Bentuk-Bentuk Laporan Keuntungan Rugi Perusahaan

Dalam penyajian laporan keuangan, baik perusahaan maupun entitas lainnya wajib memberikan laporan keuangan secara lengkap dan terperinci. Salah satu laporan keuangan yang wajib untuk disajikan ialah laporan keuntungan rugi atau kini biasa disebut dengan laporan keuntungan rugi komprehensif. 

Laporan keuntungan rugi pada dasarnya berisi mengenai rincian pendapatan (penjualan) dan beban perusahaan dalam suatu perioda waktu tertentu. Baca juga: Komponen Laporan Laba Rugi dan Penjelasannya.

Di pos ini saya akan memaparkan pola lengkap bagaimana cara menciptakan laporan keuntungan rugi komprehensif. Laporan keuntungan rugi dibedakan menjadi 2 bentuk pelaporan. 

1. Laporan keuntungan rugi bentuk single step

Laporan keuntungan rugi bentuk single step dibentuk dengan cara mengelompokkan seluruh pendapatan ke dalam satu akun yaitu "pendapatan" atau "penjualan bersih". Sedangkan seluruh beban yang terjadi juga dikelompokkan dan dijumlahkan ke dalam satu akun yang sama, yaitu akun "beban".

Jadi contohnya perusahaan mempunyai beban penjualan sebesar Rp100 juta dan beban manajemen sebesar Rp150 juta, maka pada penyusunan laporan keuntungan rugi single step hanya akan ditulis "beban" sebesar Rp250 juta. Kemudian pendapatan dikurangi dengan beban akan menghasilkan keuntungan bersih. 

Berikut ialah pola laporan keuntungan rugi bentuk single step: 


Laporan Laba Rugi - Single Step

2. Laporan keuntungan rugi bentuk multiple step 

Kalau pada laporan single step, akun pendapatan dan beban tidak dirinci dan dijabarkan, hal ini berbeda dengan laporan keuntungan rugi bentuk multiple step yang disusun dengan merinci dan mengurutkan secara sedikit demi sedikit pendapatan dan beban berdasarkan aktivitasnya, mulai dari pendapatan usaha, beban usaha, pendapatan perjuangan dan pendapatan diluar usaha. 

Untuk lebih jelasnya, berikut pola laporan keuntungan rugi bentuk multiple step (dan perbedaannya dengan laporan keuntungan rugi single step menyerupai pada poin pertama).


Laporan Laba Rugi - Multiple Step

PERBEDAAN LAPORAN SINGLE STEP DAN MULTIPLE STEP

Nah itulah perbedaan laporan keuntungan rugi single step dan multiple step. Terlihat terang bahwa pada laporan keuntungan rugi single step diatas, pendapatan dan beban dijumlahkan menjadi satu tanpa merinci adanya pendapatan dan beban yang berasal dari perjuangan maupun yang diluar usaha. Hal ini berbeda dengan multiple step yang merinci secara lebih detail pendapatan yang beban yang diurutkan berdasarkan aktivitasnya. 

Nah, pada laporan keuangan keuntungan rugi perusahaan go public, tentu saja laporan keuangan disusun dalam bentukf format multiple step. Jika anda ingin lihat pola laporan keuntungan rugi perusahaan go public bentuk multiple step, anda sanggup lihat contohnya disini: Laporan Keuangan Laba Rugi. 

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Bentuk-Bentuk Laporan Keuntungan Rugi Perusahaan"

Posting Komentar