Tanaman Alang-Alang Sebagai Obat Tradisional

alang yang seringkali dianggap sebagai gulma ini ternyata mempunyai manfaat luar biasa bagi Tanaman Alang-Alang Sebagai Obat Tradisional
Tanaman alang-alang yang seringkali dianggap sebagai gulma ini ternyata mempunyai manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Tahukah Anda bahwa tanaman alang-alang mempunyai manfaat yang baik sebagai obat tradisional? Sebenarnya masih belum banyak yang mengetahui khasiat dari alang-alang ini, pasalnya di tempat pertanian saja alang-alang masih dianggap sebagai gulma. Alang-alang di tempat pertanian biasanya dimusnahkan lantaran dianggap mengganggu tumbuhan lain yang sedang ditanam. Padahal, alang-alang yang tumbuh liar itu sanggup menawarkan imbas postitif juga pada tanah yang sedang ditanam, yaitu untuk mencegah abrasi dan akarnya sanggup menahan tanah ketika animo hujan datang.


Tanaman dengan nama ilmiah Imperata cylindrica ini ialah sejenis rumput yang tumbuh tegak ke atas. Di ujung tanamannya terdapat bunga berwarna putih. Alang-alang hidup di tempat yang banyak terkena sinar matahari langsung. Sebenarnya kalau alang-alang dibakar petani, alang-alang tersebut akan tumbuh kembali, alasannya akarnya tidak ikut terbakar. Alang-alang sanggup tumbuh dengan cepat.


Baca juga: Khasiat Buah Ciplukan Sebagai Obat Tradisonal


Manfaat Alang-alang untuk Kesehatan Tubuh


Alang-alang yang dikonsumsi mempunyai rasa sejuk, sama menyerupai ketika kita mengonsumsi semangka atau timun. Berbagai kandungan di dalamnya membentuk sifat antipiretik yang berfungsi untuk menurunkan panas. Alang-alang pun mempunyai sifat diuretik yang sanggup meluruhkan kemih serta menghilangkan rasa haus.


Berikut manfaat alang-alang yang berhasil kami sadur dari banyak sekali sumber:


1. Alang-alang sebagai obat panas dalam


alang yang seringkali dianggap sebagai gulma ini ternyata mempunyai manfaat luar biasa bagi Tanaman Alang-Alang Sebagai Obat Tradisional
Akar alang-alang yang sudah kering sanggup dipakai untuk mengobati panas dalam.

Manfaat alang-alang bagi kesehatan yang paling populer ialah mengobati panas dalam. Bahkan kini sudah banyak produk minuman dijual bebas yang sudah menambahkan alang-alang ke dalam komposisinya. Namun, Anda jangan khawatir. Anda pun sanggup menciptakan sendiri ramuan alang-alang ini. Caranya ialah dengan mencuci akar/umbi alang-alang hingga bersih. Jemurlah hingga kering, atau sanggup juga dipanggang di dalam oven. Jika sudah kering, tumbuklah hingga menjadi serbuk. Nah, serbuk alang-alang itulah yang sanggup diseduh dengan air panas, tambahkan madu kalau perlu dan siap diminum.


2. Alang-alang sebagai obat mimisan


Mimisan sanggup diobati dengan alang-alang. Caranya basuh higienis akar alang-alang. Tumbuklah hingga memar dan berair. Peras hingga hanya tersisa airnya. Setelah itu minumlah air sari dari alang-alang segar tersebut.


3. Alang-alang sebagai obat sakit ginjal


alang yang seringkali dianggap sebagai gulma ini ternyata mempunyai manfaat luar biasa bagi Tanaman Alang-Alang Sebagai Obat Tradisional
Ramuan air rebusan akar alang-alang sanggup dipakai untuk mengobati sakit ginjal.

Jika Anda mengalami sakit ginjal, cobalah untuk memakai alang-alang sebagai obat tradisional. Caranya ialah dengan mencuci higienis 120 gram alang-alang segar, kemudian rebus di dalam tiga gelas air. Tunggu hingga mendidih dan hanya tersisisa satu gelas saja. Minumlah ramuan tersebut sebanyak dua kali sehari setiap pagi dan sore secara rutin.


4. Alang-alang sebagai obat kencing darah, kencing manis, dan muntah darah


Manfaat lain dari alang-alang ini ialah mengobati kencing darah dan kencing manis. Cucilah 100 gram akar alang-alang segar, kemudian potong kecil. Rebus kepingan kecil akar alang-alang itu dengan dua gelas air, hingga tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan yang telah higienis dari ampasnya tersebut secara rutin dua kali sehari.


Selain kencing berdarah, muntah berdarah pun sanggup diobati dengan mengonsumsi alang-alang. Anda hanya perlu mencuci higienis sekitar 60 akar alang-alang, kemudian potonglah menjadi bentuk yang jauh lebih kecil. Rebuslah kepingan akar alang-alang tersebut ke dalam tiga gelas air, hingga tersisa satu gelas saja. Saringlah ramuan tersebut sebelum meminumnya.


5. Berbagai manfaat lain dari alang-alang


alang yang seringkali dianggap sebagai gulma ini ternyata mempunyai manfaat luar biasa bagi Tanaman Alang-Alang Sebagai Obat Tradisional
Bubuk akar alang-alang telah banyak diperjualbelikan lantaran keuntungannya dalam pengobatan tradisional.

Ternyata tidak hanya itu, alang-alang pun sanggup menyembuhkan jerawat ginjal; mengobati kerikil ginjal; mengobati kencing batu; menghancurkan kerikil empedu; mengobati keputihan; menyehatkan prostat; menyembuhkan diare dan gangguan pencernaan lain; mengobati campak; menyembuhkan asma; menurunkan tekanan darah tinggi; mengobati pendarahan; menyembuhkan demam; mengobati hepatitis; menyembuhkan radang hati; mengobati batuk.


Sekian isu mengenai manfaat alang-alang sebagai obat tradisional. Kami juga menyediakan tanaman alang-alang untuk Anda tanam di rumah. Semoga isu ini bermanfaat bagi Anda.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tanaman Alang-Alang Sebagai Obat Tradisional"

Posting Komentar