Tipe-Tipe Budaya Politik

Tipe-tipe budaya politik yang sering diajarkan terdiri dari; budaya politik parokial, budaya politik subjek dan budaya politik partisipan. Ketiganya dibedakan berdasarkan karakteristik masyarakatnya serta level kepeduliannya pada jalannya politik-pemerintahan.


Baca juga: Pengertian Budaya







Perbedaan tipe-tipe budaya politik yang diklasifikasikan menjadi tiga jenis di atas merupakan perbedaan dalam bentuk yang paling umum. Kita akan membahas ketiganya secara padat dan ringkas. Tetapi terlebih dahulu kita harus pahami apa itu budaya politik.


Budaya politik merupakan sikap dan orientasi warga suatu negara terhadap pelaksanan pemerintahan negara dan sistem perpolitikannya. Termasuk bisa juga drama politik yang terjadi di dalamnya.


Dengan pengertian tersebut kita bisa pahami bahwa budaya politik merupakan sikap warga negara, bukan tindakan faktual yang dilakukannya. Dengan istilah lain, kita bisa gunakan kepedualian atau kesadaran warga untuk konsen pada isu-isu politik. Adapun tindakan politik menyerupai voting ketika pemilu, misalnya, tidak bisa kita pahami sebagai budaya politik meskipun saling berkaitan erat.


Baca juga Budaya Politik: Pengertian dan Contohnya






Tipe-tipe budaya politik


Berikutnya kita eksklusif menuju pada klarifikasi ihwal tipe-tipe budaya politik.


◊ Budaya politik parokial


Tipe budaya politik parokial mengatakan sikap dan orientasi warga terhadap informasi politik dan keseluruhan objek perpolitikan yang rendah. Biasanya budaya politik ini muncul pada masyarakat dengan wilayah yang kecil dan tradisional. Rendahnya orientasi politik warga ditandai dengan sikap warga yang cenderung tidak minat untuk membicarakan soal politik.


Dalam budaya politik parokial, masyarakat warga cenderung nrimo keadaan atau nasibnya. Kultur ini biasanya diekspresikan dalam kehidupan masyarakat yang tradisional dimana nilai-nilai budaya-transendental masih kuat. Kondisi hidup, berdasarkan kultur ini tidak lepas dari garis takdir yang sudah ditetapkan.


Adapun ciri-ciri tipe budaya politik parokial:



  • Warga tidak berharap banyak pada politisi dan sistem politik dimana mereka tinggal.

  • Warga cenderung tidak minat pada objek-objek politik kecuali yang secara eksklusif bersentuhan dengannya.

  • Warga cenderung tidak mempunyai kesadaran akan adanya kewenangan yang berpusat dalam pucuk pimpinan birokrasi.

  • Warga tidak mengatakan tugas politik yang khusus, melainkan dilakukan bersamaan dengan tugas ekonomi, keagamaan, sosial, dan sebagainya.

  • Warga cenderung mempraktikkan kekerabatan sosial yang tradisional.


Baca juga Hubungan Sosial: Deifnisi dan Contohnya






◊ Budaya politik subjek


Tipe budaya politik subjek mempunyai karakteristik yang cukup unik. Warga dengan tipe budaya politik ini cenderung patuh pada pejabat pemerintahan atau politisi namun tidak secara aktif terlibat mengawasi, mengontrol, dan mengawal kekuasaan. Dengan katan lain, warga tidak berpartisipasi aktif dalam proses politik namun mengafirmasi adanya otoritas pemimpin politik.


Bersikap pasif merupakan karakteristik utama masyarakat dengan tipe budaya ini. Mayarakat komunal yang gres dikenalkan dengan sistem politik modern, menyerupai voting dalam menentukan pemimpin, misalnya, biasanya mengekspresikan tipe budaya ini.


Adapun ciri-ciri tipe budaya politik subjek:



  • Warga mempunyai kesadaran akan adanya pemimpin politik dan otoritas pemerintahan dimana mereka tinggal namun bersikap pasif.

  • Warga cenderung golput dalam pemilu namun tetap tunduk pada keputusan pemimpin terpilih.

  • Warga mendapatkan putusan politik tanpa kritik dan koreksi.

  • Warga tidak banyak komplain terhadap keputusan politik yang berdampak pada kehidupannya.

  • Ketidakmampuan warga untuk berpartisipasi aktif bukan sepenuhnya alasannya ialah pilihan, namun alasannya ialah kultur untuk bertindak yang masih rendah.


tipe budaya politik yang sering diajarkan terdiri dari Tipe-Tipe Budaya Politik


◊ Tipe budaya politik partisipan


Tipe budaya politik ini mempunyai tingkat partisipasi yang paling tinggi bila dibanding dua budaya politik lainnya. Budaya politik partisipan merupakan budaya yang berprinsip bahwa seluruh warga menyadari posisinya dan proporsinya sebagai bab dari sistem politik dan pemerintahan. Kesadaran ini berlanjut pada sikap aktif warga untuk mengontrol, mengawal dan mengkritik setiap kebijakan dan keputusan politik yang dilakukan oleh pemerintahnya.


Karakteristik utama budaya politik ini ialah adanya tingkat partisipasi warga yang cukup tinggi dalam berpolitik. Sebagai contoh, warga tiba ke TPS untuk mencoblos. Di warung kopi, mereka membicarakan biaya hidup yang makin naik alasannya ialah ketidakbecusan pemerintah kini mengelola ekonomi, dan sebagainya. Tipe budaya ini biasanya tampak pada masyarakat urban yang modern dan demokratis.


Baca juga: Pengertian Demokrasi







Adapun ciri-ciri tipe budaya politik partisipan:



  • Warga mempunyai kesadaran akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara dan memakai hak dan kewajiban tersebut.

  • Warga dengan penuh kesadaran mendapatkan atau menolak keputusan politik yang dibentuk oleh otoritas pemerintah.

  • Warga mempunyai loyalitas yang kritis terhadap pemerintah.

  • Warga cenderung tidak mau begitu saja tunduk pada keadaan.

  • Warga berpartisipasi aktif dalam pemilu dan kerap berperan menyerupai pelopor pasca pemilu.


Baca juga: Sistem Pemerintahan Indonesia



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tipe-Tipe Budaya Politik"

Posting Komentar