Berapa Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu?

 

 yaitu salah satu jenis olahraga permainan yang paling terkenal di Indonesia Berapa Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu?

Bola voli (volleyball) yaitu salah satu jenis olahraga permainan yang paling terkenal di Indonesia. Tidak hanya itu, permainan bola voli yaitu salah satu olahraga yang paling merakyat, artinya permainan ini digemari oleh semua kalangan masyarakat. Ada beberapa alasan mengapa permainan bola voli begitu merakyat antara lain alasannya murah meriah (hanya bermodalkan lapangan, net, dan bola yang sanggup dipakai berulangkali), gampang dipelajari (bahkan sanggup dipelajari secara otodidak), tidak memerlukan ruangan khusus (bisa di tanah, rumput, pasir, lantai papan, atau lantai beton), serta dimainkan beregu.

Dalam Satu Regu Bola Voli terdiri dari 6 Pemain
Dalam satu regu, pemain bola voli terdiri dari 6 orang. Keenam pemain ini menempati enam posisi yang berbeda di lapangan. Dalam satu regu, keenam pemain tersebut menciptakan deretan dua baris. Satu baris terdiri dari 3 pemain menempati posisi di bersahabat net dan satu baris lainnya terdiri dari 3 pemain menempati posisi di bersahabat garis belakang dalam area permainan. Posisi masing-masing pemain diberi nama sebagai berikut:
• Kiri depan
• Tengah depan
• Kanan depan
• Kiri belakang
• Tengah belakang
• Kanan belakang

Berapa Jumlah Pemain Cadangan dalam Permainan Bola Voli Resmi?
Dalam turnamen bola voli resmi, satu regu terdiri dari 10 pemain. 6 orang pemain aktif di lapangan dan 4 orang pemain cadangan di luar lapangan.

Berapa Kali Pergantian Pemain Bola Voli Diperbolehkan?
Dalam pertandingan resmi (kejuaraan) bola voli, pergantian pemain yang masuk ke lapangan tidak dibatasi. Artinya coach (manajer tim/pelatih kepala) boleh mengganti pemain yang ada di lapangan berulang kali.

Spesialisasi Pemain
Ada 5 kiprah pemain dalam satu regu pemain voli profesional yaitu Setter (pengumpan), Outside Hitter (penyerang luar)/Left Side Hitter (Penyerang Kiri), Middle Hitter (Penyerang Tengah), Opposite Hitter (Penyerang Seberang)/Right Side Hitter (Penyerang Kanan), dan Libero/Devensif Spesialist (pemain bebas bertahan). Kelima kiprah tersebut merupakan kombinasi yang saling mendukung dan melengkapi dalam satu tim ketika mengatur seni administrasi bermain untuk mengalahkan tim lawan.

 yaitu salah satu jenis olahraga permainan yang paling terkenal di Indonesia Berapa Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu?

Setter (Pengumpan)
Setter mempunyai kiprah mengatur irama serangan tim. Ia ditugasi memberi sentuhan kedua pada bola untuk menempatkan posisi bola di udara yang paling sempurna semoga seorang pemain penyerang melaksanakan pukulan smash ke area permainan lawan. Pemain ini harus mempunyai kemampuan yang baik dalam menempatkan posisi bola yang sempurna di udara, berhubungan dengan Hitter (pemain penyerang), dan menentukan pemain yang sempurna untuk diberikan bola semoga sanggup di-smash secara optimal. Selain itu Setter juga harus mempunyai kemampuan bergerak dengan cepat dan lincah serta mengatur taktik dan tempo permainan tim.

Libero (Pemain Bebas)
Libero yaitu pemain bertahan yang bertanggungjawab mendapatkan serangan atau melaksanakan serve. Dalam sebuah tim, pemain ini biasanya merupakan pemain dengan reaksi tercepat dan mempunyai kemampuan passing (meneruskan bola) terbaik. Kata “libero” lebih dahulu terkenal dalam permainan sepakbola. Kata “libero” dalam bahasa Italia artinya “bebas”. Disebut sebagai pemain bebas alasannya ia sanggup mengambil posisi menggantikan pemain lainnya di lapangan ketika permainan berlangsung. Pemain ini tidak harus mempunyai postur badan yang tinggi alasannya ia tidak pernah bermain di bersahabat net. Yang penting, seorang libero harus mempunyai kemampuan bertahan dan passing yang baik serta kelincahan menjelajah lapangan. Karena kiprah khusus ini, seorang libero dihentikan mengambil kiprah pemain lain. Dalam pertandingan resmi seorang libero menggunakan seragam yang berbeda dengan lima pemain lainnya. Seperti halnya dalam sepakbola, seorang libero seringkali sangat menentukan keberhasilan menjalankan seni administrasi ketika pertandingan berlangsung.

Middle Blockers/Middle Hitters (Pemblokir Tengah/Penyerang Tengah)
Pemain ini sanggup melaksanakan serangan dengan sangat cepat sehingga biasanya menempatkan diri di bersahabat Setter (Pengumpan). Selain dari kemampuan melaksanakan serangan dengan pukulan smash, pemain ini harus mempunyai kemampuan memblokir serangan lawan di depan net. Dalam sebuah tim voli profesional, terdapat dua Middle Hitter. Tipikal pemain yang yang berperan sebagai Middle Hitter yaitu orang yang mempunyai postur badan tinggi.

Outside Hitter/Left Side Hitter (Penyerang Luar/Penyerang Kiri)
Outside Hitter melaksanakan serangan dari bersahabat antena kiri. Outside Hitter biasanya merupakan pemain penyerang yang paling konsisten dan mendapatkan kesempatan paling banyak dalam melaksanakan serangan. Pasing pertama yang kurang akurat biasanya menjadikan umpan mengarah ke Outside Hitter (yang awalnya diarahkan kepada Middle Hitter atau Opposite Hitter. Biasanya umpan untuk Outside Hitter yaitu tinggi, oleh alasannya itu Outside Hitter mengambil ancang-ancang lompatan agak jauh dimulai dari luar garis batas lapangan. Dalam sebuah tim bola voli profesional terdapat dua Outside Hitter dalam setiap pertandingan.

Opposite Hitter/Right-Side Hitter (Penyerang Seberang/Penyerang Kanan)
Dalam sebuah tim bola voli, Opposite Hitter berperan dalam menjaga pertahanan di baris depan. Tanggungjawab utamanya yaitu memblokir serangan lawan dan berperan sebagai pengumpan cadangan.


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Berapa Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu?"

Posting Komentar