Cara Membaca Diagram Venn

Cara Membaca Diagram VennArtikel ini berisi bahan perihal bagaimana cara membaca diagram venn. Pada pertemuan kemarin, kita telah mempelajari bahan perihal diagram venn. Nah, pada pertemuan hari ini, kita akan mempelajari bahan perihal bagaimana cara membaca diagram venn. Langsung saja kita simak materinya berikut ini.

Artikel ini berisi bahan perihal bagaimana cara membaca diagram venn Cara Membaca Diagram Venn
Google Image - Cara Membaca Diagram Venn
Untuk sanggup membaca diagram venn, kita harus memperhatikan unsur - unsur yang terdapat pada diagram venn tersebut. Unsur - unsur tersebut diantaranya Himpunan yang terdapat pada diagram venn tersebut. Agar kalian paham, perhatikan dengan secama bahan dibawah ini.

Cara Praktis Membaca Diagram Venn


Dalam membaca diagram venn, menyerupai yang telah dijelaskan diatas bahwa untuk sanggup membaca diagram venn, kita harus memperhatikan himpunan semesta serta himpunan yang lainnya. Perhatikan pola berikut ini.

Contoh 


Perhatikanlah pola diagram venn diatas.

Untuk membaca diagram venn diatas, kita harus memperhatikan beberapa unsur berikut ini:

a. Himpunan Semesta (S)
b. Himpunan P
c. Himpunan Q
d. Anggota Himpunan P∩Q
e. Anggota Himpunan P∪Q
f. Anggota Himpunan P/Q
g. Anggota Himpunan PC


Penyelesaian

a. Himpunan S ialah himpunan semesta atau himpunan yang anggotanya merupakan anggota yang dibicarakan. Pada pola diatas, anggota himpunan semesta ialah S = {0, 1, 2, 3, 4, ... 10}.

b. Himpunan P
Himpunan P merupakan seluruh anggota himpunan S yang menjadi anggota himpunan P. Pada diagram diatas, anggota himpunan P dibatasi oleh bulat P. Sehingga P = {2, 3, 4, 5}.

c. Himpunan Q
Himpunan Q merupakan seluruh anggota Himpunan S yang menjadi anggota himpunan Q. Pada diagram diatas, anggota himpunan Q dibatasi oleh bulat Q. Sehingga Q = {3, 4, 5, 6, 7, 8}.

d. Himpunan P∩Q
Himpunan P∩Q merupakan seluruh anggota himpunan S yang menjadi anggota himpunan P serta menjadi anggota himpunan Q. Bisa juga disebut dengan adonan himpunan P dan Q. Oleh sebab itu, P∩Q = {3, 4, 5}.

e. Himpunan P∪Q 
Himpunan P∪Q Merupakan semua anggota himpunan P maupun himpunan Q. Oleh sebab itu, P∪Q = {2, 3, 4, 5, 6, 7. 8}.

f. Himpunan P/Q
Semua anggota himpunan P tetapi bukan merupakan anggota himpunan Q. Oleh sebab itu P/Q = {2}.

g. Himpunan PC
Merupakan semua anggota dari himpunan S tetapi bukan anggota himpunan P. PC = {0, 1, 6, 7, 8, 9, 10}.

Cara Membaca Diagram Venn - Nah, inilah yang sanggup Ilmu Sains Online Berikan untuk kalian semua. Harapannya kalian menjadi lebih memahami bagaimana cara membaca diagram venn dengan benar. Jangan lupa untuk dishare keteman - sobat yang lain ya. Pada pertemuan selanjutnya, kita akan membahas bahan yang lebih menarik lagi. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Membaca Diagram Venn"

Posting Komentar