yang bersangkutan dengan tanah maupun pertanian. Misal, Irigasi lahan pertanian, cuaca dan iklim, pembagian terstruktur mengenai tanah, mikrobiologi tanah, kimia analitik, geologi dan mineralogy, pemetaan lahan, dsb. Belajar Ilmu Tanah ini termasuk mengasyikan terutama untuk kau yang suka pendakian dan field trip. Karena di Ilmu Tanah ini kita akan banyak melaksanakan field trip atau perjalanan ke lapangan untuk mengambil sampel tanah (yang selanjutnya akan diteliti di laboratorium), penelitian lahan, penelitian cuaca/iklim, atau pemetaan lahan.


Bagaimana sehabis lulus? Kerjanya apa? Kalau bicara lapangan kerja, Ilmu Tanah ini cukup luas lingkup pekerjaannya. Kita bias kerja di bidang pertanian, tubuh pertanahan nasional, perkebunan, surveyor tanah, peneliti, departemen lingkungan hidup, departemen pertanian, departemen kehutanan, pertambangan, perusahaan swasta, atau menjadi dosen/staf pengajar dan masih banyak lagi.


PTN yang menyelenggarakan prodi ini yaitu IPB (dengan nama Manajemen Sumberdaya Lahan), UNS, UGM, UB, Unsyiah, Unand, dan Universitas Lambung Mangkurat.


So, jangan takut atau aib masuk jurusan Ilmu Tanah ini, sebab andal – andal tanah dari dalam negeri semakin dibutuhkan. Viva Soil! Soil Solid!



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jurusan Ilmu Tanah / Administrasi Sumber Daya Lahan"

Posting Komentar