Cara Meningkatkan Motivasi Berguru Akseptor Didik

Problema yang mungkin pernah dialami oleh seorang pendidik ialah bagaimana meningkatkan motivasi mencar ilmu penerima didiknya. Pertanyaan ini niscaya pernah dirasakan di benak seorang pendidik. Lalu bagaimana cara meningkatkan motivasi mencar ilmu penerima didik tersebut??

Ada beberapa hal yang sanggup diterapkan oleh seorang pendidik (guru maupun dosen) untuk meningkatkan motivasi mencar ilmu penerima didiknya, yaitu sebagai berikut.

1. Memberi Nilai
Nilai yang dimaksud ialah angka sebagai simbol dari hasil kegiatan mencar ilmu anak didik yang diberikan sesuai hasil ulangan yang telah mereka peroleh dari hasil evaluasi guru yang bisaanya terdapat dalarn buku rapor sesuai jumlah mata pelajaran yang diprogramkan dalam kurikulum.

2. Memberi Hadiah
Hadiah ialah menawarkan sesuatu kepada anak didik yang berprestasi yang berupa uang beasiswa, buku tulis, alat tulis atau buku bacaan lainya atau suatu kebanggaan dan sanjungan untuk memotivasi anak didik biar senantiasa mempertahankan prestasi mencar ilmu selama berstudi.

3. Kompetisi
Kompetisi ialah persaingan yang dipakai sebagai alat motivasi untuk mendorong anak didik biar mereka garang belajar, baik dalam bentuk individu maupun kelompok untuk menjadikan proses mencar ilmu mengajar yang kondusif.

4. Hukuman
Meskipun eksekusi sebagai reinforcement yang negatif, tetapi kalau dilakukan dengan sempurna dan bijak akan merupakan alat motivasi yang baik dan efektif. Hukuman mendidik dan bertujuan memperbaiki perilaku dan perbuatan anak didik yang dianggap salah sanggup berupa hukuman yang diberikan kepada anak didik sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan sehingga anak didik tidak akan mengulangi kesalahan atau dihari kemudian.

Motivasi berfungsi sebagai tenaga penggagas bagi seseorang atau penerima didik yang menjadikan upaya keras untuk melaksanakan kegiatan mereka sehingga sanggup mencapai tujuan belajar.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Meningkatkan Motivasi Berguru Akseptor Didik"

Posting Komentar