√ Tips, Pola Dan Cara Menciptakan Surat Lamaran Kerja

Tujuan dari pembuatan contoh surat lamaran kerja ini tak lain lagi yakni untuk dijadikan sebagai rujukan bagi kau yang sedang mencari panduan untuk menciptakan surat lamaran kerja.


Ada berbagai rujukan yang sanggup saja kau baca di internet ini, salah satunya yakni pola / cara menciptakan surat lamaran kerja. Baik untuk melamar jadi PNS maupun ke perusahaan-perusahaan lainnya.


Contoh surat lamaran kerja yang ditulis pada artikel ini sudah dibentuk dengan format dan struktur penulisan surat lamaran kerja yang sopan guna untuk menarik simpati perusahaan yang kau inginkan.


Namun, sebelum kita lanjut ke pola surat lamaran kerja, ada baiknya kita bahas dulu mengenai tips dan trik serta kiteria apa saja yang dibutuhkan biar surat lamaran kerja yang kau buat terkesan baik dan sopan.


Karena bagaimanapun juga, surat lamaran kerja yang kau kirimkan yakni proses awal yang sangat memilih nasib kau selanjutnya. Apakah kau layak untuk diterima atau tidak?


Sehingga, sebelum kau memutuskan untuk menciptakan surat lamaran kerja, ada baiknya kau pelajari terlebih dulu cara menciptakan lamaran kerja yang akan kita bahas di bawah ini.


Cara menciptakan surat lamaran kerja.


Sebelumnya kau harus mengerti struktur surat lamaran kerja yang baik dan sopan itu menyerupai apa? Jika belum tahu sanggup kau simak struktur penulisan ini.



  • Tempat dan tanggal penulisan surat

  • Perusahaan yang dituju

  • Salam hormat

  • Biodata pribadi

  • Pengalaman kerja dan skill (Kalau ada)

  • Harapan

  • Penutup


Selain itu, kau juga harus perhatikan beberapa hal di bawah ini (Tips menciptakan surat lamaran kerja)



  • Menggunakan bahasa yang baik dan benar serta santun

  • Format penulisan tersusun rapi dengan bahasa yang praktis atau tidak bertele-tele

  • Surat lamaran kerja seharusnya ditulis secara manual (Tangan) dan kau sendiri yang menulisnya

  • Lengkapi data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan yang kau tuju

  • Lampirkan surat pendukung lainnya, menyerupai akta keahlian ataupun pengalaman kerja


Contoh surat lamaran kerja


Surabaya, 07 Desember 2015


Yth:

HRD PT. Indonesia Raya

Jl. Soekarno-Hatta No. 18, Surabaya


Perihal: Surat lamaran kerja


Dengan hormat


Berdasarkan gosip dari media cetak (Sebutkan media) wacana lowongan pekerjaan di perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini aku ingin mengajukan diri mengisi posisi yang dibutuhkan ketika ini (Sebutkan salah satu posisi kalau yang dibutuhkan banyak posisi). Saya yang bertanda tangan di bawah ini.


Nama : Bambang Prayitno

Tempat/Tanggal Lahir : Surabaya, 11 Agustus 1989

Pendidikan : Sekolah Menengah kejuruan Farmasi Bina Sejahtera

Alamat : Jl. Basuki Rachmat No. 09, Kerek, Tuban

Telepon : 085765432100


Untuk melengkapi beberapa data yang dibutuhkan sebagai materi pertimbangan bapak/ibu diwaktu yang akan datang. Bersama ini aku lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut:


1. Pas photo


2. Foto copy KTP


3. Daftar riwayat hidup


4. Foto copy ijazah terakhir


5. Foto copy akta kompetensi


6. Foto copy akta PKL


Demikian surat lamaran ini aku buat dengan sebetulnya dan atas perhatian serta budi bapak/ibu, aku ucapkan banyak terima kasih.


Hormat saya


Bambang Prayitno


 


Contoh surat lamaran pekerjaan


Surabaya, 07 Desember 2015


Yth:

HRD PT. Indonesia Raya


Dengan hormat


Saya yang bertanda tangan di bawah ini:


Saya : Ahmad Bashori

Tempat, Tgl. Lahir : Jakarta, 23 Januari 1984

Alamat : Jl. Tantular No. 87, Renon, Denpasar

Telepon : 081234567890

Pendidikan : S2 Teknik Industri


Dengan surat lamaran ini aku ingin mengajukan diri untuk menjadi bab dari perusahaan yang bapak/ibu pimpin sebagai Project Manager.


Saya mempunyai pengalaman kerja sebagai project manager di beberapa perusahaan terkemuka di Jakarta. Dengan surat lamaran ini aku siap untuk menunjukkan pengabdian dan kompetensi baik waktu dan tenaga aku apabila dibutuhkan dan sangat besar impian aku untuk mendapat kesempatan wawancara maupun tes lainnya.


Sebagai materi pertimbangan, berikut aku lampirkan surat:


1. Daftar riwayat hidup


2. Foto copy ijazah


3. Foto copy sertifikat


4. Foto copy KTP


5. Foto copy transkrip nilai


6. Pas photo terbaru


7. Surat pengalaman kerja


Demikian surat lamaran ini, atas perhatian dan kesempatannya sata ucapkan banyak terima kasih.


Hormat saya


Ahmad Bashori


 


Catatan penting:


Dalam beberapa kesempatan aku sering melihat iklan lowongan kerja dalam bebagai bentuk yang hanya tertera dan ditujukan kepada para calon karyawan untuk mengirimkan CV lamaran kerja.


Perlu kau ketahui, sebetulnya CV (Curriculum Vitae / daftar riwayat hidup) merupakan lampiran kelengkapan yang disertakan dalam surat lamaran kerja beserta kelengkapan lainnya yang sudah kita bahas di atas.


Dari sekian banyak panduan, tips dan tril dalam menulis surat lamaran kerja, secara garis besar terdapat beberapa hal yang haru kau perhatikan ketika menciptakan surat lamaran kerja, baik untuk PNS maupun instansi lainnya.


Pembuatan surat lamaran kerja sangatlah bergantung dari daerah kau melamar kerja, apakah itu swasta, pemerintahan atau BUMN.


Dalam menulisnya sendiri kita sanggup memakai goresan pena tangan maupun komputer, namun menurut gosip dari dinas ketenagakerjaan dijelaskan bahwa kalau ingin melamar kerja sanggup ditulis tangan maupun diketik. Tapi, untuk melamar jadi PNS haarus ditulis tangan.


Demikian beberapa pola dan tips mengenai cara menciptakan surat lamaran kerja. Semoga usahamu membuahkan hasil dan diterima di perusahaan yang kau harapkan.



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Tips, Pola Dan Cara Menciptakan Surat Lamaran Kerja"

Posting Komentar