Hubungan Antar Himpunan Lengkap Dengan Referensi Soal

Hubungan Antar Himpunan Lengkap dengan Contoh Soal - Artikel ini berisi bahan perihal Macam - macam hubungan antar himpunan, Pengertian himpunan yang equivalen, pengertian himpunan saling lepas dan pengertian himpunan berpotongan. Setelah mengetahui Pengertian dari himpunan dan cara menyatakan suatu himpunan, pada hari ini Ilmu sains online akan membahas bahan perihal Hubungan Antar Himpunan. Untuk itu, simak materinya dengan serius ya mitra - kawan.

Hubungan Antar Himpunan Lengkap dengan Contoh Soal Hubungan Antar Himpunan Lengkap dengan Contoh Soal
Google Image - Hubungan Antar Himpunan Lengkap dengan Contoh Soal

Dalam ilmu matematika, kita mengenal bahwa himpunan merupakan sekelompok anggota yang terdefinisi. Kelompok - kelompok anggota tersebut mempunyai hubungan dengan anggota kelompok pada himpunan yang lain. Nah, apa saja hubungan dari suatu himpunan taersebut? Jika kalian ingin tahu, pribadi saja kita simak materinya berikut ini.

Hubungan Antar Himpunan Lengkap


Himpunan mempunyai hubungan dengan himpunan yang lain, hubungan tersebut antara lain:

a. Himpunan saling lepas.
b. Himpunan tak saling lepas.
c. Himpunan yang equivalen.

Himpunan Saling Lepas


Himpunan saling lepas merupakan hubungan antar himpunan dimana anggota himpunan X tidak ada kesamaan atau keterkaitan dengan himpunan Y. Misal terdapat suatu himpunan berikut ini:

A = {1, 2, 4, 5}
B = {6, 7, 8, 9}

Jika kita perhatikan kedua himpunan diatas, Anggota pada himpunan A tidak bersekutu dengan anggota pada himpunan B. Begitu juga sebaliknya. Anggota himpunan B tidak bersekutu dengan Anggota pada Himpunan A. Kedua himpunan diatas merupakan himpunan yang saling lepas. Makara himpunan saling lepas merupakan himpunan yang tidak mempunyai anggota persekutuan.


Himpunan tak Saling Lepas


Himpunan tak saling lepas merupakan kebalikan dari himpunan yang saling lepas. Perhatikan teladan berikut. Terdapat Suatu himpunan berikut ini:

A = { 1, 2, 3, 4, 5}
B = { 1, 2, 3, 5, 7}

Jika kita perhatikan, terdapat anggota himpunan A yang juga menjadi anggota pada himpunan B yaitu {1, 2, 3, 5}. Dalam hal ini, {1, 2, 3, 5} merupakan anggota komplotan antara himpunan A dan himpunan B atau sebaliknya. Perhatikan juga bahwa ada anggota baik pada himpunan A atau himpunan B yang tidak bersekutu. Jadi, Himpunan tak saling lepas merupakan suatu himpunan yang anggotanya bersekutu dengan anggota himpunan lain namun tidak semua anggota mempunyai sekutu pada anggota himpunan lain.

Himpunan Equivalen


Himpunan dikatakan equivalen apabila semua anggota himpunan mempunyai persekutuan. Perhaitkan teladan dibawah ini:

A = {s, a, m, a}
B = {m, a, s, a}

Jika kita perhatikan, anggota pada himpunan A termuat dalam himpunan B begitu juga sebaliknya. Dalam hal ini, Himpunan A dikatakan sama dengan Himpunan B dan ditulis A = B. Jadi, Suatu himpunan dikatakan equivalen apabila kedua himpunan tersebut mempunyai anggota yang sempurna sama atau saling bersekutu. Jika banyaknya anggota himpunan P = banyaknya anggota himpunan Q, atau n(P) = n(Q) maka P dan Q dikatakan ekuivalen. Dua himpunan A dan B dikatakan ekuivalen jikalau n(A) = n(B).

Contoh Soal Hubungan Antar Himpunan


Contoh Soal

Periksalah apakah himpunan dibawah ini mempunyai hubungan yang saling lepas, tak saling lepas atau equivalen.

a. P ialah himpunan anggota binatang pemakan daging.
    Q = {ayam, itik, Macan}.

b. A = {B, C, D, F, G}.
    B ialah himpunan anggota abjad fokal.

c. X ialah himpunan anggota bilangan ganjil kurang dari 10.
    Y = {1, 3, 5, 7, 9}.

Jawab

a. P = {macan, harimau, singa}.
   Q = {ayam, itik, macan}

kedua himpunan tersebut merupakan himpunan tak saling lepas.

b. A = {B, C, D, F, G}.
    B = { A, I, U, E, O}

Kedua himpunan tersebut merupakan himpunan saling lepas.

c. X = {1, 3, 5, 7, 9}.
    Y = {1, 3, 5, 7, 9}.

Kedua himpunan tersebut merupakan himpunan yang equivalen.

Hubungan Antar Himpunan Lengkap dengan Contoh Soal - Nah, inilah yang sanggup ilmu sains online berikan untuk kalian semua. harapannya sanggup membantu kalian dalam mengerjakan soal - soal latihan. Jika kalian belum jelas, pribadi saja tanyakan kepada kami dikolom komentar. Jangan lupa untuk share bahan diatas ya mitra - kawan. Pada pertemuan besok, ilmu sains online akan memposting bahan yang lebih menarik lagi. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Hubungan Antar Himpunan Lengkap Dengan Referensi Soal"

Posting Komentar