Pemandian Umbulan

Senin, 26 Desember 2016

Pagi itu, tidak ada planning untuk jalan ke mana, sebab masih disibukkan dengan kiprah akhir. Tetapi, rasa jenuh di depan laptop untuk ngetik ditambah dengan saya orangnya yang nggak sanggup diam, pengen jalan ke sana ke mari hasilnya hari itu ku putuskan untuk pergi ke pemandian Umbulan. Umbulan merupakan sebuah sumber mata air yang berada di Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan. Dari sentra kota Pasuruan, kurang lebih 30 menit waktu tempuh perjalanan ke arah timur.

Umbulan merupakan sumber penyaluran air PDAM bagi masyarakat Pasuruan sendiri, bahkan hingga dengan masyarakat Surabaya. Selain untuk PDAM, Umbulan juga dimanfaatkan sebagai pemandian, serta kebanyakan orang tiba juga untuk mencuci karpet. Karena apa?, selain ada dua bak besar, di Umbulan juga terdapat beberapa sungai, dan sungai inilah yang dimanfaatkan untuk orang-orang untuk mencuci karpet.

Dengan tiket masuk Rp. 5.000/orang kita sanggup menikmati pemandian Umbulan. Ketika itu yang menjadi tujuan pertama ada kali santer (sungai dengan aliran/arus yang sangat deras). Kali ini terdapat di belahan sebelah utara Umbulan. Lebar kali ini mungkin tidak hingga 1 meter, dan ketika kita renang di kali ini kita akan mencicipi yang namanya hanyut terbawa oleh arus. Selain itu, masih di kali santer kita juga sanggup menikmati mandi di gerojogan dan semacam bendungan, serta hijaunya sawah.


Puas dengan mandi di kali santer, saatnya untuk pindah haluan ke pemandian utama Umbulan yang berada di sebelah selatan. Untuk yang tidak sanggup renang, jangan khawatir sebab ada beberapa belahan yang dangkal. Karena terdapat bebatuan dan pipa PDAM di bawahnya, serta kita juga sanggup nyewa ban kalau ingin berenang hingga ke tengah. Di bak sebelah selatan ini, terutama di paling ujung selatan sendiri, kita sanggup menikmati renang bersama dengan ikan. Serta, kita juga sanggup berfoto di atas bebatuan. So.. tidak ada salahnya pemandian Umbulan dijadikan list tempat wisata yang patut kita kunjungi ketika liburan. Selain tiket masuknya terjangkau, kita sanggup berbaur dengan alam, sawah yang hijau serta sungai yang mengalir jernih di sekelilingnya.









Sumber http://blogeulum.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pemandian Umbulan"

Posting Komentar