Panorama Galaksi Spiral Ngc 4639 Yang Menyembunyikan Monster Di Pusatnya

NGC 4639

AstroNesia NGC 4639 adalah contoh yang indah dari jenis galaksi yang dikenal sebagai spiral berbatang. Galaksi ini terletak lebih dari 70 juta tahun cahaya di konstelasi Virgo dan merupakan salah satu dari sekitar 1.500 galaksi yang membentuk Cluster Virgo.

Dalam gambar yang diambil teleskop Hubble ini, batang dapat dengan terang terlihat berputar disekitar inti galaksi. Batang ditemukan di sekitar dua-pertiga dari galaksi spiral, dan dianggap sebagai fase alami dalam evolusi mereka.



Lengan spiral galaksi ditaburi dengan tempat pembentukan bintang terang yang aktif. Masing-masing perhiasan kecil ini sebenarnya terdiri dari beberapa ratus tahun cahaya dan mengandung ratusan atau ribuan bintang yang gres terbentuk. Tapi NGC 4639 juga menyembunyikan rahasia gelap di intinya, lubang hitam yang sangat besar yang mengkonsumsi gas sekitarnya.

Galaksi ini juga dikenal sebagai active galactic nucleus (AGN), terlihat dari fitur khas dalam spektrum cahaya dari galaksi dan oleh sinar-X yang dihasilkan dekat dengan lubang hitam saat gas panas terjun ke dalam lubang hitam.

Kebanyakan galaksi diperkirakan mengandung lubang hitam di pusatnya. NGC 4639 sebenarnya contoh galaksi AGN yang sangat lemah, menunjukkan bahwa AGN mempunyai berbagai macam aktivitas, dari galaksi seperti NGC 4639 hingga quasar yang jauh, di mana galaksi induknya hampir sepenuhnya didominasi oleh emisi dari AGN.
Sumber http://astronesia.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Panorama Galaksi Spiral Ngc 4639 Yang Menyembunyikan Monster Di Pusatnya"

Posting Komentar