2 Jenis Bioteknologi Bagi Kehidupan Manusia

2 Jenis Bioteknologi bagi Kehidupan Manusia - Secara umum, bioteknologi dikelompokkan menjadi dua jenis, yakni:
  1. Bioteknologi konvensional (sederhana)
  2. Bioteknologi modern.
Bioteknologi konvensional memakai penerapan-penerapan biologi, biokimia, atau rekayasa masih dalam tingkat yang terbatas. Bioteknologi jenis ini belum memakai teknik rekayasa molekuler dengan tingkatan yang rumit dan terarah. Kalaupun memakai rekayasa molekuler,rekayasa tersebut belum sepenuhnya sanggup dikendalikan. Bioteknologi konvensional memakai jasad hidup sebagaimana apa adanya.

Bioteknologi modern telah memakai teknik rekayasa tingkat tinggi dan terarah sehingga risikonya sanggup dikendalikan dengan baik. Teknik yang sering dipakai ketika ini ialah dengan melaksanakan manipulasi genetik pada suatu jasad hidup secara terarah sehingga diperoleh hasil sesuai dengan yang diinginkan. Perkembangan bioteknologi modern tidak terlepas dari terkuaknya misteri struktur DNA.

Teknik manipulasi yang sering dipakai dalam bioteknologi modern ialah teknik manipulasi materi genetik (DNA) secara in vitro. In vitro, ialah proses biologi yang berlangsung dalam kondisi percobaan di luar sel atau organisme. Dengan teknik yang dikenal dengan DNA rekombinan atau rekayasa genetika, para ilmuwan sanggup menyambung molekul-molekul DNA dari jasad hidup yang berbeda menjadi suatu molekul DNA rekombinan. Rekayasa genetika telah menjadi tulang punggung dari bioteknolgi modern ketika ini (Yuwono, 2006: 2).

Berikut pola bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern. Contoh Penggunaan Teknik Konvensional dan Bioteknologi Modern dalam Praktik Pertanian.

Teknik Konvensional
  1. Budidaya tanaman: Penggunaan galur tumbuhan alami yang belum mengalami modifikasi genetik.
  2. Pengendalian hama dan penyakit: Penggunaan kuman Bacillus thuringiensis alami untuk pengendalian hama.
Bioteknologi Modern
  1. Budidaya tanaman: Budidaya tumbuhan transgenik yang membawa gen ketahanan terhadap
    herbisida.
  2. Pengendalian hama dan penyakit: Penggunaan galur tumbuhan transgenik yang membawa gen cry dari Bacillus thuringiensis.
Demikian 2 Jenis Bioteknologi bagi Kehidupan Manusia, agar bermanfaat.


Sumber http://kttsaraswati.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "2 Jenis Bioteknologi Bagi Kehidupan Manusia"

Posting Komentar