√ 10 Cara Ini Bisa Meningkatkan Kecepatan Koneksi Wifi

Koneksi nirkable atau yang sering disebut dengan WiFi sedang jelek, maka akan menciptakan kita jadi merasa tertekan dan lain sebagainya. Terutama ketika internet telah menjadi bab dari kehidupan sehari-hari, baik untuk hiburan hingga soal pekerjaan.


Namun tidak usah khawatir ataupun panik bila suatu ketika koneksi WiFi di kantor maupun di rumah mendadak jadi lemot. Hal pertama yang harus kita lakukan ialah mengecek keadaan router yang kita gunakan.


Dikarenakan, mulai dari pengaturan hingga posisi router sanggup besar lengan berkuasa pada cantik atau tidaknya kualitas sinyal WiFi.


Ketika sedang mengecek router, tetapi pastikan kita mau melaksanakan 10 langkah sederhana berikut ini.


1. Cek keadaan/posisi router


Mengecek keadaan ataupun posisi router terkesan menyerupai hal yang sepele. Padahal hal tersebut efeknya sanggup sangat besar. Karena cara kerja dari router tersebut ialah mengirimkan sinyal ke semua arah.


Oleh alasannya itu, letakkan router pada posisi yang strategis, misalkan di tengah-tengah ruangan.


Jika router kita letakkan di samping jendela, maka akan ada sinyal yang dikirimkan ke arah luar. Hal tersebut akan menciptakan WiFi menjadi sia-sia dan tidak sanggup menjangkau seluruh bab ruangan.


2. Jangan letakkan router di lantai


Letakkan router pada tempat/posisi yang tinggi, misalkan lemari atau meja. Jika posisi router berada pada daerah yang lebih tinggi akan menguntungkan, dikarenakan router tersebut dirancang untuk mengirimkan sinyal ke arah bawah.


Selain itu, lantai juga mengandung materi semen, beton maupun logam yang sangat sulit ditembus oleh sinyal WiFi.


3. Letakkan router di daerah tertentu


Sinyal WiFi akan terpancar dengan lebih kuat di dalam ruangan daerah di mana kita menyimpan router tersebut. Oleh alasannya itu, sebaiknya kita meletakkan router tersebut di dalam ruangan yang sering kita gunakan sebagai ruang kerja.


4. Pilih daerah yang terbuka


Ada banyak hal ataupun materi yang sanggup menyerap sinyal router yang sanggup mengurangi kinerjanya. Untuk menjaga supaya kinerja sinyal WiFi tetap maksimal, sebaiknya jangan kita letakkan router di antara mebel yang berukuran besar serta dinding, ataupun di dalam lemari.


Carilah posisi yang bebas dari himpitan dan sanggup menciptakan router tersebut sanggup dilihat dari arah manapun.


5. Jauhkan dari benda elektronik lain


Jauhkan router kita dari benda elektronik lainnya, misalkan microwave, televisi, serta telepon nirkabel. Benda apapun yang sanggup menghasilkan sinyal elektromagnetik akan mengganggu dan melemahkan kinerja dari sinyal WiFi.


6. Atur antena router biar berdiri


Atur antena router supaya berada di posisi vertikal. Dengan posisi tersebut akan menciptakan sinyal menjadi terpancar secara horizontal sehingga sinyal WiFi akan lebih gampang menjangkau seluruh bab dari ruangan.


7. Periksa kekuatan sinyal WiFi


Ada beberapa aplikasi yang sanggup kita gunakan dalam hal ini, menyerupai Cloudcheck atau Amped. Ketika sedang mengecek sinyal, kita sanggup memetakan bab mana saja yang akan mendapatkan sinyal paling kuat dan mana yang mendapatkan sinyal paling lemah.


8. Atur perangkat lunak router


Kita juga sanggup mempercepat jaringan WiFi dengan memasukkan beberapa pengaturan tertentu pada perangkat lunak router. Akses menuju perangkat lunak ini sanggup kita buka melalui IP address khusus.


Kita sanggup mengecek IP tersebut pada bab bawah dari router atau pada buku panduan yang disertakan di dalamnya.


Setelah kita masuk ke dalam sajian pengaturan, ubah channel frekuensi dari router tersebut. Biasanya terdapat 14 channel yang sanggup kita pilih.


Channel yang paling cantik biasanya ialah 1, 6, dan 11. Channel tersebut lebih cenderung minim akan gangguan alasannya jarang sekali bersinggungan dengan channel yang dipakai oleh orang lain.


Selain memakai pengaturan channel, cek juga pembaruan firmware. Biasanya dari pihak pembuat router akan mengeluarkan pembaruan firmware untuk memperbaiki kinerja dari perangkatnya.


9. Lakukan speed test


Lakukan speed test guna untuk mengetahui letak duduk perkara dari koneksi WiFi kita. Pertama-tama cobalah hal tersebut melaksanakan koneksi pada WiFi, kemudian lakukan hal yang serupa dengan memakai koneksi kabel LAN.


Jika kedua hal tersebut sama-sama jelek, berarti duduk perkara utamanya ada pada penyedia layanan internet sedang kita gunakan.


10. Beli router baru


Ini merupakan jalan terakhir yang harus kita lakukan bila semua cara di atas sudah kita coba namun tetap tidak ada hasil yang memuaskan.



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ 10 Cara Ini Bisa Meningkatkan Kecepatan Koneksi Wifi"

Posting Komentar