Pengertian Dan Tujuan Pemasaran Jasa Bank

Pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan harus dikelola secara profesional sehingga kebutuhan dan impian pelanggan akan segera terpenuhi dan terpuaskan. Profesionalisme pemasaran ini tidak hanya berlaku pada perusahaan barang, melainkan berlaku pula pada perusahaan jasa termasuk bank.

Bank merupakan perusahaan jasa yang bertugas menghimpun dan menyalurkan dana dari dan ke masyarakat. Sebagaimana perusahaan jasa yang lain, bank juga harus bisa menawarkan pelayanan yang baik, sehingga tercipta kepuasan pelanggan.

Untuk membuat kepuasan pelanggan tersebut, bank harus bisa melaksanakan pengelolaan pemasaran yang professional. Pengelolaan pemasaran bank yang profesional inilah yang disebut dengan nama manajemem pemasaran bank.

Kasmir (2004) menyatakan bahwa pemasaran bank yakni suatu proses untuk membuat dan mempertukarkan produk atau jasa bank yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan impian nasabah dengan cara menawarkan kepuasan.

Selanjutnya Kasmir (2005) menyatakan bahwa tujuan pemasaran bank secara umum yakni untuk: 
  1. Memaksimumkan konsumsi atau dengan kata lain memudahkan dan merangsang konsumsi sehingga sanggup menarik nasabah untuk membeli produk yang ditawarkan bank. 
  2. Memaksimumkan kepuasan pelanggan melalui banyak sekali pelayanan yang diinginkan nasabah.  
  3. Memaksimumkan pilihan (ragam produk) dalam arti bank menyediakan banyak sekali jenis produk bank sehingga nasabah mempunyai bermacam-macam pilihan pula. 
  4. Memaksimumkan mutu hidup dengan menawarkan banyak sekali akomodasi kepada nasabah dan membuat iklim yang efisien. 
Referensi:
Kasmir. 2004. Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.
Kasmir. 2005. Pemasaran Bank. Jakarta: Prenada Media.
Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Dan Tujuan Pemasaran Jasa Bank"

Posting Komentar