10 Manfaat Rumput Teki (Cyperus Rotundus) Untuk Kesehatan

Rumput teki telah usang dipakai dalam pengobatan tradisional di India dan China 10 Manfaat Rumput Teki (Cyperus rotundus) untuk Kesehatan
Rumput teki telah usang dipakai dalam pengobatan tradisional di India dan China.

Rumput teki (Cyperus rotundus) atau diluar negeri disebut sebagai nutgrass yaitu flora semak abadi yang tingginya bisa mencapai 140 cm. Batangnya tipis berwarna hijau gelap, daunnya panjang dan tajam. Batang bunganya mempunyai penampang segitiga. Tanaman ini aslinya berasal dari Afrika, Asia Selatan, Eropa tengah dan Selatan.


Rumput teki bukan hanya sekedar rumput atau gulma. Rumput ini telah dipakai untuk mengobati sejumlah penyakit dalam sistem pengobatan ayurveda (pengobatan tradisional India) dan di China. Di Pakistan dipakai untuk mengobati problem perut, sebagai diuretik dan stimulan serta meningkatkan fungsi sistem saraf. Rimpangnya sanggup menghasilkan minyak yang dipakai dalam industri parfum.


Kami pun menyediakan banyak sekali macam benih rumput lainnya disini.


Manfaat Rumput Teki (Cyperus rotundus) untuk Kesehatan


Rumput teki mengandung banyak senyawa kimia menyerupai minyak aromatik, alkaloid, mineral, vitamin, kalsium, fosfor, natrium, karbonat dan lain sebagainya. Dari kesemua kandungan tersebut mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.


Berikut manfaat dan khasiat rumput teki bagi kesehatan:


1. Mengobati penyakit kulit


Rumput teki telah usang dipakai dalam pengobatan tradisional di India dan China 10 Manfaat Rumput Teki (Cyperus rotundus) untuk Kesehatan
Daun dan akar dari rumput teki bisa mengobati banyak sekali macam penyakit kulit.

Rumput teki dipakai dalam mengobati penyakit kulit terkait menyerupai kudis, eksim, kutu air sampai panu. Tanaman ini bekerja dengan membantu mengurangi rasa gatal. Anda cukup merajang atau melumatkan daun rumput teki dan aplikasian pada kawasan yang terkena penyakit kulit.


2. Mengobati gejala sakit mata


Ekstrak dari akar rumput  teki bisa meringankan tanda-tanda mata konjungtivitis, untuk mengurangi rasa sakit dan kemerahan. 


Baca juga artikel mengenai Khasiat Daun Sirih Untuk Mata.


3. Merawat kulit


Rumput teki telah usang dipakai dalam pengobatan tradisional di India dan China 10 Manfaat Rumput Teki (Cyperus rotundus) untuk Kesehatan
Minyak esensial yang dihasilkan dari ektstrak akarnya dipercaya mampu merawat kecantikan kulit.

Extrapone yaitu formulasi khusus dari rumput teki yang dipakai untuk mencerahkan kulit dan telah banyak dipakai pada produk kecantikan. Akar rumput teki juga telah ditemukan mempunyai sifat anti-penuaan untuk kulit. Selain itu, ekstrak akar rumput teki juga bisa menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah.


4. Mengobati tanda-tanda PMS


Senyawa yang terdapat pada rumput teki bisa menormalkan gannguan pada payudara ketika menstruasi dan menjaga suhu tubuh tetap normal. Anda bisa menciptakan sendiri ramuan dari umbi rumput teki. Bilas dan bersihkan umbi rumput teki, lumatkan dan masukkan dalam panci berisi air sampai mendidih. Anda bisa meminum ramuan hasil rebusan tersebut.


5. Menyembuhkan luka


Daun rumput teki sanggup menyembuhkan luka luar dengan cepat. Anda bisa menumbuk daunnya sampai halus dan oleskan pada kawasan yang luka.


6.Menjaga sistem pencernaan


Rumput teki telah usang dipakai dalam pengobatan tradisional di India dan China 10 Manfaat Rumput Teki (Cyperus rotundus) untuk Kesehatan
Bubuk yang terbuat dari umbi rumput teki.

Rumput teki juga bisa diolah menjadi bubuk. Dengan mengonsumsi debu rumput teki bisa membunuh bakteri atau cacing dan melancarkan pencernaan. Obat herbal yang terbuat dari rumput teki bisa melancarkan buang air besar.


7. Mengobati diare


Menurut review yang diterbitkan pada tahun 2010 dalam “Journal of Ayurveda dan Integrative Medicine” para peneliti menemukan bahwa tikus yang diobati dengan rumput teki menghambat tanda-tanda diare sebanyak 46%.


8. Menurunkan berat badan


Rumput teki juga sanggup menghambat kenaikan berat badan. Sebuah studi pada tahun 2007, para peneliti memberikan beberapa ekstrak rumput teki selama 60 hari pada sekelompok tikus. Kelompok tikus ini mengalami penurunan yang signifikan pada berat badan.


Baca juga artikel mengenai Khasiat Jati Belanda Untuk Menurunkan Berat Badan.


9. Meredakan demam


Rumput teki dianggap sebagai ramuan terbaik untuk mengobati demam. Bila diterapkan pada tubuh, rumput teki bisa menginduksi keringat sehingga membantu menormalkan suhu tubuh. Anda cukup menghaluskan umbinya dan mencampurnya dengan sedikit air, kemudian kompreskan pada tubuh.


10. Mengobati gangguan mental


Akar dari rumput teki juga mempunyai kegunaan dalam mengobati penyakit mental, epilepsi dan psikosis.


Itulah beberapa manfaat rumpu teki bagi kesehatan tubuh dan kulit. Kaprikornus untuk memperoleh benih rumput lainnya, sanggup klik disini. Semoga artikel ini bermanfaat.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "10 Manfaat Rumput Teki (Cyperus Rotundus) Untuk Kesehatan"

Posting Komentar