Contoh Pola Hidup Sehat Dalam Keluarga

Contoh Pola Hidup Sehat dalam Keluarga - Pola Hidup Sehat harus ditanamkan dalam setiap keluarga, sebab segalanya berawal dari keluarga yang akan dibawa ke masyarakat. Kebiasaan hidup yang kita lakukan sehari-hari ialah hasil dari kebiasaan keluarga.

Menurut undang-undang Kesehatan Republik Indonesia UU No. 9 Tahun 1960 perihal Pokok-pokok Kesehatan Bab 1 pasal 2, sehat ialah keadaan yang mencakup kesehatan badan, mental (rohani), dan sosial, dan bukan hanya keadaan yang bebas dari penyakit, cacat, serta kelemahan. Selain batasan tersebut, sehat juga dibedakan secara fisiologi dan secara anatomis.
  1. Sehat secara fisiologi, apabila organ-organ di dalam tubuh berfungsi secara normal dan baik, contohnya jantung, paru-paru, ginjal, dan sistem peredaran darah.
  2. Sehat secara anatomis, apabila anggota tubuh lengkap, contohnya mempunyai kedua lengan, jari-jari tangan lengkap, anggota tubuh serpihan bawah lengkap.
 Pola Hidup Sehat harus ditanamkan dalam setiap keluarga Contoh Pola Hidup Sehat dalam Keluarga

Kesehatan seseorang dipengaruhi beberapa faktor. Faktor-faktor yang sanggup memengaruhi kesehatan seseorang antara lain:
  1. Pendidikan yang cukup untuk menjalankan cara-cara hidup sehat
  2. Kebersihan langsung dan kesehatan lingkungan
  3. Hidup yang teratur
  4. Perumahan yang sehat dan nyaman
  5. Persediaan air higienis yang cukup untuk keluarga
  6. Pembuangan air limbah dan sampah yang baik
  7. Makanan yang bergizi cukup kualitas dan kuantitas
  8. Vaksinasi
  9. Pemberantasan vektor penyakit
  10. Berolahraga yang teratur dan benar
  11. Menjaga berat tubuh yang normal.
Sehat ialah sebuah hasil yang memerlukan proses atau usaha. Memahami arti pentingnya kesehatan diri harus dimulai semenjak dini, semoga hasil itu sanggup dirasakan di lalu hari. Salah satu pelajaran penting yang harus diajarkan oleh orang renta kepada anaknya ialah mengajari anak semenjak dini akan arti penting kesehatan.

Gaya hidup orang renta akan kuat besar pada gaya hidup yang akan diterapkan anak di sepanjang hidup mereka. Jika orang renta menerapkan pola hidup sehat, anak pun akan terbiasa dan ikut menjalankan pola hidup sehat sehingga tidak rentan dengan serangan penyakit. Anak sehat menjadi cerminan keluarga yang juga sehat.

Orang renta sanggup menerapkan pola hidup sehat di tengah-tengah keluarga dengan mengikuti beberapa cara berikut ini:

Orang Tua Harus Menjadi Panutan

Orang renta merupakan panutan anak-anaknya. Perilaku orang renta akan dicontoh oleh anaknya. Anak tidak perlu jauh-jauh mencari sosok yang menerapkan pola hidup sehat, bila di rumah ia sanggup menemukannya. Orang renta sanggup menawarkan pola menyerupai mengonsumsi makanan yang layak dan baik untuk dikonsumsi.

Kebiasaan Makan Bersama

Mengalokasikan waktu untuk menikmati makan bersama dengan seluruh anggota keluarga akan sanggup menambah kehangatan keluarga. Kebersamaan lewat makan bersama tidak hanya akan membuat tubuh sehat, tetapi juga membangun komunikasi yang lebih bersahabat selama makan.

Kebiasaan Olahraga

Kegiatan olahraga yang dilakukan bersama keluarga sanggup membuat kebersamaan. Manfaat yang diperoleh antara lain tubuh menjadi bugar, menumbuhkan jiwa sportif, dan sanggup membangun mental yang kuat. 

Demikian Contoh Pola Hidup Sehat dalam Keluarga, semoga bermanfaat.
 

Sumber http://kttsaraswati.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Contoh Pola Hidup Sehat Dalam Keluarga"

Posting Komentar