Mengapa Perlu Dilakukan Penyelidikan Tanah?

 Setiap bangunan sipil niscaya selalu bekerjasama dengan tanah Mengapa Perlu Dilakukan Penyelidikan Tanah?

pentingnya penyelidikan tanah


BelajarSipil.com – Setiap bangunan sipil niscaya selalu bekerjasama dengan tanah. Meskipun berdasarkan pandangan teknik sipil, tanah yakni himpunan mineral, materi organik dan endapan yang relatif lepas (loose) yang terletak di atas batuan dasar (bed rock), namun tanah selalu berperan pada semua bangunan sipil baik itu gedung, jalan, landasan, dermaga, jembatan, menara dan lain sebagainya.














Bagi suatu bangunan, tanah sanggup berfungsi sebagai :


– Media pendukung bangunan bagi semua bangunan.


– Bahan konstruksi bangunan, misal pada bangunan tanggul dan bendungan.


– Sumber gaya luar bagi bangunan, misal pada bangunan dinding penahan tanah.


Karena pentingnya tanah bagi bangunan sipil, maka diharapkan penyelidikan tanah untuk mengetahui karakteristik tanah secara lengkap sebelum perencanaan dimulai biar kondusif secara teknis dan hemat serta lancar dikala pelaksanaannya. Sifat-sifat penting yang diharapkan dari suatu areal tanah sangat tergantung dari jenis proyek apa yang akan dilaksanakan. Adapun sifat-sifat tersebut antara lain:


Permeabilitas, Nilai permeabilitas mencerminkan seberapa besar kemampuan tanah untuk sanggup dilewati air melalui pori-porinya. nilai permeabilitas ini penting untuk diketahui pada pekerjaan konstruksi bendung tanah urugan dan permasalahan drainase.


<


p style=”text-align: justify”>Konsolidasi, Nilai konsolidasi mencerminkan nilai perubahan isi pori akhir keluarnya air dari pori-pori tanah yang dibebani, nilai konsolidasi ini dipakai untuk menghitung penurunan atau settlement bangunan.


Tegangan Geser, Tegangan geser untuk memilih kemampuan tanah dalam menahan beban tanpa mengalami keruntuhan, sifat ini dibutuhkan dalam perhitungan stabilitas pondasi/tanah dasar yang dibebani, stabilitas tanah isian di belakang bangunan penahan tanah dan stabilitas timbunan tanah.


Sifat-sifat fisik tanah yang lain yakni berat isi, kadar air, berat jenis, distribusi ukuran butir, batas konsistensi Atterberg (Atterberg limit), kepadatan relatif dan sebagainya. Pada bangunan sipil terdapat dua bagian, yaitu bangunan yang terletak diatas tanah (upper structure) dan bangunan yang terletak di bawah tanah (sub structure). Ilmu mekanika tanah sangat berperan pada bangunan sub structure.


Dari hasil pengujuan laboraturium akan diketahui kondisi tanah setempat yang sangat memilih keamanan dan pemilihan jenis pondasi yang akan di gunakan.













Sumber https://www.belajarsipil.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Mengapa Perlu Dilakukan Penyelidikan Tanah?"

Posting Komentar