√ Pengertian Seni Berdasarkan Para Hebat Serta Pembagiannya

Mungkin sebagian besar dari kita sudah mengenal yang namanya seni dan bahkan mungkin sering kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena, baik disadari maupun tidak hal tersebut sudah menjadi dari bab hidup manusia.


Secara garis besar, seni itu bisa diartikan sebagai sebuah mulut yang mempunyai unsur keindahan yang di ungkapkan lewat suatu media yang bersifat faktual serta bisa dirasakan oleh kelima panca indera. Lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini.


Pengertian seni.


Seni sendiri berasal dari bahasa sansekerta (sani) yang berarti ‘pemujaan, persembahan dan pelayanan’. Jadi, kata tersebut punya kaitan yang akrab dengan upacara keagamaan yang disebut juga dengan ‘kesenian’.


Padmapusphita beropini bahwa, seni itu berasal dari kata ‘genie’ (bahasa Belanda) yang dalam bahasa latin berarti ‘genius’, tu artinya seni yaitu kemampuan luar yang dibawa semenjak lahir.


Sedangkan kalau berdasarkan kajian yang terdapat dalam ilmu eropa disebut dengan ‘art’ yang bisa diartikan sebagai artivisual dari suatu benda yang melaksanakan suatu kegiatan tertentu.


Seiring dengan perkembangan zaman, bermunculan banyak sekali macam pendapat yang coba disampaikan oleh para jago di dunia ini untuk sekadar mendeskripsikan wacana seni dari sudut pandang mereka. Berikut beberapa pendapat para jago tersebut.


Pengertian seni berdasarkan Alexander Baum Garton.



  • Seni merupakan keindahan dan seni yaitu tujuan yang positif, serta menyebabkan setiap orang yang meilhat atau mendengarnya merasa bahagia.


Pengertian seni berdasarkan Emmanuel Kant.



  • Seni merupakan suatu keinginan yang tidak bisa direalisasikan dengan rumus-rumus tertentu.


Pengertian seni berdasarkan Leo Tolstoy.



  • Seni merupakan ungkapan perasaan pencipta yang kemudian diungkapkan pada orang lain dengan harapan semoga mereka bisa ikut mencicipi apa yang dirasakan oleh penciptanya.


Pengertian seni berdasarkan Aristoteles.



  • Seni merupakan perjuangan peniruan yang dilakukan terhadap alam, tetapi sifatnya harus ideal.


Pengertian seni berdasarkan Plato dan Rousseau.



  • Seni merupakan hasil peniruan dari alam dengan segala seginya.


Pengertian seni berdasarkan everyman encyclopedia.



  • Seni merupakan segala sesuatu yang dilakukan oleh seseorang, namun bukan berdasarkan pada dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan atas kehendak kenikmatan, kemewahan ataupun kebutuhan spriritual.


Pengertian seni berdasarkan ensiklopedia Indonesia.



  • Seni merupakan ciptaan dari segala hal yang keindahanya bisa membuat orang merasa senang dikala mendengar ataupun melihatnya.


Pengertian seni berdasarkan Ki Hajar Dewantara.



  • Seni merupakan perbuatan insan yang timbul dari perasaan yang bersifat indah, sehingga bisa menggetarkan hati dan perasaan manusia.


Pengertian seni berdasarkan Akhdiat Karta Miharja.



  • Seni merupakan perbuatan insan yang mencoba untuk merefleksikan kenyataan dalam sebuah karya atau bentuk yang isinya mempunyai daya tarik untuk membangkitkan suatu pengalaman tertentu dalam alam rohani.


Pengertian seni berdasarkan Prof. Drs. Suwaji Bastomi.



  • Seni merupakan aktifitas batin yang melibatkan pengalaman estetis yang diungkapkan dalam sebuah bentuk agung, yang kemudian bisa membangkitkan rasa haru dan takjub.


Pengertian seni berdasarkan Drs. Sudarmaji.



  • Seni merupakan segala bentuk manifestasi batin serta pengalaman estetis yang melibatkan media bidang, garis, tekstur, warna, volume, serta gelap dan terang.


Pengertian seni berdasarkan Nandawan L. Hasanah.



  • Seni merupakan mulut jiwa yang mempunyai unsur keindahan dan diungkapkan melalui suatu media tertentu yang bersifat faktual dan bisa dinikmati oleh kelima panca indera.


Pengertian seni berdasarkan Popo Iskandar.



  • Seni merupakan sebuah hasil ungkapan emosi yang ingin ditunjukkan kepada orang lain dalam hidup berkelompok/bermasyarakat.


Pengertian seni berdasarkan Schopenheur.



  • Eni merupakan segala macam perjuangan yang dilakukan untuk membuat bentuk-bentuk yang menyenangkan.


Pengertian seni berdasarkan Eric Ariyanto.



  • Seni merupakan kegiatan rohani atau aktifitas batin yang kemudian direfleksikan dalam bentuk karya yang bisa membangkitkan perasaan senang dari orang lain yang mendengar atau melihatnya.


Dari klasifikasi beberapa pendapat di atas bisa kita simpulkan bahwa seni itu merupakan hasil dari aktifitas batin yang kemudian direfleksikan dalam bentuk suatu karya yang kemudian bisa membangkitkan perasaan senang dari orang lain yang meihat atau mendengarnya.


Dalam pengertian ini yang dikategorikan sebagai seni yaitu seluruh kegiatan yang bisa menghasilkan suatu karya yang indah.


Seni berdasarkan media yang digunakan, dibagi menjadi 3 yaitu:



  • Seni yang bisa dinikmati lewat media indera pendengaran atau disebut juga dengan audio art. Seperti seni suara, seni musik, puisi, sastra dan pantun.

  • Seni yang bisa dinikmati lewat media penglihatan atau disebut juga dengan visual art. Seperti poster, lukisan, seni gerak beladiri, seni teater, seni tari, seni bangunan dan lain sebagainya.

  • Seni yang bisa dinikmati lewat media penglihatan atau disebut juga dengan audio visual art. Seperti pagelaran wayang, film dan pertunjukkan musik.


Selain itu, pembagian seni sendiri juga terbagi atas beberapa cabang, menyerupai seni rupa, seni kriya dan seni sastra. Seni rupa sendiri juga terbagi atas beberapa macam, tergantung dari bentuk dan kegunaanya.


Seni rupa kalau ditinjau dari kegunaanya terbagi atas seni rupa murni dan seni rupa terapan, sedangkan kalau ditinjau dari segi bentuk terbagi atas 2 dimensi (dwimatra) dan 3 dimensi (trimatra).


Artikel terkait: Unsur-unsur seni rupa


Begitu juga dengan seni sastra yang terbagi atas puisi, pantun, novel yang kemudian bermetamorfosis drama teater dan lain sebagainya.


Tujuan penggunaan seni.


Manusia sudah mengenal dan memahami seni semenjak zaman dahulu, yang dipakai sebagai media untuk berkomunikasi yang direalisasikan dalam bentuk gambar yang menggambarkan kegiatan mereka pada zaman dulu (biasanya terdapat pada dinding-dinding goa prasejarah).


Selain itu, pada zaman dulu seni juga dijadikan sebagai media pemujaan antara alam dan makhluk. Sehingga seni sangat akrab kaitannya dengan hal-hal magis dalam suatu kultur. Tetapi beda halnya dengan seni pada zaman kini yang sudah berkembang pesat dan mempunyai fungsi yang lebih rasional dari sebelumnya.



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Seni Berdasarkan Para Hebat Serta Pembagiannya"

Posting Komentar