Pengertian Dan Pola Biaya Peluang (Opportunity Cost)

Di kehidupan sehari-hari kita setiap hari kita harus mengeluarkan biaya untuk memenuhi kebutuhan kita. Dalam dunia perekonomian yang serba luas ini, terdapat istilah biaya peluang (opportunity cost). Apa itu biaya peluang? Biaya peluang (opportunity cost) yaitu biaya yang anda dikorbankan alasannya yaitu menentukan alternatif kegiatan

Dengan kata lain biaya peluang ini yaitu manfaat yang harus anda korbankan dikala anda harus menentukan salah satu diantara beberapa alternatif kesempatan yang ada. Makara ada biaya yang harus anda korbankan kalau anda tidak menentukan alternatif acara yang lain. Masih bingung? Saya berikan pola dibawah ini.

CONTOH BIAYA PELUANG 

Contoh biaya peluang 1

Perusahaan mempunyai gedung gres sebagai aset perusahaan. Nah, dalam hal ini perusahaan mempunyai alternatif untuk menyewakan gedung tersebut atau memakai gedung tersebut untuk usahanya sendiri. Katakanlah kalau perusahaan menyewakan gedung tersebut, maka perusahaan sanggup mendapat hasil sewa sebesar Rp20 juta per tahun. Katakanlah perusahaan dengan banyak sekali pertimbangan tertentu jadinya menentukan untuk memakai gedung tersebut untuk usahanya. Ini artinya perusahaan akan kehilangan kesempatan untuk mendapat uang sewa sebesar Rp20 juta per tahun. Jadi, biaya peluangnya disini yaitu pendapatan sewa gedung Rp20 juta.

Contoh biaya peluang 2 

Abi mempunyai uang sebesar Rp15 juta. Dengan uang tersebut, abi mempunyai beberapa alternatif pilihan untuk memakai uangnya. Abi sanggup memakai uang tersebut untuk berlibur atau membeli laptop untuk pekerjaannya. Apabila Abi menentukan untuk berlibur, maka Abi akan kehilangan kesempatan untuk membeli laptop. Demikian juga sebaliknya, kalau Abi menentukan untuk membeli laptop, maka Abi kehilangan kesempatan untuk berlibur. Kesempatan yang hilang ini yang disebut dengan biaya peluang. 

Contoh biaya peluang 3

Setelah lulus kuliah Agus mendapat alternatif untuk bekerja sebagai staff produksi atau bekerja sebagai teller bank. Apabila Agus menentukan bekerja sebagai teller bank, maka Agus akan kehilangan kesempatan untuk bekerja sebagai staff produksi. Nah, ini artinya biaya peluangnya disini yaitu kesempatan untuk bekerja sebagai staff produksi, alasannya yaitu kesempatan ini yaitu kesempatan yang hilang alasannya yaitu tidak dipilih. 

Contoh biaya peluang 4

Putra ingin membeli pangsit mie dan ayam nelongso. Akan tetapi uang yang dimiliki Putra hanya cukup untuk membeli salah satu saja. Akhirnya, Putra menentukan untuk membeli pangsit mie dan tidak membeli ayam nelongso. Dalam hal ini, biaya peluangnya yaitu satu porsi ayam nelongso, alasannya yaitu Putra menentukan untuk tidak membeli ayam nelongso. Makara satu porsi ayam nelongso ini yaitu kesempatan yang hilang.  

Contoh biaya peluang 5

Jika Billy tetapkan untuk menonton pertandingan bola pada dini hari, maka Billy akan kehilangan waktu tidurnya lebih panjang. Maka, biaya peluangnya disini yaitu kesempatan waktu tidur yang hilang. 

CIRI-CIRI BIAYA PELUANG 

1. Perhitungan biaya peluang tidaklah selalu berkaitan dengan uang. Biaya peluang sanggup berkaitan dengan waktu, kesenangan, laba di masa mendatang dan lain2. 

2. Biaya peluang mempunyai banyak kemungkinan penggunaan. 

3. Pengambilan keputusan untuk biaya peluang sangat tergantung pada tujuan seseorang. 

4. Biaya peluang merupakan kebutuhan sekunder atau tersier, alasannya yaitu kebutuhan tersebut bukanlah kebutuhan yang mendesak ibarat kebutuhan primer (yang tidak banyak alternatif pilihan). 

Itulah pengertian biaya peluang, ciri-ciri biaya peluang dan pola biaya peluang. Biaya peluang ini akan anda temukan dalam kehidupan anda sehari-hari, maupun ketika anda menjalankan bisnis anda. Seseorang harus bijaksana dalam menentukan alternatif terbaik yang ada. 

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Dan Pola Biaya Peluang (Opportunity Cost)"

Posting Komentar