Slide Bahan Lingkungan Dan Tripusat Pendidikan

Lingkungan Pendidikan merupakan latar daerah berlangsungnya pendidikan. Melalui lingkungan pendidikan ini akseptor didik sanggup berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Terdapat tiga lingkungan utama pendidikan yang sering dikenal dengan istilah “Tripusat Pendidikan” yaitu Keluarga, Sekolah dan Masyarakat.

1. Keluarga
Keluarga merupakan lingkungan pertama yang dijumpai oleh akseptor didik, terutama kedua orang bau tanah akseptor didik tersebut. Melalui keluarga ini, abjad atau kepribadian akseptor didik terbentuk. Orang bau tanah atau keluarga memegang tugas vital dalam perkembangan akseptor didik. Ki Hajar Dewantara menyampaikan bahwa “peran orang bau tanah dalam keluarga sebagai penuntun, pengajar dan pemberi contoh”.

Orang bau tanah harus sanggup menawarkan pola yang baik kepada anak-anaknya, semoga kepribadian akseptor didik terbentuk dengan baik pula. Selain pembentukan kepribadian, orang bau tanah juga memiliki tugas untuk menawarkan pendidikan sosial kepada anaknya, menyerupai bagaimana bergaul dengan tetangga, menyebarkan dengan sesama, dan sebagainya.

Pada anak usia wajib belajar, orang bau tanah berkewajiban menawarkan bekal pendidikan dasar kepada anaknya. Hal ini dikemukakan dalam UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 7 Ayat 2 bahwa “Orang bau tanah dari anak usia wajib belajar, berkewajiban menawarkan pendidikan dasar kepada anaknya”.

2. Sekolah
Lingkungan pendidikan kedua yaitu sekolah yang menjadi sentra pendidikan untuk menyiapkan insan Indonesia sebagai individu masyarakat, warga negara dan warga dunia di masa depan. Di Sekolah, akseptor didik diberikan bekal untuk menjadi insan yang sanggup memainkan tugas dalam masyarakat.

Kelanjutan bahan ini ditampilkan dalam screenshot berikut ini:




File bahan ini secara utuh sanggup di-request via email iro.maruto@gmail.com

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Slide Bahan Lingkungan Dan Tripusat Pendidikan"

Posting Komentar