Peta Ini Menunjukkan Seberapa Jauh Kita Mengeksplorasi Galaksi Kita

Peta ini memperlihatkan letak exoplanet terjauh yang kita temukan Peta Ini Menunjukkan Seberapa Jauh Kita Mengeksplorasi Galaksi Kita
Peta ini memperlihatkan letak exoplanet terjauh yang kita temukan. Kerucut kecil merah yaitu batas pandangan teleskop Kepler sementara titik-titik kuning yaitu exoplanet yang ditemukan memakai teknik mikrolensing

AstroNesia Alam semesta sangat luas. Sejak kita dapat melihat sekilas cahaya dari bintang yang berjarak sangat jauh, gampang untuk mengasumsikan bahwa kita memiliki pemahaman yang cukup wacana alam semesta ini. Namun pada kenyataannya, kita hanya mengetahui sangat sedikit wacana alam semesta, bahkan wacana galaksi kita sendiri, Bima Sakti.

Sampai ketika ini, sebagian besar wilayah Bima Sakti belum terselidiki oleh manusia, namun perlu diingat juga bahwa masih banyak tempat yang belum kita tahu bahkan di planet kita sendiri, Bumi. Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration, kita gres menjelajahi lautan kurang dari 5%, mengingat permukaan planet kita mencakup sekitar 70% lautan. Selain itu, meskipun permukaan bumi dipenuhi dengan manusa, penelitian masih menemukan puluhan spesies baru setiap hari (secara harfiah).



Dengan anutan ini, peta di atas, yang baru-baru ini dirilis oleh NASA, menunjukkan rentang kemanpuan pandangan teleskop luar angkasa Kepler. Ini adalah alat utama yang digunakan untuk menemukan eksoplanet (dunia yang berada di sistem tata surya alien). Bidang pandang Kepler adalah kerucut merah kecil.

Itu dia. Kerucut kecil itu yaitu kemampuan peralatan terhebat yang kita miliki untuk mendeteksi dunia lain.


Sementara titik-titik kuning menunjukkan semua planet ditemukan dengan teknik microlensing. Metode pendeteksian planet yang jauh lebih sulit.  

Jadi masalahnya menyerupai ini : Teleskop Kepler telah menemukan ribuan dunia asing di bidang pandangnya yang memiliki jangkauan terbatas (pendek da sempit). Sementara microlensing dapat menemukan planet yang terletak lebih jauh, tapi itu sedikit lebih sulit, sehingga hanya segelintir planet yang ditemukan.

Jadi gambar diatas itu memperlihatkan hamparan ruang di mana kita sudah bisa mencari dunia asing. Sebuah kerucut kecil merah dan beberapa titik kuning.

Secara khusus, peta juga menunjukkan salah satu exoplanets terbaru yang dikonfirmasi melalui microlensing, yang berjarak 13.000 tahun cahaya dari Bumi (OGLE-2005-BLG-390Lb).

Pada intinya, microlensing adalah fenomena langit yang melihat cahaya menjadi terdistorsi oleh gravitasi obyek. Pada dasarnya, ketika bintang atau galaksi tampak tumpang tindih dengan benda-benda latar belakang, gangguan yang disebabkan oleh pembengkokkan ruang-waktu memperbesar objek terjauh dari dua sumber, membantu kita mempelajari sebuah objek yang jauh menjadi lebih dekat.

Peta ini memperlihatkan letak exoplanet terjauh yang kita temukan Peta Ini Menunjukkan Seberapa Jauh Kita Mengeksplorasi Galaksi Kita
Matahari kita berjarak sekitar 25.000 tahun cahaya dari pusat galaksi kita. Kerucut kuning menggambarkan lingkungan galaksi kita yang sanggup dijangkau Teleskop Kepler untuk menemukan exoplanet layak huni.

Jika Anda membutuhkan rincian akhir dari seberapa besar galaksi kita, gambar di atas adalah pandangan yang lebih terang tentang apa yang Kepler bisa lihat (dan tidak bisa).

Betapa luasnya galaksi kita yang belum kita selidiki, mungkin di suatu kawasan disana, ada kehidupan alien.
Sumber http://astronesia.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Peta Ini Menunjukkan Seberapa Jauh Kita Mengeksplorasi Galaksi Kita"

Posting Komentar