Strategi Pembelajaran Scaffolding Imwr

Strategi Scaffolding IMWR (Inspiring-Modeling-Writing-Reporting) merupakan taktik pembelajaran yang dikembangkan guna melengkapi taktik scaffolding sebelumnya dengan menambahkan langkag inspiring. Scaffolding merupakan memperlihatkan siswa dengan banyak pemberian selama tahap awal pembelajaran dan lalu mengurangi pemberian tersebut, sehabis siswa bisa mengambil tanggung jawab yang diberikan secara mandiri. Langkah ide sangat penting bagi siswa dalam pembelajaran, alasannya langkah ini sanggup membantu siswa menghubungkan antara pengalaman atau pengetahuan sebelumnya dengan bahan atau keterampilan yang akan dipelajari. Siswa diperlukan bisa mengkonstruk pengetahuannya dengan menambahkan langkah inspiring ini. Menginspirasi merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh seorang pendidik, alasannya dengan menginspirasi siswa akan melaksanakan proses berpikir untuk menghubungkan pengalaman atau pemahaman awalnya. Inspiring mempunyai tujuan untuk mendorong atau menggalai rasa ingin tahu siswa, sehingga terdorong untuk mempelajari bahan yang akan dipelajari.

Strategi IMWR ini dipakai untuk melatih keterampilan yang merupakan langkah pendekatan sainstifik dengan cara menginspirasi siswa untuk mencar ilmu konsep dan keterampilan menemukan konsep. Guru akan memodelkan (modelling) keterampilan tersebut jikalau siswa belum bisa melakukannya, serta memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk menggandakan keterampilan yang telah dimodelkan, yang lalu dilanjutkan dengan mengomunikasikan keterampilan yang telah dilakukan untuk menemukan konsep. Pada acara mengomunikasikan ini, siswa diminta untuk menulis (writing) apa yang telah dimodelkan oleh guru, sebagai wujud hasil belajar. Setelah siswa menuliskannya, lalu siswa diminta untuk melaporkan (reporting), hal ini bertujuan untuk mendorong keterampilan komunikasi secara verbal dan interaksi sosial.


Tulisan ini merupakan review dari ringkasan disertasi Nur Wakhidah yang berjudul “Strategi Scaffolding Inspiring-Modelling-Writing-Reporting (IMWR) Dalam Menerapkan Pendekatan Sainstifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep”, pada sidang terbuka Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya, Kamis, 8 Desember 2016. 

Sumber http://blogeulum.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Strategi Pembelajaran Scaffolding Imwr"

Posting Komentar