Berapa Nilai Siswa Supaya Diterima Snmptn?

Artikel ini merupakan sekuel terakhir dari artikel survei SNMPTN 2015. Melengkapi artikel sebelumnya perihal peluang diterima di pilihan kedua SNMPTN dan pengaruh sekolah terhadap kelulusan SNMPTN.


Seperti yang udah gue tulis disini perihal Indikator evaluasi SNMPTN, disebutkan bahwa SNMPTN menilai beberapa faktor, selain indeks sekolah, Perguruan Tinggi Negeri tentu saja melihat prestasi yang ditorehkan siswa. Prestasi siswa sanggup berupa:



  • Nilai raport, mencakup besar nilai, konsistensi, rata-rata, nilai mapel tertentu

  • Prestasi lain: piagam tingkat internasional, nasional, propinsi, kabupaten/kota, tidak ada prestasi.


Nah niscaya banyak akseptor yang bertanya-tanya nih, nilai berapa sih semoga diterima SNMPTN? Bagaimana jika nilai raport ada yang turun? Seperti apa piagam yang dilampirkan dalam SNMPTN? Nah dalam artikel ini gue akan mencoba menganalisis berdasarkan hasil survei SNMPTN 2015 kemarin.


Sedikit dongeng perihal survei ini: survei ini diisi oleh 1.931 siswa yang diterima SNMPTN 2015 dari bulan Mei sampe dengan bulan Agustus 2015. Jumlah sebenernya pas di form sih ada sekitar 2300an input data, namun dari data tersebut ada yang double, salah isi, ngasal atau palsu sehingga mesti dicut untuk pengolahan lebih lanjut. Disini gue ga bisa mengonfirmasi bahwa ke-1.931 data yang diisi 100% valid, namun gue berusaha semampu gue, berdasarkan pengalaman menjadi admin di @info_SNMPTN, kalo data-data yang diolah yaitu wajar. Gue berusaha melihat kaitan-kaitan data yang diisi antar kolom, apakah masuk akal atau tidak. Jika tidak masuk akal maka akan gue cari tau permasalahannya, bisa googling atau gue mention anaknya langsung. Seperti contohnya ada anak yang diterima di UI sebagai Perguruan Tinggi Negeri pilihan kedua. Karena gue anggap ini ga wajar, gue stalking twitternya dan mengecek kebeneran hal tersebut.


Nilai Raport semoga Diterima SNMPTN


Untuk mengetahui nilai raport yang diterima SNMPTN, gue mencoba mengumpulkan data perihal nilai dari bawah umur yang diterima. Dari 1.931 responden, ga semua mengisi nilai raport ini alasannya mungkin lupa. Interval nilai ini merupakan nilai keseluruhan mata pelajaran, alasannya agak susah buat ngumpulin nilai para responden secara detail per mapel. Frekuensi menyatakan banyak siswa yang menerima nilai tersebut.
























































Interval NilaiFrekuensi
Semester 1Semester 2Semester 3Semester 4Semester 5
75-80413236743613
80-85764807730538351
85-90285388584750783
90-95304384142339
95-100101714

 


Dari data di atas terlihat bahwa lebih banyak didominasi siswa yang diterima SNMPTN mempunyai nilai semester 1 pada interval 80-85, kemudian di semester 5 nilai lebih banyak didominasi siswa berada di interval 85-90. Yang menarik untuk interval nilai 75-80 tiap semester frekuensinya selalu turun, dari 413 siswa di semester 1, 236 siswa di semester 2, 74 siswa di semester 3, 36 siswa di semester 4 dan 13 siswa di semester 5. Untuk mengetahui rata-rata nilai secara keseluruhan, gue mencoba mencari nilai mean nya.


Artikel ini merupakan sekuel terakhir dari artikel survei SNMPTN  Berapa Nilai Siswa semoga Diterima SNMPTN?Dari perhitungan di atas, diperoleh grafik sebagai berikut


Artikel ini merupakan sekuel terakhir dari artikel survei SNMPTN  Berapa Nilai Siswa semoga Diterima SNMPTN?Dari data diatas, terlihat bahwa rata-rata siswa yang diterima SNMPTN secara keseluruhan selalu naik dari tiap semester. TAPI perlu diingat bahwa ini yaitu nilai rata-rata keseluruhan, bisa jadi ada anak yang nilainya naik turun. Oleh alasannya itu gue mencoba menanyakan perihal konsistensi nilai di survei ini.


Konsistensi nilai


Artikel ini merupakan sekuel terakhir dari artikel survei SNMPTN  Berapa Nilai Siswa semoga Diterima SNMPTN?Dari grafik di atas, terlihat bahwa ada 9% siswa yang di semua mapel nilainya konsisten naik semua. Mayoritas siswa (72%) dari 1.931 responden menyampaikan bahwa nilai mereka kebanyakan konsisten naik, namun ada 1 atau 2 mapel yang stagnan atai naik turun.


Prestasi siswa: Piagam yang Dilampirkan untuk SNMPTN


Piagam / prestasi di luar sekolah menjadi pemanis evaluasi panitia dalam SNMPTN. Kamu sanggup upload maksimal 3 piagam untuk dilampirkan dikala pendaftaran. Tapi apakah piagam menjadi hal wajib yang harus ada? Nah ternyata dari hasil survei, lebih dari 50% siswa yang lolos SNMPTN, ga nyantumin piagam.


Artikel ini merupakan sekuel terakhir dari artikel survei SNMPTN  Berapa Nilai Siswa semoga Diterima SNMPTN?Hal ini berdasarkan gue masuk akal aja, alasannya apabila lo udah berasal dari sekolah yang punya track record bagus, nilai raport mungkin udah cukup bisa dipakai sebagai pertimbangan. Nah apabila lo berasal dari sekolah yang track recordnya biasa aja, mungkin piagam tersebut bisa membuktikan “kalo lo itu, meski berasal dari sekolah biasa aja, tapi punya prestasi yang ngalahin anak2 sekolah anggun loh!”


Piagam apa aja yang dicantumin?


Jenis-jenis piagam yang dilampirkan macem-macem. Mulai dari piagam akademis maupun non akademis. Nah yang perlu lo tau, ga ada filtering sama sekali terhadap piagam ini, meskipun panitia membatasi atau mengkategorisasi berdasarkan tingkatan, lo tetep bisa upload piagam atau akta apapun, termasuk, apabila lo pengen upload akta tanah.


Beberapa piagam yang dicantumin oleh responden yang lolos SNMPTN:


Akademis: Sertifikat mengikuti Olimpiade USU 2015, Piagam akseptor Medspin oleh univ. Airlangga, Olimpiade Biologi tingkat provinsi, Finalis lomba Foodtech UPH, Cambridge A Level, Peserta OSK Astronomi, Lulusan terbaik MA kategori IPS, Peserta Semi Final Liga Fisika UNY Tingkat Nasional, TPBI


Non akademis: Panitia Petassan 2013 se Sumbagsel (Provinsi), Sertifikat OSIS, Lomba fashion show, Sertifikasi juz 30 dan juz 29, Paskibra Kota, Sertifikat kursus, Sertifikat les bahasa asing, Ijazah LIA EA: High-Intermediate Level, TOEFL dengan skor 520, Piagam Marching Band, Parlemen Remaja, Juara 1 Lomba Tata Upacara Bendera Tahun 2013.


Semakin tinggi tingkatan piagam atau semakin bergengsi sertifikatnya, semakin besar pula bobotnya dimata panitia. Tapi ada siswa yang menyertakan akta sebagai peserta, akta tingkat sekolah, bimbel, TOEFL dll. Apakah itu membantu? Ga ada yang tau. Bisa saja akta sebagai akseptor malah menyampaikan kalo kau ga punya prestasi apa-apa.


Jadi terserah ke diri lo masing-masing akta apa yang akan lo lampirkan. Kalo gue saranin sih, kembali ke tujuan awal sertifikat, yaitu menyampaikan keunggulan lo dibanding siswa lain (di luar nilai raport).




Okey, demikian gosip singkat perihal hasil survei prestasi siswa dalam SNMPTN. Moga-moga hasil survei di atas bisa bermanfaat bagi lo dalam memilih pilihan jurusan dan Perguruan Tinggi Negeri di SNMPTN 2016 ini. Good luck!


 


Update!


Data Nilai Raport Siswa yang Diterima SNMPTN 2016



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Berapa Nilai Siswa Supaya Diterima Snmptn?"

Posting Komentar