Pengertian Pembelajaran Inovatif Dan Tipe-Tipenya

Pembelajaran inovatif adalah suatu proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga berbeda dengan pembelajaran pada umumnya yang dilakukan oleh guru (konvensional).

Pembelajaran konvensional akan membuat akseptor didik kurang tertarik dan termotivasi dalam mengikuti acara pembelajaran yang berakibat pada rendahnya hasil mencar ilmu siswa serta tidak bermakna pengetahuan yang diperoleh siswa.

Disamping itu, pengetahuan yang diperoleh siswa di dalam kelas cenderung artifisial dan seperti terpisah dari permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang dialami siswa.

Pembelajaran inovatif lebih mengarah pada pembelajaran yang berpusat pada siswa. Proses pembelajaran dirancang, disusun dan dikondisikan untuk siswa biar belajar.

Dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa, pemahaman konteks siswa menjadi bab yang sangat penting, lantaran dari sinilah seluruh rancangan proses pembelajaran dimulai.

Sumber gambar: education.vic.gov.au

Hubungan antara guru dan siswa menjadi kekerabatan yang saling mencar ilmu dan saling membangun. Otonomi siswa sebagai langsung dan subjek pendidikan menjadi titik pola seluruh perencanaan dan proses pembelajaran. Pembelajaran semacam ini disebut dengan pembelajaran aktif.

Pembelajaran aktif merupakan proses pembelajaran dimana seorang guru harus sanggup membuat suasana yang sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan dan juga mengemukakan gagasannya. Disamping aktif, pembelajaran juga harus menyenangkan.

Pembelajaran yang menyenangkan berkaitan erat dengan suasana mencar ilmu yang menyenangkan sehingga siswa sanggup memusatkan perhatiannya secara penuh pada belajar. Keadaan yang aktif dan menyenangkan tidaklah cukup, kalau proses pembelajaran tidak efektif, yaitu menghasilkan apa yang harus dikuasai oleh para siswa, alasannya yakni pembelajaran mempunyai sejumlah tujuan yang harus dicapai.

Sumber:
Hamzah B. Uno & Nurdin Mohamad. 2015. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Pembelajaran Inovatif Dan Tipe-Tipenya"

Posting Komentar