7 Efek Ganti Velg Ring Besar Pada Roda Mobil

Mengubah tampilan dan gaya kendaraan beroda empat yang paling simpel ialah dengan mengganti velg dengan ukuran ring yang lebih besar. Tak perlu banyak modifikasi, namun kendaraan beroda empat menjadi lebih gaya dan tampil lebih sporty.

Meskipun begitu, mengganti velg dengan ukuran ring yang lebih besar dan lebar mempunyai beberapa imbas yang menguntungkan, juga sekaligus sanggup merugikan.

Mengubah tampilan dan gaya kendaraan beroda empat yang paling simpel ialah dengan mengganti velg dengan u 7 Efek ganti velg ring besar pada roda mobil

Jika penggantian velg dilakukan hanya untuk sekedar show off atau mengikuti kontes, tentu urusan kerugian bukan sebuah alasan. Akan lain halnya kalau kendaraan tersebut dipakai untuk aktifitas harian dimana kendaraan beroda empat menjadi kebutuhan transportasi utama anda.

Pertimbangan matang sebelum mengganti velg dengan ring besar sebaiknya diharapkan guna menghindari penyesalan di lalu hari terlebih ketika velg orisinil ikut ditukar untuk mendapat velg gres dengan ring besar.

Nah, pada artikel berikut, ombro akan menginformasikan 7 imbas ganti velg ring besar pada roda mobil, baik imbas positif maupun imbas negatifnya. Simak info lengkapnya dibawah berikut


1. Meningkatkan gaya dan tampilan mobil


Efek ganti velg ring besar para roda kendaraan beroda empat yang pertama ialah meningkatnya gaya dan tampilan mobil. Tidak dipungkiri lagi bahwa imbas yang satu ini lah yang memang banyak di kejar oleh modifikator, terlebih untuk mobil-mobil yang kerap dibawa ke ajang show off atau kontes.

Dengan mengganti velg ring besar, maka tampilan dan gaya pada kendaraan beroda empat akan berubah drastis. Mobil terlihat lebih gagah dan juga tampil lebih sporty.


2. Meningkatkan kestabilan ketika melaju kencang


Efek ganti velg ring besar para roda kendaraan beroda empat yang kedua ialah meningkatnya kestabilan berkendara ketika melaju kencang.

Ya, velg ring yang besar dan lebar akan menambah luas penampang ban yang menapak ke permukaan jalan. Akibatnya daya cengkram ban terhadap permukaan jalan juga akan bertambah. Hal ini lah yang akan menambah kestabilan ban ketika melaju kencang.


3. Meningkatkan pengendalian kemudi


Efek ganti velg ring besar pada roda kendaraan beroda empat yang ketiga ialah meningkatnya pengendalian kemudi. Salah satu alasan utamanya ialah alasannya meningkatnya daya cengkram ban terhadap jalan.

Peningkatan daya cengkram akhir memakai velg ring yang besar tentunya juga akan meningkatkan pengendalian kemudi terlebih untuk daya pengereman, baik pada ketika menikung ataupun ketika melaju diatas genangan air.


4. Bantingan suspensi lebih keras


Selain menawarkan imbas positif, memakai velg ring besar ternyata juga menawarkan imbas negatif,contohnya ialah bantingan suspensi menjadi lebih keras. Ya, velg ring besar tentunya akan memangkas diameter dalam ban kendaraan beroda empat yang berakibat ban menjadi lebih tipis. Akibatnya daya elastis maksimum pada ban standar akan berkurang sehingga menciptakan bantingan suspensi menjadi lebih keras.

Perlu diketahui dari beberapa info yang ombro kumpulkan bahwa ukuran maksimal yang tetap nyaman untuk digunkan harian dalam memperbesar ukuran velg ring ialah sebesar 1 inchi sampai 2 inchi saja. Misalnya velg standard ialah 15 inchi, maka maksimum perbesaran ring yang dianjurkan ialah 17 inchi.

Lewat ukuran tersebut, maka ban sanggup mentok ke fender atau shockbreaker ketika berbelok sehingga sanggup menjadikan problem lainnya.

Untuk tidak merubah diameter ban namun tetap sanggup memakai velg ring besar, maka satu-satunya cara ialah dengan mempertipis ukuran ban. Perhatikan pola perubahan diameter dalam ban pada gambar dibawah ini

Mengubah tampilan dan gaya kendaraan beroda empat yang paling simpel ialah dengan mengganti velg dengan u 7 Efek ganti velg ring besar pada roda mobil

Semakin besar ring velg yang dipakai maka semakin tipis diameter dalam ban. Nah, ban yang tipis inilah yang akan menciptakan bantingan suspensi menjadi lebih keras alasannya daya lenturnya yang bekurang.

Baca juga :


5. Lebih boros materi bakar


Efek ganti velg ring besar selanjutnya ialah kendaraan beroda empat menjadi lebih boros materi bakar. Hal ini terjadi alasannya velg ring besar mempunyai bobot yang lebih berat, selain itu alasannya daya cengkram terhadap jalan yang lebih luas, kondisi ini tentunya sanggup meningkatkan konsumsi materi bakar.

Bobot yang berat dan daya cengkram yang lebih berpengaruh tentunya menciptakan mesin membutuhkan tenaga ekstra semoga kendaraan beroda empat sanggup melaju. Tenaga ekstra yang dikeluarkan untuk semua itu pastinya akan menambah konsumsi materi bakar sehingga menciptakan kendaraan beroda empat menjadi lebih boros materi bakar.


6. Komponen power steering menjadi lebih cepat rusak


Efek ganti velg ring besar yang berikutnya ialah komponen power steering menjadi lebih cepat rusak terutama untuk yang memakai Electric Power Steering (EPS).

Dengan beban roda dan velg yang lebih berat, hal ini akan menciptakan motor power steering juga bekerja lebih berat sehingga terjadi penurunan usia pakai pada motor power steering.


7. Komponen suspensi lebih cepat rusak


Efek ganti velg ring besar yang terakhir ombro ketahui ialah komponen suspensi menjadi lebih cepat rusak. Ya, kendaraan beroda empat dengan velg ring besar lebih cocok dipakai hanya pada jalan aspal yang mulus dan rata sehingga beban kendaraan pada komponen suspensi menjadi tidak berlebihan.

Sedangkan, disatu sisi kita tidak sanggup menjamin bahwa kendaraan beroda empat akan terus melaju pada jalan aspal yang rata dan mulus. Tak jarang kita juga harus melaju diatas permukaan jalan yang kurang rata dan berlubang.

Ketika kendaraan beroda empat melaju dijalan yang kurang rata atau banyak lubangnya, maka beban pada komponen suspensi juga akan meningkat lebih besar dibanding kalau memakai velg dan ban standard.

Daya elastis dari ban yang berkurang serta kejutan yang lebih besar akan diterima oleh komponen suspensi secara berlebihan dan terus-menerus. Efeknya, komponen suspensi menjadi lebih cepat rusak

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil
Sumber http://bacabrosur.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "7 Efek Ganti Velg Ring Besar Pada Roda Mobil"

Posting Komentar