Sosiologi Agama: Pengertian, Teori Pola Studi

Sosiologi agama merupakan sub disiplin sosiologi yang mempelajari korelasi antara agama dan masyarakat. Agama telah hidup usang bahkan semenjak atau mungkin sebelum masyarakat itu eksis. Melalui inovasi simbol-simbol dan tradisi keagamaan, agama secara ilmiah diklaim sudah ada di peradaban kuno dan masih ada hingga dikala ini.


Agama sebagai salah satu elemen yang erat sekali dengan masyarakat menarik perhatian para pembelajar sosiologi yang notabene membelajari keseluruhan elemen kehidupan masyarakat. Postingan ini akan menjelaskan secara singkat wacana apa itu sosiologi agama, ruang lingkupnya, pola studinya, dan teori-teorinya yang sanggup diaplikasikan dalam mempelajari sosiologi agama.







Baca juga: Definisi Sosiologi


Pengertian sosiologi agama


Sebagaimana telah disinggung di paragraf awal, sosiologi agama merupakan salah satu sub disiplin dalam sosiologi. Sub disiplin ini fokus mengkaji fenomena sosial yang berkaitan dengan kekerabatan antara agama dan masyarakat.


Dalam sosiologi, agama bisa dilihat sebagai sistem keyakinan atau insititusi sosial. Sebagai sistem keyakinan, agama menghipnotis atau bahkan memilih bagaimana orang berpikir, bertindak dan berperilaku. Sedangkan sebagai insitusi sosial, agama merupakan seperangkat norma, nilai dan hukum yang membentuk pola tindakan sehingga terorganisir dan berkembang secara dinamis dalam rentang historis tertentu.


Sosiologi agama merupakan sub disiplin sosiologi yang mempelajari korelasi antara agama da Sosiologi Agama: Pengertian, Teori  Contoh Studi


Perlu dicatat di sini bahwa sub disiplin ini tidak menaruh perhatian yang khusus pada apa yang diyakini orang wacana agamanya. Namun fokus perhatian lebih diarahkan pada bagaimana agama menghipnotis kehidupannya dan bagaimana seseorang atau masyarakat memberi makna, tafsir, dan memahami agamanya dalam konteks sosial dan kultural yang spesifik.


Untuk memahami secara lebih detail wacana sosiologi agama, kita perlu menyinggung sedikit wacana ruang lingkup atau objek kajiannya. Apa saja yang dipelajari oleh sub disiplin ini?







Baca juga Sosiologi Budaya: Definisi, Ruang Lingkup & Teorinya


Ruang lingkup sosiologi agama


Pembelajar sosiologi bisa mengajukan pertanyaan penelitian berikut untuk memahami apa saja objek kajian sub disiplin ini:


Bagaimana institusi religius dibuat dan diorganisir?


Bagaimana agama menghipnotis proses perubahan sosial di masyarakat?


Bagaimana agama menghipnotis institusi sosial lain menyerupai ekonomi, pendidikan, budaya, gender dan sebagainya?


Bagaimana sistem keyakinan yang dianut seseorang menghipnotis perilakunya?


Berbagai pertanyaan lain bisa diajukan selama berkaitan dengan agama baik sebagai sistem keyakinan atau pun institusi sosial. Banyaknya pertanyaan yang bisa diajukan mengatakan bahwa sosiologi agama mempunyai ruang lingkup kajian yang cukup luas.


Dari pertanyaan yang diajukan di atas, kita bisa indentifikasi bahwa sub disiplin sosiologi ini mengkaji kekerabatan atau imbas agama terhadap perubahan sosial, insitusi sosial, tindakan sosial dan sikap sosial dan sebaliknya.


Di periode kontemporer menyerupai kini ini, agama menjadi area diskusi yang hangat diperbincangkan. Perspektif sosiologi tak jarang ikut berkontribusi dalam menangkap dan mengulas fenomena kontemporer yang lekat dengan isu-isu keagamaan secara kritis.







Baca juga Masyarakat Madani: Pengertian dan Contohnya


Contoh studi sosiologi agama


Berikutnya saya akan paparkan beberapa pola studi yang relevan dalam kajian sosiologi agama. Contoh yang akan saya berikan ini menurut pada pengamatan pada berita-berita yang sering muncul ke permukaan lewat media.


Pertama, studi wacana keislaman dan keindonesiaan. Maraknya isu diskriminasi terhadap kaum muslim yang dianggap kearab-araban memantik munculnya pertanyaan apakah mungkin untuk menjadi seorang muslim sekaligus menjadi orang Indonesia yang pancasilais?


Kedua, studi wacana t3r0risme dan radikalisme. Cover media mainstream yang secara global dan nasional sering menyudutkan Islam berdampak pada terciptanya stereotype bahwa Islam ialah agama t3r0ris dan kaum muslim ialah kaum radikal. Miskonsepsi semacam itu harus diluruskan. Salah satunya melalui studi kritis yang objektif dalam mendefinisikan teorisme dan radikalisme.


Ketiga, studi wacana konsepsi jihad. Jihad merupakan salah satu istilah yang kini mengalami misinterpretasi makna sehingga dipahami jauh dari arti sebenarnya. Studi sosiologis melihat jihad tak lepas dari bagaimana istilah tersebut diinterpretasikan oleh kelompok tertentu dalam periode waktu tertentu dengan tujuan tertentu.


Ketiga pola studi tersebut hanyalah sebagian kecil studi kontemporer yang kini muncul dalam banyak kajian sosiologi agama. Di masa lalu, para dedengkot sosiologi menyerupai Emile Durkheim dan Max Weber telah melaksanakan studi ekstensif yang sering menjadi referensi pokok berkembangknya sub disiplin ini.


Durkheim melaksanakan studi wacana imbas agama dalam membuat integrasi dan kohesitivas sosial dalam ”Elementary Forms of Religious Life”. Weber meneliti hening bagaimana agama melalui asketisme menghipnotis terciptanya spirit kapitalisme dalam ”The Protestant Ethic and The Spirit of Capitalism”.







Baca juga Ekonomi Islam: Definisi, Prinsip dan Contohnya


Teori-teori sosiologi agama


Berikutnya kita akan bahas beberapa teori besar yang sering dipakai dalam mengkaji agama secara sosiologis.



  • Teori fungsionalisme struktural


Teori ini melihat agama sebagai entitas perekat korelasi sosial. Melalui tradisi yang dipraktikkan secara reguler oleh penganutnya, agama merupakan sebuah kekuatan besar yang membentuk keyakinan kolektif. Keyakinan kolektif ini dipraktikkan melalui tradisi dan bisa meningkatkan potensi solidaritas sosial dan integrasi sosial masyarakat yang menganutnya.



  • Teori weberian


Teori ini melihat agama sebagai institusi sosial yang menghipnotis insitusi sosial lain menyerupai pendidikan dan ekonomi. Max Weber melaksanakan studi wacana bagaimana sistem keyakin yang dianut seseorang menjadi kerangka dasar anutan untuk membuat kekayaan dan kesejahteraan ekonomi.



  • Teori konflik


Teori ini menerima ide dari Karl Marx. Marx melihat agama sebagai instrumen yang dimanfaatkan oleh kelas elit terhadap kelas lain di bawahnya. Agama secara kritis dilihat oleh Marx sebagai alat ideologis penguasa untuk membuatkan kepercayaan pembenaran atas eskploitasi yang dilakukannya terhadap rakyat banyak.



  • Teori interaksi simbolik


Teori ini memandang bahwa perbedaan agama muncul dalam masyarakat yang berbeda dengan konteks historis yang berbeda. Perbedaan tersebut tidak lain alasannya dipengaruhi oleh perbedaan interpretasi yang membentuk makna yang berbeda di tiap-tiap agama. Dari perspektif ini, teks sakral agama-agama tidak lagi dilihat sebagai kebenaran mutlak, namun hasil interpretasi yang historikal dan kontekstual.


Baca juga Sosiologi: Sebuah Pengantar Singkat



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Sosiologi Agama: Pengertian, Teori Pola Studi"

Posting Komentar