Bagian-Bagian Fuel Tank Dan Fungsinya

Fuel tank (tangki materi bakar) berfungsi untuk menampung materi bakar baik yang akan dipakai dikala mesin hidup atau menampung kembali materi bakar yang tidak dipakai oleh mesin. Namun begitu , setidaknya masih ada beberapa fungsi lain dari fuel tank ini, anda sanggup membacanya pada artikel 4 Fungsi Fuel tank yang perlu anda ketahui.

Karena fungsinya yang cukup penting, fuel tank ini di bentuk sedemikian rupa biar seluruh fungsi fuel tank tadi sanggup dpenuhi. Nah, pada artikel berikut ini, ombro akan membuatkan info ihwal bagian-bagian fuel tank dan fungsinya pada mobil. Berikut yakni bagian-bagian fuel tank berikut dengan fungsinya

 berfungsi untuk menampung materi bakar baik yang akan dipakai dikala mesin hidup atau mena Bagian-bagian fuel tank dan fungsinya


1. Fuel Cap (Tutup tangki materi bakar)


Komponen tutup tangki ini mempunyai fungsi untuk menutup lubang pengisian materi bakar sekaligus sebagai kawasan masuk materi bakar yang akan digunakan.

Pada tutup tangki ini umumnya terdapat karet tutup tangki yang berfungsi sebagai karet penyekat biar tidak terjadi kebocoran udara diantara tutup tangki dan ekspresi tangki materi bakar.


2. Fuel Inlet Hose


Komponen fuel inlet hose ini berfungsi untuk menghubungkan antara ekspresi tangki materi bakar dengan lubang masuk dari tangki materi bakar. Fuel inlet hose ini umumnya terbuat dari materi karet yang berpengaruh , tahan, dan tidak gampang terpengaruh oleh materi kimia yang terdapat di dalam materi bakar.


3. One way Valve


Komponen one way valve ini umumnya banyak ditemukan pada tangki materi bakar untuk kendaraan beroda empat sedan dan kendaraan beroda empat penumpang menengah keatas. Komponen ini berfungsi untuk mencegah materi bakar keluar mengalir melalui fuel inlet hose dikala terguncang ataupun dikala kendaraan beroda empat dalam kondisi miring.


4. Separator


Komponen separator pada tangki materi bakar berfungsi untuk mencegah guncangan yang berlebihan pada materi bakar tanggapan melewati jalan bergelombang atau berlubang. Dengan adanya separator, maka guncangan pada materi bakar didalam tangki materi bakar ini sanggup diredam ketika kendaraan melewati jalan bergelombang.


5.Sub Tank


Komponen sub tank pada tangki materi bakar ini berfungsi untuk mencegah fuel pump tidak sanggup memompa materi bakar ke mesin tanggapan posisi kendaraan beroda empat yang miring dikala kendaraan beroda empat melewati jalan menurun yang curam.

Saat kendaraan beroda empat melewati jalan menurun, maka posisi kendaraan beroda empat akan menukik ke depan, jadinya materi bakar akan mengalir ke bab depan dan menciptakan bab belakang tangki materi bakar menjadi kosong. Jika materi bakar kosong, maka fuel pump tidak sanggup mengalirkan materi bakar ke mesin sehingga mesin sanggup mogok.

Oleh alasannya itu, dipasanglah sub tank untuk mencegah kekosongan materi bakar tanggapan posisi kendaraan beroda empat yang miring.

Baca juga :


6. Fuel strainer


Fuel strainer yakni komponen dalam fel tank yang menyatu dengan fuel pump. Fuel strainer ini berfungsi untuk menyaring materi bakar yang akan masuk kedalam pompa materi bakar.


7. Drain Plug


Drain plug pada tangki materi bakar berfungsi sebagai kawasan menguras seluruh cairan materi bakar yang ada di dalam tangki materi bakar. Selain itu, drain plug ini juga kerap dipakai untuk membuang air yang dan kotoran yang kerap ikut terbawa dikala pengisian materi bakar.


8. Fuel Pump


Fuel pump pada tangki materi bakar berfungsi untuk memompa materi bakar menuju ke injektor atau karburator melalui terusan materi bakar. Selain itu, fuel pump juga akan menjaga tekanan materi bakar yang sudah dialirkan ke dalam fuel line dikala mesin mati sehingga ketika kendaraan beroda empat akan distarter, baan bakar bertekanan sudah siap disemprotkan oleh injektor.


9. Main fuel line


Main fuel line ini merupakan pipa / terusan materi bakar utama yang terhubung dengan fuel pump. Main fuel line ini menghubungkan antara fuel pump dengan delivery pipe kawasan injektor dipasangkan.


10. Fuel return line


Fuel retrun line ini merupakan pipa/ terusan materi bakar yang menghubungkan antara fuel tank dengan Fuel pressure regulator . Fuel return line ini berfungsi sebagai temapt mengalirnya materi bakar yang tidak dipakai oleh mesin sehingga sanggup ditampung kembali ke dalam tangki materi bakar.


11. Fuel gauge sender unit


Fuel gauge sender unit ini merupakan komponen fuel tank yang berfungsi untuk memperlihatkan info ke pengemudi di panel dashboard melalui Fuel indicator level terkait level ketinggian materi bakar yang tersisa di dalam tangki materi bakar.


12. Line to canister


Line to canister merupakan pipa/ terusan uap yang dihasilkan oleh materi bakar menuju ke komponen canister. Ya, materi bakar didalam tangki sanggup menguap dan menghasilkan gas HC yang sanggup menimbulkan polusi udara. Oleh karenanya uap tersebut akan disalurkan ke Canister biar sanggup dipakai ulang oleh mesin. Namun begitu, tidak semua kendaraan beroda empat mempunyai terusan uap untuk canister ini.


13. Air breather hose


Air breather hose ini berfungsi sebagai kawasan sirkulasi udara di dalam tangki biar tidak ada udara yang terjebak di dalam tangki materi bakar. Udara yang terjebak di dalam tangki materi bakar ini sanggup menciptakan materi bakar menjadi lebih sulit masuk kedalam tangki yang jadinya sanggup menciptakan materi bakar tumpah di ekspresi tangki materi bakar,

Dengan adanya air breather hose ini maka proses pengisian materi bakar ke dalam tangki menjadi lebih gampang dan cepat.

Demikianlah artikel ihwal bagian-bagian fuel tank (tangki materi bakar) untuk kendaraan beroda empat berikut dengan fungsi-fungsinya yang sanggup ombro sampaikan, semoga sanggup bermanfaat.
Artikel ini diarsipkan pada kategori : Teori-Otomotif
Sumber http://bacabrosur.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Bagian-Bagian Fuel Tank Dan Fungsinya"

Posting Komentar