Fungsi Pancasila Dan Penjelasannya Lengkap

Fungsi Pancasila mencakup lima manfaat umum dan lima manfaat spesifik, seperti; sebagai panduan hidup, sumber hukum, sumber norma, perjanjian luhur, dan falsafah hidup bangsa Indonesia. Para pendiri bangsa menentukan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara bukan tanpa alasan. Pancasila dipilih alasannya ialah mempunyai fungsi mendasar bagi eksistensi bangsa Indonesia.


Postingan ini akan membahas perihal fungsi Pancasila secara umum dan spesifik. Fungsi spesifik sanggup dipahami sebagai fungsi Pancasila sebagai dasar negara. Materi perihal pendidikan Pancasila mempunyai posisi yang krusial dalam aktivitas pembangunan bangsa. Dalam materi pendidikan Pancasila, fungsi Pancasila merupakan salah satu tema terpenting. Apa saja fungsi Pancasila secara umum?






Fungsi umum Pancasila


Pancasila sebagai panduan hidup bangsa Indonesia


Artinya, nilai-nilai dan makna Pancasila menjadi pemikiran segala sikap dan tindakan warga Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai Pancasila ikut berperan mendefinisikan mana yang baik dan mana yang jelek dalam proses pengambilan kebijakan dan penyelesaian problem bangsa.


Pancasila sebagai sumber segala sumber hukum


Artinya, lima sila Pancasila menjadi teladan dalam proses pembuatan peraturan tertulis oleh negara. Segala peraturan aturan yang dirancang, dibentuk dan disahkan dilarang bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Sumber segala sumber aturan berarti acuan sumber aturan yang dibuat. Misal, bila negara ingin menciptakan kebijakan perihal pengukuhan penganut kepercayaan, kebijakan tersebut harus diuji terlebih dahulu apakah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila atau tidak.


Pancasila sebagai sumber norma


Mirip menyerupai Pancasila sebagai sumber segala sumber hukum, artinya norma yang berlaku di Indonesia harus selaras dengan nilai adab Pancasila atau bahkan mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Norma meruapakan aturan tak tertulis atau informal yang mengatur kehidupan bermasyarakat. Meski tak tertulis, kekuatan norma sangat besar alasannya ialah menempel di dalam kepercayaan masyarakat. Keselarasan dengan Pancasila menjadi keunggulan norma di Indonesia. Untuk selaras, Pancasila sanggup berperan sebagai sumber norma yang hendak diterapkan.


Baca juga: Pengertian Norma dan Contohnya






Pancasila sebagai perjanjian luhur


Artinya, Pancasila merupakan buah kesepakatan hasil rumusan para intelektual pendiri bangsa. Pancasila juga merupakan produk musyawarah mufakat yang wajib dihormati keberadaannya. Para pendiri bangsa setuju menjadikan Pancasila sebagai dasar negara. Kesepakatan tersebut hendaknya tidak dicedrai oleh generasi penerusnya.


Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia


Pancasila semenjak kemunculannya sebagai ide yang kelak menjadi ideologi bangsa dianggap cerminan falsafah hidup yang paling sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia. Pancasila juga dianggap mencerminkan filosofi yang dianut oleh insan Indonesia dalam kelima silanya. Tak heran kalau Pancasila selalu dilihat sebagai ideologi yang paling sesuai dengan jiwa bangsa Indonesia.


Adapun fungsi Pancasila yang spesifik, yakni fungsi Pancasila sebagai dasar negara. Beberapa materi didik untuk materi pendidikan Pancasila menyebutkan bahwa sedikitnya ada lima fungsi Pancasila sebagai dasar negara. Kelima fungsi tersebut antara lain Pancasila sebagai pemikiran hidup bangsa, jiwa bangsa, kepribadian bangsa, sumber aturan negara, dan impian bangsa. Berikut ini klarifikasi versi singkatnya:


Baca juga: Pancasila Sebagai Dasar Negara






Fungsi Pancasila sebagai dasar negara


Pancasila sebagai pemikiran hidup bangsa


Artinya, bangsa indonesia melalui tugas negara memegang teguh nilai-nilai Pancasila ditengah pergaulan dengan bangsa lain. Hubungan diplomatik dalam bentuk apapun tak boleh menghasilkan keputusan tanpa pertimbangan yang melibatkan kehadiran nilai-nilai Pancasila.


Pancasila sebagai jiwa bangsa


Artinya, institusi sosial di Indonesia dari yang paling besar hingga yang paling kecil harus menjadikan Pancasila sebagai sumber ide ideologinya. Dari institusi tingkat tinggi menyerupai negara hingga ormas, nilai-nilai Pancasila harus diposisikan sebagai jiwanya.


Pancasila sebagai kepribadian bangsa


Artinya, selain keluhuran makna dan nilainya, Pancasila juga berfungsi sebagai identitas bangsa yang layak dibanggakan. Sebagai identitas, Pancasila merupakan jawaba dari pertanyaan perihal apa kepribadian bangsa Indonesia yang sesungguhnya.


Pancasila sebagai sumber hukum


Fungsi ini menyerupai fungsi umum Pancasila sebagai sumber segala sumber hukum. Pada prinsipnya sama, aturan yang dibentuk oleh insitusi atau organisasi diberbagai level tak boleh bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.


Pancasila sebagai impian bangsa


Artinya, Pancasila sebagai dasar negara mengandung ide atau gagasan ideal yang hendak diwujudkan oleh segenap elemen bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila yang merupakan konsep ajaib dilihat sebagai tipe ideal yang menjadi impian masyarakat Indonesia. Fungsi Pancasila sebagai impian bangsa artinya nilai-nilai Pancasila menadi orientasi kemana bangsa ini hendak diarahkan.


Fungsi Pancasila mencakup lima manfaat umum dan lima manfaat spesifik Fungsi Pancasila dan Penjelasannya Lengkap


Sejauh ini kita sudah menyimak fungsi Pancasila secara umum dan secara spesifik sebagai dasar negara. Pemahaman mengenai fungsi Pancasila ini penting bagi pembelajar alasannya ialah sanggup membantu untuk menilai apakah bangsa ini sudah berjalan ke arah yang benar. Bangsa yang tak mempunyai dasar ideologi akan linglung dan diombang-ambingkan oleh ideologi bangsa lain.


Baca juga: Pengertian Ideologi dan Contohnya







Peran Pancasila untuk Indonesia sangatlah besar. Bahkan boleh dibilang tanpa Pancasila, sulit kita membayangkan bangsa dan negara Indonesia eksis. Persoalannya kini ialah apakah sejauh ini Pancasila masih berfungsi sebagaimana mestinya bagi kesejahteran rakyat banyak?


Justifikasi perihal penerapan Pancasila sering kali hanya tampak di podium-podium formal. Dalam konteks implementasi kebijakan, tak jarang Pancasila absen. Sebagai contoh, kesenjangan sosial di suatu kawasan yang meninggi, menyebabkan pertanyaan: kemana keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia itu?


Memahami Pancasila sanggup dilakukan, selain dengan memeriksa makna dan nilai-nilainya, juga sanggup dengan memeriksa fungsi dan peranannya. Fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia sangat mendasar dan radikal. Tugas kita, insan Indonesia untuk merawat, menjaga, melestariakan sambil berupaya terus mengoptimalkannya.


Baca juga: Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Fungsi Pancasila Dan Penjelasannya Lengkap"

Posting Komentar