Akibat Filter Solar Kotor Pada Mesin Diesel

Salah satu perawatan kendaraan beroda empat diesel yang cukup penting dilakukan ialah penggantian filter solar secara rutin. Filter solar memegang peranan untuk memastikan materi bakar yang masuk kedalam pompa injeksi dan injektor sudah dalam keadaan higienis dan bebas dari kotoran.

Ketika filter solar kotor, umumnya pada kendaraan beroda empat diesel akan muncul pemberitahuan melalui lampu indikator water sedimenter yang sanggup kita lihat pada panel dashboard. Ketika lampu indikator water sedimenter ini menyala, maka melaksanakan penggantian filter solar menjadi hal yang sebaiknya segera dikerjakan.

Lantas apa kesannya bila kita terus menerus membiarkan filter solar yang kotor dan tidak segera menggantinya ? Filter solar yang kotor tentu akan berdampak jelek kinerja mesin diesel. Nah, pada artikel kali ini, ombro akan menawarkan informasi akhir filter solar kotor yang sanggup terjadi pada mesin diesel.

Salah satu perawatan kendaraan beroda empat diesel yang cukup penting dilakukan ialah penggantian filter s Akibat filter solar kotor pada mesin diesel


1. Menyebabkan kerusakan pada pompa injeksi dan injektor


Akibat filter solar kotor yang pertama ialah sanggup menimbulkan kerusakan pada pompa injeksi dan injektor nozzle. Ketika filter solar kotor, biasanya terjadi penumpukkan kotoran di dalam filter solar tersebut, bahkan terkadang terdapat kotoran yang bernafsu ibarat pasir-pasir halus.

Pasir-pasir halus ini sanggup lolos dan melewati filter solar melalui katup by pass dan masuk kedalam pompa injeksi hingga injektor nozzle. Ketika pasir-pasir halus ini masuk kedalam pompa injeksi maka ia sanggup menciptakan aus, baret, dan luka pada dinding-dinding pompa atau injektor nozzle yang saling bergesekkan sehingga menciptakan pompa injeksi ataupun nozzle ini menjadi rusak.


2. Mesin brebet dan kurang tenaga


Akibat filter solar kotor yang kedua ialah mesin menjadi brebet, goyang dan kurang tenaga. Filter solar yang kotor akan menghambat fatwa materi bakar yang seharusnya masuk kedalam mesin.

Terhambatnya fatwa solar akan menghipnotis kerja dari pompa injeksi berikut dengan injektor nozzle. Pompa injeksi dan injektor nozzle menjadi lebih cepat aus akhir solar yang dipompakan berkurang.

Hal ini sanggup menimbulkan penyemprotan materi bakar ke dalam ruang bakar menjadi tidak tepat sehingga mesin menjadi brebet dan kurang tenaga.


3. Mesin boros solar


Akibat filter solar kotor yang ketiga ialah mesin boros solar. Filter solar yang kotor sangat memungkinkan kotoran untuk lewat dan masuk kedalam pompa injesi dan injektor nozzle. Salah satu yang sanggup menciptakan mesin menjadi boros solar ialah saat kotoran yang masuk menyumbat sebagian ujung nozzle tip.

Ketika nozzle tip tersumbat dan tidak sanggup menutup sempurna, maka tekanan solar didalam injektor ini akan terus mengalir melalui nozzle tip.

Kondisi ini menciptakan semprotan injektor tidak lagi berbentuk spray sebagaimana saat injektor seharusnya bekerja, melainkan berbentuk fatwa materi bakar, istilahnya sering dikenal dengan sebutan "Nozzle kencing". Hal ibarat ini lah yang akan menimbulkan mesin diesel menjadi boros solar.

Baca juga :


4. Keluar asap hitam pada knalpot


Akibat filter solar kotor yang keempat ialah keluar asap hitam pada knalpot. Asap hitam yang keluar dari knalpot ini ialah efek dari injektor yang tidak sanggup mengabutkan materi bakar didalam ruang bakar akhir kotoran dari filter solar yang mampet.

Semakin banyak injektor nozzel yang bermasalah dan tidak sanggup mengabutkan materi bakar maka akan semakin menciptakan asap hitam yang muncul di knalpot semakin tebal.


5. Mesin susah dihidupkan


Akibat filter solar kotor yang kelima ialah mesin menjadi susah dihidupkan. Kondisi ini akan terjadi apabila filter solar yang kotor sudah terlalu mampet sehingga benar-benar menyumbat fatwa materi bakar yang menuju ke pompa injeksi dan injekot rnozzle. Tanpa adanya materi bakar maka mesin menjadi sulit dihidupkan


6. Mobil sanggup mogok tiba-tiba akhir materi bakar mampet


Akibat filter solar kotor yang terakhir ombro ketahui ialah mesin kendaraan beroda empat sanggup mogok tiba-tiba akhir fatwa solar yang berhenti alasannya ialah mampet di filter solar. Filter solar yang kotor , selain sanggup meloloskan kotoran kedalam pompa dan injektor sehingga menciptakan komponen tersebut rusak, ia juga akan menciptakan mesin tidak mendapat suplai materi bakar.

Mesin yang tidak memiliki suplai materi bakar untuk disemprotkan kedalam ruang bakar ini tentu saja akan menimbulkan mesin mogok dan tidak sanggup bekerja secara normal (mogok).


Oleh alasannya ialah itu, lakukanlah penggantian filter solar secara teratur. Lakukan penggantian setidaknya setiap 10.000 km atau sesuaikan dengan ajuan pada buku petunjuk service kendaran yang ada.

Demikianlah artikel perihal akhir filter sola kotor yang sanggup ombro sampaikan, semoga sanggup beranfaat.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil
Sumber http://bacabrosur.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Akibat Filter Solar Kotor Pada Mesin Diesel"

Posting Komentar